SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: MANAJEMEN DAN KARYAWAN BERFIKIR KRITIS

Ada satu kesalahan besar yang dilakukan oleh banyak orang yaitu tidak meningkatkan kemampuan berfikir kritis karena ada persepsi yang tidak ...


Ada satu kesalahan besar yang dilakukan oleh banyak orang yaitu tidak meningkatkan kemampuan berfikir kritis karena ada persepsi yang tidak tepat ketika mendengar kemampuan berfikir kritis tersebut. Yang ada dalam bayangan sebagian besar orang tentang berfikir kritis adalah berfikir yang selalu menentang atasan atau manajemen yang seringkali membuat masalah dalam perusahaan yang berakibat pada ketenangan di perusahaan. 

Padahal, berfikir kritis adalah kemampuan dasar berfikir yang harus benar-benar dimiliki oleh setiap manajemen dan karyawan ketika akan membuat perusahaan bisa tumbuh dan berkembang, apalagi dalam tahapan shifting dari start up ke corporate entrepreneurship. Pemikiran-pemikiran kritis yang diperlukan untuk bisa membuat kemajuan dan bahkan inovasi yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan dalam menghadapi tantangan perubahan lingkungan saat ini. 

Berfikir kritis adalah awal untuk bisa mengembangkan kemampuan berfikir kreatif dan inovatif yang sangat diperlukan perusahaan. Bisa dilihat bagaimana founder dulu memulai dan mengembangkan bisnis dengan dasar berfikir kritis dan jadi dasar untuk berfikir kreatif dan inovatif. Berfikir untuk memenuhi kebutuhan orang lain akan sebuah produk dan/atau berfikir masalah apa yang sedang dihadapi oleh orang lain. 

Hal tersebut adalah beberapa contoh kemampuan berfikir kritis yang dimiliki oleh founder yang selalu bertanya akan kebutuhan orang lain yang belum terpenuhi ataupun masalah orang lain yang harus diselesaikan oleh founder tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini membuat kerangka berfikir untuk founder untuk membuat produk yang ditawarkan kepada konsumen dan bisa memenuhi harapan mereka sampai puas. 

Disinilah pentingnya seorang founder untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dari setiap manajemen dan karyawan dan itu harus dilakukan secara langsung oleh founder untuk bisa memberikan contoh kepada mereka. 

1. Pentingnya berfikir kritis bagi perusahaan karena perusahaan memerlukan kreativitas dan inovasi dari manajemen dan kayawan . 

Hal ini perlu dipahami oleh setiap manajemen dan karyawan dalam perusahaan untuk menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, suka tidak suka, dituntut untuk bisa berfikir kritis tentang apa yang sedang terjadi dan apalagi kalau berhubungan dengan kesenjangan atau gap yang terjadi antara yang seharusnya dengan apa  yang dihasilkannya. Tidak capai target penjualan, tidak sampai target produktivitas karyawan, tidak capai target jumlah penurunan defect dan lain-lain. semuanya harus dilihat dalam konteks berfikir kritis. 

2. Mencari tim yang memiliki kemampuan berfikir kritis.

Perlu seorang founder untuk fokus memetakan beberapa orang  yang memiliki dasar-dasar kemampuan berfikir kritis serta memiliki attitude yang bagus untuk berfikir kritis. Mereka yang terpilih ini menjadi agen perubahan dalam perusahaan untuk berfikir kritis dan memberikan contoh bagi karyawan yang lain untuk berfikir kritis. 

3. Memberikan manfaat berfikir kritis kepada manajemen dan karyawan. 

Penting bagi founder menjelaskan bagaimana manfaat berfikir kritis bagi perusahaan dan nantinya juga akan memberikan value bagi karyawan itu sendiri. Adanya daya saing perusahaan akan meningkatkan kinerja bisnis dan akan memberikan nilai atau value bagi karyawan untuk kelangsungan usaha ditengah persaingan serta pendapatan yang relatif stabil. 

4. Memberikan pembekalan kepada karyawan untuk berfikir kritis

Banyak metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis bagi setiap manajemen dan karyawan dan ini penting untuk diberikan pelatihan 

Jika... maka...

kenapa .. kenapa.. kenapa.. kenapa.. kenapa ...

kenapa tidak ini, kenapa tidak itu, 

Hal ini perlu diberikan ilmu dan keterampilan kepada karyawan dan manajemen agar mereka bisa berfiki kritis dengan baik. 

5. Memberikan dukungan untuk melakukan berfikir kritis.

 Berikan dukungan kepada karyawan untuk berfikir kritis dengan kebijakan, program yang mendukung mereka mengembangkan kemampuan berfikir, anggaran untuk bisa digunakan  untuk belajar dan pengembangan diri. Bahkan fasilitas pendukung pun perlu disiapkan founder bagi para karyawan dan manajemen perusahaan. 

6. Memberikan apresiasi utuk berfikir kritis 

Apresiasi perlu diberikan kepada karyawan yang mampu mengembangkan kemampuan berfikir kritis karena akan menjadi motivasi bagi mereka dalam optimasi kemampuan berfikir tersebut. Akan menjadi cerita positif yang akan mempengaruhi karyawan lain untuk berfikir kritis juga. 

7. Menjadikan kemampuan berfikir kritis sebagai budaya 

Inilah aspek yang paling penting bagi setiap karyawan dan manajemen dimana berfikir kritis sudah menjadi budaya dimana sudah ada value, belief dan habit untuk berfikir kritis sampai dengan bahasa dan komunikasi yang dilakukan setiap hari untuk mendukung kemampuan berfikir kritis. 


#trainer #instruktur #thinkingability #criticalthining #management #entrepreneurship #pensiunpreneurship


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: MANAJEMEN DAN KARYAWAN BERFIKIR KRITIS
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: MANAJEMEN DAN KARYAWAN BERFIKIR KRITIS
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXE5oOn_Uz06ZDksX15CVDBOr4Z_TDR0LJjOlWs11af3bI0QqaJWJeXwem63UIUTL-5EmAr-Ogck4k-kEhugJs117E_SSHPRlVCV8-DaWk5MOUNqYdD_nA4vS0iTa6gTAMj_gz838sL8HsORpxhqPTmX6_avGqSZ6N-9SE7ToZFDCgQwNl2nrm-scf1_M/s320/e3f1923f-b26a-4ea4-8a3e-585c7e5be0b5.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjXE5oOn_Uz06ZDksX15CVDBOr4Z_TDR0LJjOlWs11af3bI0QqaJWJeXwem63UIUTL-5EmAr-Ogck4k-kEhugJs117E_SSHPRlVCV8-DaWk5MOUNqYdD_nA4vS0iTa6gTAMj_gz838sL8HsORpxhqPTmX6_avGqSZ6N-9SE7ToZFDCgQwNl2nrm-scf1_M/s72-c/e3f1923f-b26a-4ea4-8a3e-585c7e5be0b5.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate_18.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate_18.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content