SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPENEURSHIP, PAHAMKAN POSISI PERUSAHAAN DI PASAR

Inbis Rumah BUMN Cirebon  Setiap founder perlu memberikan informasi yang sangat penting bagi karyawan mereka karena berhubungan dengan penin...

Inbis Rumah BUMN Cirebon 

Setiap founder perlu memberikan informasi yang sangat penting bagi karyawan mereka karena berhubungan dengan peningkatan kemampuan berfikir stratejik dalam diri setiap karyawan. Kenapa demikian? Agar bisa memberikan pemahaman yang mendalam kepada mereka dan bagaimana menyikapi posisi perusahaan di pasar. Bisa jadi posisinya sama dengan pesaing, lebih rendah daripada pesaing ataupun lebih tinggi dari pesaing 

Seringkali founder tidak memahami posisi perusahaan dipasar dan ini tentu juga tidak bisa dipahami oleh setiap karyawan sehingga membuat karyawan menjadi apatis. Kalau sudah begini, tentu menjadi kelemahan bagi manajemen perusahaan dan bahkan bagi para founder. Jangan sampai ini terjadi karena akan berdampak fatal bagi perjalanan usaha kedepannya. Bahkan perusahaan tidak akan bisa shifting dari star up ke corporate entrepreneurship. 

Nah, penting bagi founder untuk bisa memberikan pemahaman atas posisi perusahaan dipasar. Posisi yang akan menentukan strategi perusahaan. Strategi yang merupakan hasil dari kemampuan berfikir stratejik dimana karyawan diharapkan dapat berfikir jangka panjang untuk perusahaan serta berbasis kepada lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang pastinya harus mencapai keunggulan bersaing yang  berkelanjutan. 

Setiap saat, akan terjadi perubahan posisi di pasar dan inilah yang harus menjadi concern founder dan menyampaikannya kepada karyawan tersebut. Dengan pengetahuan dan kesadaran dari karyawan tentang posisi perusahaan dipasar, akan dapat membuat mereka mengetahui langkah-langkah strategis founder dan manajemen yang harus diambil dan mereka mengambil peran dalam implementasi keputusan strategis manajemen tersebut. 

Keterlibatan setiap karyawan dalam proses menjalankan keputusan strategis ini akan dapat membuat karyawan terus mengembangkan kemampuan berfikir strategis mereka di aktivitas perusahaan setiap hari. Bahkan mereka akan berfikir bagaimana bisa membuat perusahaan lebih baik dan  lebih untung dibandingkan pesaing. Lebih baik untuk bisa mencapai impian kedepannya dalam konteks sustainable competitive advantage atau keunggulan bersaing yang berkelanjutan. 

Disinilah pentingnya founder untuk mengajarkan cara berfikir strategis bagi karyawan dengan memperhatikan impian atau visi jangka panjang yang harus dicapai oleh manajemen perusahaan dan karyawan serta strategi yang diterapkan oleh manajemen perusahaan. Cara berfikir dengan memulai pada analisis lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan yang dapat membuat posisi perusahaan dipasar dapat diketahui. 

Setelah cara berfikir strategis diajarkan kepada karyawan, mereka perlu diberikan coaching dan mentoring dalam berfikir strategis ini karena akan menjadi isu yang sangat penting ketika perusahaan akan melakukan shifting menjadi corporate entrepreneurship. Mentoring bagi setiap karyawan akan dapat membuat karyawan bisa memahami posisi perusahaan dipasar dan apa yang harus dilakukan oleh karyawan untuk bisa membantu manajemen mencapai sustainable competitive advantage. 

Terus memberikan hasil analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal yang didapatkan dari hasil penelitian atau riset oleh internal ataupun dari pihak luar. Tidak dapat dipungkiri bahwa karyawan pun perlu mendapatkan informasi yang update tentang posisi perusahaan di pasar. Update ini juga akan membuat karyawan semakin sadar akan perubahan lingkungan bisnis dan menjadi ancaman bagi perusahaan dalam persaingan di pasar. 

Memberikan kesempatan untuk setiap karyawan memberikan masukan atau insight kepada manajemen atau founder tentang posisi perusahaan di pasar. Tugaskan setiap karyawan untuk membaca ataupun belajar tentang posisi perusahaan dipasar dan minta mereka untuk memberikan pandangan dan masukan kepada manajemen dan founder. Tentu hal ini akan dapat membuat setiap karyawan ikut berfikir strategis bagi perusahaan. 

Disinilah nanti setiap founder memberikan tanggapan atas masukan dari setiap karyawan serta memilih masukan ataupun ide-ide dari setiap karyawan yang berhubungan dengan posisi perusahaan dipasar tersebut. Analisis ini penting bagi setiap karyawan karena akan memberikan persepsi positif dibenak karyawan dimana pemikiran mereka dihargai oleh founder dan manajemen perusahaan. 

Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPENEURSHIP, PAHAMKAN POSISI PERUSAHAAN DI PASAR
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPENEURSHIP, PAHAMKAN POSISI PERUSAHAAN DI PASAR
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-Tz3ezQdFSlmGLy6UZu9oMQ5CDEmy0U78hZe893CT1ZGgZnOtZClOBSfl4Eb0kQno7Rlij4EakUKpffchRWgpBHMHHTyT3ePNPK0oQY2NVKAsW4Vzr1re5mzFkbKzeW8aZPAb32QFwY3TAsbNo5fbhIj7TsOynmQEJ_aXzlC_ecVD6eVGeppOxr_ehcQ/s320/2095f76f-97d1-45db-a70e-672b392c0d6d.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi-Tz3ezQdFSlmGLy6UZu9oMQ5CDEmy0U78hZe893CT1ZGgZnOtZClOBSfl4Eb0kQno7Rlij4EakUKpffchRWgpBHMHHTyT3ePNPK0oQY2NVKAsW4Vzr1re5mzFkbKzeW8aZPAb32QFwY3TAsbNo5fbhIj7TsOynmQEJ_aXzlC_ecVD6eVGeppOxr_ehcQ/s72-c/2095f76f-97d1-45db-a70e-672b392c0d6d.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate_26.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate_26.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content