LIMA DIMENSI BERFIKIR STRATEJIK UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP

  Shifting From Start Up to Corporate Entrepreneurship  Kemampuan berfikir yang juga harus diajarkan kepada setiap karyawan dan manajemen pe...


 
Shifting From Start Up to Corporate Entrepreneurship 

Kemampuan berfikir yang juga harus diajarkan kepada setiap karyawan dan manajemen perusahaan adalah berfikir stratejik dimana mereka diajak  untuk bisa berfikir jangka panjang dengan memperhatikan lingkungan internal dan eksternal dengan memilih strategi sehingga dapat dicapai yang namanya keunggulan bersaing yang berkelanjutan. 

Tidak mudah memang, untuk bisa berfikir stratejik ini dan memang tidak bisa diberikan kepada seluruh karyawan karena tidak semuanya mampu berfikir akan hal ini. Kebanyakan karyawan fokus mengerjakan apa yang mereka lihat, rasakan dan dengar saja dan fokus bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pekerjaan masing-masing. 

Sejatinya, kemampuan berfikir stratejik ini diberikan kepada level middle management sehingga mereka dapat melihat secara lebih baik dan menerima ilmu ini dan bisa terapkan dengan baik. 

Sebagai contoh, seorang manajer marketing dapat berfikir stratejik karena mereka memang dituntut untuk bisa menjalankan strategic marketing. Demikian juga dengan bagian finance yang dituntut untuk bisa berfikir stratejik dan menjalankan strategic finance yang dibutuhkan oleh perusahaan karena ada lingkungan internal dan eksternal dari finance itu sendiri.

Demikian juga dengan strategic operation dimana manajernya dituntut untuk berfikir stratejik serta strategic Human resources yang sangat dibutuhkan karena mereka berfikir jangka panjang atas asset perusahaan yang namanya karyawan sehingga produktivitas mereka tetap dapat tercapai dan perusahaan tetap unggul. 

Nah, ada beberapa dimensi untuk berfikir stratejik yang perlu dipahamkan oleh business owner kepada manajer yang ada di perusahaan dan bahkan juga karyawan yang memiliki peran stratejik bagi perusahaan

1. Jangka panjang 

Jelas sekali mereka diajak untuk berfikir jangka panjang dengan dimensi waktu, 5 – 10 tahun kedepan sehingga mereka dibawa untuk melihat perusahaan untuk jangka panjang. Tujuan jangka perusahaan didefinsikan dengan baik dan ini biasanya dituliskan dalam bentuk visi perusahaan dan diturunkan dalam bentuk misi perusahaan juga. 

2. Dipengaruhi lingkungan internal dan eksternal 

Manajer disadarkan bahwa perusahaan ini berada dalam sebuah lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Ada dua lingkungan yang harus dianalisis yaitu lingkungan internal dan eksternal dan berdampak pada peluang atau ancaman, kekuatan atau kelemahan. 

3. Strategi 

Apa itu strategi? Apakah manajer juga perlu berstrategi? Jelas sekali perlu karena perusahaan untuk tetap unggul dimata konsumen, harus berstrategi. Strategi bersaing, kolaborasi ataupun koopetitif menjadi pilihan perusahaan saat ini. 

4. Sustainable competitive advantage 

Tujuan perusahaan mencapai keunggulan bersaing yang berkelanjutan menjadi target yang harus dicapai. Yang pasti, harus lebih baik daripada pesaing yaa dan bukan hanya satu tahun, dua tahun atau tiga tahun, akan tetapi berkelanjutan. 

5. Kinerja perusahaan 

Kinerja perusahaan dilihat dari dimensi keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia serta inovasi yang dilakukan oleh perusahaan. 

Demikianlah lima dimensi berfikir stratejik yang harus dimiliki oleh manajer dalam menjalankan perusahaan saat ini untuk bisa shifting to corporate entrepreneurship. 

Mau menerapkan corporate entrepreneurship di perusahaan teman-teman? Silahkan komen and share dan kontak 0811 1111 2585 atau kunjungi www.Drmerizahendri.com ig/fb @merizahendri ig @mystrabiz

#strategicentrepreneurship

#corporateentrepreneurship

#strategicmanagement

#entrepreneurship

#intrapreneurship

#corporateventuring

#thinkingability

#criticalthinking

#innovativethinking

#strategicthinking 


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: LIMA DIMENSI BERFIKIR STRATEJIK UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP
LIMA DIMENSI BERFIKIR STRATEJIK UNTUK SHIFTING TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh06MvgL0IBhYpcZebi3NT-1_x4-bcCTOHLp9ZtayAAqs6rv3RgIFBzzZK80YJAIfFXuG4_iaAiurXvrXY8O3siYqAartWTM0U7pXapyEHBY7xYSN3ZF6SOIZp4Yy-XB_Mm7I3BmMCg-cZADGWAjMOvpaqbK1CmjHG9SwioKvIUCK0cGUfDhqHkAjY-04g/s320/1%20-%20Copy%20(2).png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh06MvgL0IBhYpcZebi3NT-1_x4-bcCTOHLp9ZtayAAqs6rv3RgIFBzzZK80YJAIfFXuG4_iaAiurXvrXY8O3siYqAartWTM0U7pXapyEHBY7xYSN3ZF6SOIZp4Yy-XB_Mm7I3BmMCg-cZADGWAjMOvpaqbK1CmjHG9SwioKvIUCK0cGUfDhqHkAjY-04g/s72-c/1%20-%20Copy%20(2).png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/lima-dimensi-berfikir-stratejik-untuk.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2024/04/lima-dimensi-berfikir-stratejik-untuk.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content