PERKUAT BUDAYA PERUSAHAAN UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP

Budaya Perusahaan  Ketika setiap business owner bermaksud untuk shifting from start up to corporate entrepreneurship, saya teringat dengan m...

Budaya Perusahaan 

Ketika setiap business owner bermaksud untuk shifting from start up to corporate entrepreneurship, saya teringat dengan mata kuliah yang saya berikan kepada mahasiwa Program Doktor Ilmu manajemen Universitas Widyatama yaitu Corporate Entrepreneurship atau Kewirausahaan korporasi dan didalamnya ada satu chapter yang fokus memberikan materi tentang budaya perusahaan. 

Hmmm… dalam keseharian saya juga menjalankan usaha serta memberiakn konsultasi kepada banyak perusahaan, budaya perusahaan menjadi penting untuk menjadi perhatian business owner dan founder bisnis. Seringkali ini diabaikan karena terjebak pada fungsi manajemen yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. 

Saya juga teringat dengan konsep 7S nya dari McKinsey yaitu System, strategy, structure, staff,, skill, style dan dikunci oleh shared value. Nah, shared value ini berhubungan dengan budaya perusahaan yang menjadi kunci sukses perusahaan untuk shifting to corporate entrepreneurship yang membuat usaha mereka tumbuh dan berkembang. 

Oleh karena itu, perlu menjadi perhatian utama saat ini dan yang akan datang utnuk bisa membuat budaya perusahaan yang kuat di perusahaan. Untungnya, kalau bagi start up, budaya diri sendiri yang baik-baik tentunya, bisa diturunkan kepada perusahaan dan dijalankan oleh karyawan dan pastinya tidak akan susah utnuk menjalankannya karena sudah ada role model yaitu diri mereka sendiri. 

Nah, ada lima dimensi yant utama dalam budaya perusahaan tersebut yang harus dikembangkan oleh business owner yaitu 

1. Value

Nilai-nilai yang dikembangkan di perusahaan menjadi penting karena itulah yang disebut tadi yaitu shared value. Nilai-nilai utama seperti integritas, kejujuran, komitmen, disiplin, fokus, konsisten, bertanggugjawab, tekun, inovatif adalah hal-hal yang sangat penting untuk dikembangkan oleh setiap business owner dan dimiliki oleh karyawan. 

2. Belief

Adanya kepercayaan karyawan kepada manajemen dan ini menjadi penting khususnya berhubugnan dengan hope atau expectation dari karyawan kepaa perusahaan. Ini harus benar-benar menjadi perhatian setiap business owner untuk dijaga dan dirawat. Kepercyaan mereka menjadi bahan bakar untuk membangun perusahaan. 

3. Habit

Bangunlah kebiasaan-kebiasaan baru dan  positif untuk meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan. Kebiasaan morning briefing setiap pagi, laporan yang dibaca dan rapat-rapat yang efektif dan efisien, penampilan di kantor sampai dengan sikap kekeluargaan tetapi tetap professional adalah contoh-contohnya. 

4. Bahasa 

Gunakan Bahasa-bahasa yang mudah dimengerti dan membuat mereka termotiviasi dengan peruashaan. Jargon-jargon seperti menjadi yang terbaik, total solution dan lain-lain adalah penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan dalam menggerakkan karyawan mereka. 

5. Komunikasi 

Bangun komunikasi formal dan informasl serta Bahasa non verbal yang dapat membangun kebersamaan dan motivasi bagi karyawan. 

Kelima dimensi diatas menjadi penting untuk setiap business owner agar bisa menjalankan perusahaan dengan baik dan membuat perusahaan tumbuh dan berkembang. 

Mau menerapkan corporate entrepreneurship di perusahaan teman-teman? Silahkan komen and share dan kontak 0811 1111 2585 atau kunjungi www.Drmerizahendri.com ig/fb @merizahendri ig @mystrabiz


#strategicentrepreneurship

#corporateentrepreneurship

#strategicmanagement

#entrepreneurship

#intrapreneurship

#corporateventuring

#thinkingability

#criticalthinking

#innovativethinking

#strategicthinking 



 

Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: PERKUAT BUDAYA PERUSAHAAN UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP
PERKUAT BUDAYA PERUSAHAAN UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOoYJIfE8rR4gn-ly2G9JJmX0Rvk8p4F5LaaIgcK3y50Uz_FOKisW6Tr4eD6BULYmVg1GxIfa3TBalLo7a6pQQza_EbNEIEv4JkTbOTZzSGTg_PexiHHGb_-lWHL9p3KaWnKLRKqt_YfENXG2JNXWdxsz3Hw0LxkvgNiigfiBxjCogqXB3fenSCyUv9yI/s320/1%20-%20Copy.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOoYJIfE8rR4gn-ly2G9JJmX0Rvk8p4F5LaaIgcK3y50Uz_FOKisW6Tr4eD6BULYmVg1GxIfa3TBalLo7a6pQQza_EbNEIEv4JkTbOTZzSGTg_PexiHHGb_-lWHL9p3KaWnKLRKqt_YfENXG2JNXWdxsz3Hw0LxkvgNiigfiBxjCogqXB3fenSCyUv9yI/s72-c/1%20-%20Copy.png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/perkuat-budaya-perusahaan-untuk.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/perkuat-budaya-perusahaan-untuk.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content