SUMBER DAYA PERUSAHAAN

Sumber Daya Perusahaan    Bagi business owner dan founder bisnis, penting untuk memahami bahwa dalam menjalankan bisnis, mereka dituntut unt...

Sumber Daya Perusahaan 



 















Bagi business owner dan founder bisnis, penting untuk memahami bahwa dalam menjalankan bisnis, mereka dituntut untuk bisa mempersiapkan sumber daya agar bisa mengolah dan diolah menjadi produk yang dibutuhkan oleh pasar. Tentu hal ini tidak mudah karena berhubungan dengan bagaimana founder benar-benar paham dengan kondisi internal perusahaan mereka. 

Banyak saya temui bahwa founder bisnis tidak memahami konsep sumber daya yang benar-benar relevan dalam perusahaan untuk membantu pencapai tujuan perusahaan yaitu profit, people, planet, sustain dan growth. Sangat disayangkan hal ini terjadi karena dalam konteks stratejik, sumber daya itu menjadi dasar untuk kekuatan dan/atau kelemahan perusahaan dan menentukan pilihan strategi perusahaan. 

Sumber daya itu dapat dibagi dua dan saat ini kedua jenis sumber daya tersebut memiliki peran masing-masing. Kedua sumber daya tersebut adalah tangible resources dan intangible resources. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, dimensi sumber daya intangible menjadi sangat berpengaruh bagi perusahaan saat ini dan hanya saja, tidak semua business owner fokus untuk mengembangkan sumber daya yang bersifat intangible ini. Sementara, sumber daya intangible menjadi keunggulan bersaing. Bahkan nilanya sangat tinggi dibandingkan dengan sumber daya tangible. 

Kali ini, fokus pada sumber daya yang bersifat tangible yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tentu business owner sudah terbiasa dengan konsep 5M yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalankan usaha dan menggerakkan perusahaan tersebut. 

Adapun kelima M tersebut digambarkan sebagai sumber daya dari manusia, uang, mesin, metode dan juga material. 
1. Man
Karyawan adalah asset utama perusahaan saat ini ditengah tingginya persaingan dan tuntutan dari konsumen yang selalu berubah-rubah. Tidak dapat dipungkiri bahwa karyawan itu menjadi sumber kreatifitas dan inovasi untuk perusahaan menghasilkan layanan serta produk yang dibutuhkan pasar. 

2. Money 
Setiap usaha membutuhkan modal untuk modal kerja, modal operasional dan modal investasi. Dan sejatinya, uang harus benar-benar bisa disiapkan oleh entrepreneur ataupun business owner sehingga fokus dalam mempersiapkan modal agar tidak terjebak pada pekerjaan yang terganggu karena kekurangan modal. 

3. Machine
Sumber daya yang memang harus disiapkan juga adalah mesin dan penting untuk fokus pada aktivitas bisnis berbasis mesin yang diperlukan untuk dapat mencapai keunggulan bersaing dalam perusahaan. Mesin-mesin harus disiapkan agar tidak keganggu karena tidak ada mesin. 

4. Method
Metode berhubungan dengan tahapan dalam menjalankan bisnis dan metode ini bisa menjadi sumber keunggulan untuk bisnis tersebut. Metode berisikan cara dan termasuk tahapan-tahapan dalam menjalankan proses bisnis setiap entrepreneur. 

5. Material
Materia itu berhubungan dengan bahan baku yang diperlukan untuk menjalankan bisnis karena hakekatnya bisnis itu merubah bahan baku atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi untuk dijual oleh para entrepreneur. Nah, ketersediaan bahan baku menjadi sebuah kewajiban untuk entrepreneur tersebut. 

Penting bagi setiap wirausaha saat ini dalam rangka shifting to corporate entrepreneurship memahami sumber daya dengan model 5M ini untuk bisa digunakan mencapai keunggulan bersaing dan dimanfaatkan oleh karyawan menjalankan perusahaan. 

Mau menerapkan corporate entrepreneurship di perusahaan teman-teman? Silahkan komen and share dan kontak 0811 1111 2585 atau kunjungi www.Drmerizahendri.com ig/fb @merizahendri ig @mystrabiz

#strategicentrepreneurship
#corporateentrepreneurship
#strategicmanagement
#entrepreneurship
#intrapreneurship
#corporateventuring
#thinkingability
#criticalthinking
#innovativethinking
#strategicthinking 




















Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SUMBER DAYA PERUSAHAAN
SUMBER DAYA PERUSAHAAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFSnowyQrpEwburScAQbB45HPa_YXZgsi8CIqVnLT0cHdkHi7at7nNZ-T8tM2OK-d1wWLrBdgZkMdH7wqIy4iDUZBjFiOHDPdwTFFsLLa6kFNID_JyYmnIGogTF35OwpP-0obggXc8XleUqr9lV2HQ6kmNVOqaoMOA-eUyYC3Lk0DETJi74Ro4edwt7f4/s320/10%20-%20Copy.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhFSnowyQrpEwburScAQbB45HPa_YXZgsi8CIqVnLT0cHdkHi7at7nNZ-T8tM2OK-d1wWLrBdgZkMdH7wqIy4iDUZBjFiOHDPdwTFFsLLa6kFNID_JyYmnIGogTF35OwpP-0obggXc8XleUqr9lV2HQ6kmNVOqaoMOA-eUyYC3Lk0DETJi74Ro4edwt7f4/s72-c/10%20-%20Copy.png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2024/05/sumber-daya-perusahaan.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2024/05/sumber-daya-perusahaan.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content