INTANGIBLE RESOURCES PERUSAHAAN

Sumber Daya yang bersifat Intangible bagi perusahaan    Bagi setiap business owner atau founder bisnis untuk bisa shifting to corporate entr...

Sumber Daya yang bersifat Intangible bagi perusahaan 



 
















Bagi setiap business owner atau founder bisnis untuk bisa shifting to corporate entrepreneurship, yang menarik adalah sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan, khususnya yang bersifat intangible atau sumber daya yang tidak tampak. Seringkali orang mengabaikan sumber daya ini dan tidak mengelola dengan baik. 

Tau ngga sih? Sumber daya yang bersifat intangible ini sejatinya menjadi sumber untuk membangun perusahaan agar bisa shifting to corporate entrepreneurship ditengah tingginya tingkat persaingan saat ini. Terjadi perubahan paradigma dari persaingan industry ke persaingan informasi dan intangible resources menjadi sumber keunggulan bersaing bagi perusahaan. 

Pengalaman saya membantu banyak perusahaan, memang saat ini terlihat bahwa yang paling penting adalah intangible resources dari perusahaan tersebut yang dapat membuat perusahaan menjadi unggul dan bahkan strategi yang mereka pilih pun sangat ditentukan oleh sejauh mana perusahaan dapat mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage. 

Tidak tampak, memang, akan tetapi, dampaknya sangat luar biasa dan sangat terasa dalam hal membangun perusahaan saat ini dan apalagi untuk jangka panjang. Disinilah dimensi stratejik yang harus dijaga dan dipertahankan oleh setiap entrepreneur. 

Minimal ada tujuh intangible resources yang dapat dimanfaatkan oleh setiap founder bisnis untuk bisa digunakan agar shifting to corporate entrepreneurship bisa berjalan. 

1. Thinking ability 
Kemampuan berfikir founder dan juga karyawan menjadi dasar untuk bisa shifting to corporate entrepreneurship. Bagaimana manajemen dan karyawan bisa memanfaatkan kemampuan berfikir, mulai dari berfikir kritis, kreatif, inovatif, sistem dan stratejik menjadi penting. Apalagi berfikir efektif dan efisien. 

2. Intrapreneurship 
Karyawan diharapkan memiliki pola pikir dan sikap mental sebagai seorang wirausaha, tetapi berstatus sebagai karyawan perusahaan. Ini penting untuk menghadapi Tingkat pesaingan dan juga perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat. Dua kata yaitu kreatif dan inovatif yang harus dimiliki oleh karyawan dan manajemen perusahaan. 

3. Kompetensi karyawan 
Karyawan memiliki knowledge, skill dan attitude yang biasa disebut dengan kompetensi. Hal ini adalah asset bagi perusahaan untuk bersaing saat ini. Tugas business owner adalah meningkatkan kompetensi perusahaan tersebut. 

4. Budaya perusahaan
Menarik ketika bicara tentang budaya perusahaan yaitu bagaimana nilai-nilai, kepercayaan, kebiasaan,, Bahasa dan bahkan komumikasi yang dilakukan di perusahaan. Ada komunikasi formal dan informal dan sejatinya komunikasi informal menjadi salah satu kekuatan perusahaan saat ini. 

5. Brand  -Trust dan Reputasi 
Iintangible resources berupa merek yang bisa berupa nama merek, logo dan lain-lain adalah penting karena berhubugan dengan reputasi dan kepercayaan dari stakeholders kepada pada business owner dan perusahaan mereka. Ini harus dijaga dan bahkan dikembangkan untuk bisa memenangkan persaingan. 

6. Digitalisasi 
Penting juga fokus pada penggunaan digitalisasi dalam proses bisnis, baik itu keuangan, pemasaran, proses produksi dan bahkan sumber daya manusia. Percaya atau tidak, hal ini adalah sumber daya untuk memenangkan persaingan di perusahaan saat ini dan harusnya, setiap business owner fokus mengoptimasi digitalisasi dalam bisnis mereka. 

7. Networking 
Jejaring dengan berbagai pihak adalah sumber daya penting bagi setiap business owner. Sejatinya, jejaring dapat dipolakan kedalam model Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media atau yang lebih dikenal dengan model pentahelix. Adapun peran dari pentahelix tersebut bisa sebagai supplier, distributor, konsumen regulator, media dan lain-lain. 

Ketujuh sumber daya yang tidak tampak ini harus dipahami dan dikembangkan oleh setiap business owner dan founder bisnis Jangan abai dengan sumber daya ini yaa..
Mau menerapkan corporate entrepreneurship di perusahaan teman-teman? Silahkan komen and share dan kontak 0811 1111 2585 atau kunjungi www.Drmerizahendri.com ig/fb @merizahendri ig @mystrabiz

#strategicentrepreneurship
#corporateentrepreneurship
#strategicmanagement
#entrepreneurship
#intrapreneurship
#corporateventuring
#thinkingability
#criticalthinking
#innovativethinking
#strategicthinking 
























Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: INTANGIBLE RESOURCES PERUSAHAAN
INTANGIBLE RESOURCES PERUSAHAAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhysd66ZrKkEKCDezSTPkCstgZNawfxTn0KR7l-HKBvEMm6AxbgH9h8JKFQzMzdwTIRDTFsjD8VzTVtfeE9vVFfCsiyELPwM_9LtmV9JLMcpQvT9DKJri5dJbgfDGQ-dS6YzpwQuSmuVGsP8gZNFOI7JS1DqUmEosj46AmOiIoZ34YmLUHv0CnVvvQK9ug/s320/12%20-%20Copy.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhysd66ZrKkEKCDezSTPkCstgZNawfxTn0KR7l-HKBvEMm6AxbgH9h8JKFQzMzdwTIRDTFsjD8VzTVtfeE9vVFfCsiyELPwM_9LtmV9JLMcpQvT9DKJri5dJbgfDGQ-dS6YzpwQuSmuVGsP8gZNFOI7JS1DqUmEosj46AmOiIoZ34YmLUHv0CnVvvQK9ug/s72-c/12%20-%20Copy.png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2024/05/intangible-resources-perusahaan.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2024/05/intangible-resources-perusahaan.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content