PILIHLAH BISNIS YANG DIKETAHUI DAN YANG DISUKAI

Pensiunpreneur, Siapa Takut? Dalam mempertimbangkan bisnis yang akan dipilih dimasa pensiun, calon pensiunpreneur perlu mempertimbangkan pen...

Pensiunpreneur, Siapa Takut?


















Dalam mempertimbangkan bisnis yang akan dipilih dimasa pensiun, calon pensiunpreneur perlu mempertimbangkan pengetahuan mereka terhadap bisnis tersebut setelah adanya beberapa pilihan dari bakat  yang sudah didapatkan, baik dari orang tua, pasangan hidup dan/atau anak, pekerjaan, pendidikan dan hobi. Hal ini baru sebatas pemetaan awal, dan belum menjadi sebuah pilihan akhir. 

Calon pensiunpreneur sudah memiliki comparative advantage atau keunggulan komparatif dibanding calon pensiunpreneur lainnya dalam memilih bisnis tersebut. Pemilihan selanjutnya perlu memperhatikan pengetahuan dan Tingkat kesukaan atas bisnis yang akan dipilih. 

Konsep knowing your business and love what you do adalah dua konsep yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Kenapa harus knowing your business? Karena bagi saya, bisnis yang akan dipilih tersebut harus benar-benar di ketahui dengan baik. Percaya atau tidak, pensiunpreneur tersebut pasti akan menghadapi berbagai peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan dan membutuhkan Keputusan stratejik agar bisa berhasil. 

Mereka tidak bisa hanya mengandalkan karyawan ataupun tim yang akan membantu mereka. Mereka sendiri adalah orangorang yang akan bertanggungajwab atas bisnisnya. Saya memberikan perumpamaan seperti bandara dan pesawat, dimana, pensiunpreneur adalah bandaranya , yang tidak akan pergi kemana-mana dan siap didatangi dan ditinggalkan oleh pesawat setiap saat. Oleh karena itu, dialah orang terakhir yang menjalankan bisnis. 

Adapun konsep love what you do adalah konsep dimana mereka harus benar-benar mencintai bisnis tersebut dengan totalitas sehingga ketika ada masalah, emosi lagi tidak baik-baik saja, tetap saja mereka akan mengerjakan dengan senang hati. Ingat, akan banyak masalah dari konsumen, supplier, pesaing, distributor dan bahkan dari karyawan sendiri selain dari berbagai pihak luar seperti Masyarakat, pemerintah dan lain-lain. Ketika konsep love what you do dipegang, mereka akan bisa melewati dengan tenang. 

Nah, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian untuk diketahui dan bahkan menjadi pengetahuan calon pensiunpreneur ketika memilih bisnis yaitu 

1. Konsumen 
Calon pensiunpreneur kudu memiliki pengetahuan tentang siapa konsumennya dan perilaku mereka seperti apa dalam membeli produk yang akan ditawarkan. Jelas sekali mereka memiliki tiga konsep yaitu need, want dan demand. Calon pensiunpreneur kudu tahu itu. 

2. Produk dan keunggulan produknya 
Produk yang akan dijual oleh calon pensiunpreneur harus dipahami dengan baik dan tahu juga keunggulan mereka masing-masing. Jangan sampai merasa produknya sudah nomor satu, tetapi tidak tahu juga produk pesaing dan keunggulannya terhadap produk pesaing. 

3. Manajemen: FMOH
Calon pensiunpreneur dituntut untuk memahami konsep manajemen yaitu bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Ada manajemen secara proses, Planning, organizing, actuating dan controlling dan juga sebagai fungsi yaitu finance, marketing, operation and human resources. Beruntunglah calon pensiunpreneur sudah memahami ini sejak jadi karyawan orang lain. 

4. Digitalisasi
Perlu juga memahami optimasi digitalisasi dalammenjalankan bisnis ini agar bisa berbeda dengan pesaing karena saat ini tidak bisa dilepaskan dari digitalisasi dalam menjalankan bisnis. Hal ini akan menjadi sumber keunggulan bersaing bagi setiap calon pensiunpreneur. 
 
5. Pesaing 
Calon pensiunpreneur perlu memahami siapa pesaing dalam bisnis ini dan bahkan bisa memahami strategi dan taktik mereka dalam menjalankan bisnis. Ada konsep strategi bisnis yang harus dijalankan dan pasti akan bermanfaat bagi calon pensiunpreneur itu sendiri. Strategi untuk mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan. 

6. Supplier 
Dalam bisnis, pasti membutuhkan supplier atau pihak ketiga yang menawarkan bahan baku ataupun bahan setengah jadi. Calon pensiunpreneur perlu memahami siapa supplier tersebut dan bahkan bisa menjadi sumber keunggulan bersaing. 

7. Distributor 
Distributor sudah harus dipetakan dengan baik agar bisa membantu menyampaikan produk kepada konsumen. Ada konsep distributor, agen, reseller, retailer dan lain-lain yang pastinya perlu menjadi perhatian setiap calon pensiunpreneur. Bahkan ini harus didesain dari awal untuk bisa mencapai keunggulan produk dibanding pesaing. 

Inilah yang perlu menjadi perhatian setiap calon pensiunpreneur dan harus diketahui sebagai pertimbangan memilih bisnis dimasa pensiun. Sebagai contoh, ada lima bakat, dari orang tua, pasangan hidup dan/atau anak, pendidikan, pekerjaan dan hobi. Analisis Tingkat pengetahuan bisnis dan kesukaan atas kelima hal tersebut dan itulah menjadi prioritas dan nanti akan dianalisis berdasarkan skill dan keahlian yang dimiliki 

Mau dibantu untuk pilihan bisnis dimasa pensiun? Silahkan komen and share dan kontak 0811 1111 2585 atau kunjungi www.Drmerizahendri.com atau ig/fb @merizahendri. 

#pensiun
#pensiundini
#Pensiunsukses
#pensiunpreneur
#Pensiunpreneursiapatakut
#pensiunyuk
#pensiunsehat
#lovewhatyoudo
#produk
#keunggulanbersaing
#bisnis
#konsumen

























Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,111,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,212,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,99,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1618,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,24,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,551,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: PILIHLAH BISNIS YANG DIKETAHUI DAN YANG DISUKAI
PILIHLAH BISNIS YANG DIKETAHUI DAN YANG DISUKAI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQxDeiQRhSVEzVz4UhhARLKr84xVCGXBsB2tYRXjdTrFeHNlUXpVeptSOYum0dsVeuV99VG6dbU5S8lzfS0-MYjN4V4_cbcC0cAJ18BCYscZpKsp6JNKShJGUIVGlrCOzow8VjdabiuoV_kEOUuZU9N9Euirj_u1Huk9ij5xGMryfImt29qrca59xrxdA/s320/1%20-%20Copy.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQxDeiQRhSVEzVz4UhhARLKr84xVCGXBsB2tYRXjdTrFeHNlUXpVeptSOYum0dsVeuV99VG6dbU5S8lzfS0-MYjN4V4_cbcC0cAJ18BCYscZpKsp6JNKShJGUIVGlrCOzow8VjdabiuoV_kEOUuZU9N9Euirj_u1Huk9ij5xGMryfImt29qrca59xrxdA/s72-c/1%20-%20Copy.png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/pilihlah-bisnis-yang-diketahui-dan-yang.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/pilihlah-bisnis-yang-diketahui-dan-yang.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content