SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: AJARKAN PERBAIKAN TERUS MENERUS

Rumah BUMN Cirebon  Bagi setiap founder, tentu yang diharapkan dari karyawan adalah bagaimana mereka bisa berkontribusi pada perbaikan dalam...

Rumah BUMN Cirebon 

Bagi setiap founder, tentu yang diharapkan dari karyawan adalah bagaimana mereka bisa berkontribusi pada perbaikan dalam perusahaan setelah dilakukan evaluasi atas realisasi dibandingkan dengan target yang sudah ditetapkan manajemen perusahaan. Perbaikan terus menerus adalah tindak lanjut dari evaluasi yang dilakukan dan ini akan mendorong karyawan bisa berfikir stratejik sesuai yang diharapkan oleh manajemen dan founder. 

Ketika aktivitas evaluasi sudah dilakukan, ada kondisi target sama dengan realisasi, target dibawah realisasi atau target diatas realisasi. Tentu semua harus dicari akar masalahnya untuk bisa dilakukan perbaikan, baik dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi sampai dengan sumber daya manusia serta teknologi informasi, yang sangat berhubungan dengan apa yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Jadi, setiap karyawan memberikan pemikiran terbaik mereka untuk perbaikan terus menerus di perusahaan pada umumnya dan fungi manajemen pada khususnya. 

Bagi founder, ketika mereka akan melakukan shifting dari start up ke corporate entrepreneurship, keterlibatan karyawan utnuk bisa berfikir stratejik dengan melakukan perbaikan terus menerus, sangat menentukan kualitas berfikir stratejik tersebut. Oleh karena itu, tuntutan bagi setiap founder adalah meningkatkan kemampuan berfikir stratejik karyawan dan bisa dilakukan melalui konsep perbaikan terus menerus. 

Bicara perbaikan terus menerus, jelas sangat berhubungan dengan bagaimana karyawan dapat berfikir stratejik dimana mereka harus bisa melihat jauh kedepan berbasis kepada lingkungan internal dan eksternal dengan menetapkan strategi yang tepat. Konsep perbaikan terus menerus akan memberikan kemampuan berfikir kritis, kreatif dan inovatif sehingga diperlukan pengembangan kemampuan berfikir. 

Perbaikan terus menerus berawal dari akar masalah yang ditemukan ketika melakukan evaluasi  tersebut. Dalam konteks keuangan, terjadi cashflow yang tidak teratur sehingga founder mengajarkan karyawan untuk mencari akar masalahnya, misalnya penarikan piutang yang terlambat dilakukan oleh bagian keuangan. Dari sini, founder mengajarkan karyawan untuk berfikir rkeatif dan inovatif bagaimana bisa melakukan penagihan kepada konsumen sehingga mendaptkan cash in dan mengelola keuangan perusahaan melalui arus kas yang baik. 

Perbaikan terus menerus pada fungsi pemasaran seperti bauran pemasaran yang tidak memdapatkan respon yang optimal dari konsumen. Tentu ini merupakan gap  yang harus dicarikan akar masalahnya oleh founder dan karyawan. Dari akar masalah tersebut, dilakukan perbaikan terus menerus yaitu sejauh mana program bauran pemasaran tersebut sesuai dengan target pasar yang ditetapkan oleh manajemen perusahaan. 

Bagaimana dengan perbaikan terus menerus di fungsi operasi yaitu supplier, input, process dan customer. Seperti masih banyaknya produk yang mengalami kerusakan alias defect. Target defect adalah 2% akan tetapi realisasinya 10% yang pastinya berdampak kepada kienrja produk dan menambah biaya perusahaan. Akar masalahnya apa? karena SOP yang belum ada sehingga karyawan tidak memiliki standar kerja. Oleh karena itu, perbaikan yang dilakukan adalah pembuatan SOP dan dijalankan di perusahaan. 

Nah, terakhir adalah manajemen sumber daya manusia atau karyawan. Ada permasalahan seperti tingginya turn over karyawan dan dampaknya bagi perusahaan adalah produktivitas karyawan menurun sementara biaya meningkat. Akar masalahnya apa? Misal lemahnya pengelolaan karyawan di perusahaan sehingga perbaikan yang dilakukan adalah peningkatan kompetensi manajer perusahaan serta SOP pengelolaan karyawan. 

Inilah yang perlu dilakukan oleh para founder untuk meningkatkan kemampuan berfikir karyawan dengan model continues improvement alias kaizen. 


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: AJARKAN PERBAIKAN TERUS MENERUS
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: AJARKAN PERBAIKAN TERUS MENERUS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8R4gTZyIw5Be0ztLe2DNeavq9WjvrTfKQh5OEwVdu8kozJw0zJaVlGohb-axzEFX_bMVshvEgkdaLrf2UPu2QvVGMJVBiS-L1jrOFLHtokxGqcp9_uRq8BysWI0Yn09QoHIfAzthXCJ7D-uijYMH5KkcyehRyzvlQP31hrQpbJsR60D6TAm-q8BrJwwU/s320/2095f76f-97d1-45db-a70e-672b392c0d6d.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8R4gTZyIw5Be0ztLe2DNeavq9WjvrTfKQh5OEwVdu8kozJw0zJaVlGohb-axzEFX_bMVshvEgkdaLrf2UPu2QvVGMJVBiS-L1jrOFLHtokxGqcp9_uRq8BysWI0Yn09QoHIfAzthXCJ7D-uijYMH5KkcyehRyzvlQP31hrQpbJsR60D6TAm-q8BrJwwU/s72-c/2095f76f-97d1-45db-a70e-672b392c0d6d.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2023/11/shifting-from-start-up-to-corporate_12.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2023/11/shifting-from-start-up-to-corporate_12.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content