SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: CHANGE MINDSET MANAJEMEN DAN KARYAWAN

Salah satu tantangan yang harus diselesaikan oleh seorang entrepreneur ketika harus shifting dari Start Up ke Corporate Entrepreneurship ada...


Salah satu tantangan yang harus diselesaikan oleh seorang entrepreneur ketika harus shifting dari Start Up ke Corporate Entrepreneurship adalah Mindset Kewiruasahaan atau Entrepreneurial Mindset. Hal ini juga berlaku bagi perusahaan yang selama ini belum menerapkan corporate entrepreneurship di perusahaan karena tidak tahu ataupun tidak memahami pentingnya corporate entrepreneurship di perusahaan saat ini ditengah perubahan lingkungan bisnis yang bersifat VUCA, volatality, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity. 

Lingkungan Bisnis setiap entrepreneur menjadi konteks kenapa perusahaan dituntut untuk shifting tersebut karena akan bisa memberikan dampak perusahaan tidak memiliki Keunggulan bersaing yang berkelanjutan atau Sustainable Competitive Advantage. Kenapa? karena keterlambatan mengantisipasi perubahan lingkungan yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi dengan sebuah strategi yang tepat. 

Akibatnya adalah tentu perusahaan tidak akan bisa mencapai tujuan perusahaan atau berkinerja tidak sesuat dengan target yang ditetapkan oleh pemegang saham atau pemilik perusahaan. At the end of the day, perusahaan nya merugi, tidak bisa tumbuh, tidak bertahan lama dan akhirnya tutup. Mau bukti? Tentu banyak terjadi di sekitar teman-teman. 

Nah, kenapa demikian? Adanya keterlambatan shifting atau perubahan mindset entrepreneur dari seorang start up menjadi corporate entrepreneurship. Kenapa bisa terlambat? tentu banyak faktor yang melatarbelakanginya. Beberapa faktor yang melatar belakanginya 

1. Terbatasnya pemahaman akan konsep entrepreneurship

Konsep entrepreneurship harus dipahami dengan baik oleh start up dan pemilik perusahaan karena inilah konsep yang benar-benar dibutuhkan saat ini menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Entrepreneurship merupakan pola pikir yang berubah menjadi sikap mental dalam melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis yang dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri sebagai pemilik (profit), orang lain seperti karyawan, masyarakat (People), alam (planet) dalam jangka panjang (sustain) serta tumbuh dan berkembang (growth).

Konsep ini akan diturunkan kepada seluruh tim di perusahaan, mulai level manajemen tingkat atas sampai dengan karyawan biasa. Ada perubahan pola pikir yang harus dilakukan kepada manajemen dan karyawan, bisnis yang dijalankan itu berbasis kepada peluang yang bisa diciptakan ataupun dilihat atau berasal dari luar perusahaan, Ingat, peluang itu ada di konsumen yaitu masalah mereka ataupun kebutuhan mereka. Bagi entrepreneur dan manajemen serta karyawan, masalah dan kebutuhan konsumen itu adalah peluang untuk buat produk sebaga solusi. 


 

2.  Terbatasnya mindset kewirausahaan yang ditandai oleh dimensi mindset 

Mindset kewirausahaan memiliki beberapa dimensi yang harus diajarkan dan didorong untuk dimiliki. Mulai dari visi, selalu mencari dan memanfaatkan peluang, berfikir kreatif dan inovatif, berfikir dan bertindak cepat, berorientasi pada konsumen, berorientasi pada pertumbuhan usaha, memiliki pemahaman atas manajemen resiko serta bisnis sebagai ibadah. 

Dimensi mindset ini harus dimiliki oleh setiap entrepreneur dan juga manajemen serta karyawan perusahaan. Dorong mereka untuk memiliki mindset tersebut. 


3. Keterbatasan kompetensi entrepreneurship 

Menjadi seorang entrepreneur dan juga seluruh manajemen dan karyawan memiliki mindset kewirausahaan, diperlukan kompetensi yang diantaranya adalah pemahaman akan bisnis yang dijalankan, sikap profesional dan juga manajemen mulai dari manajemen strategi, keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, digitalisasi, manajemen resiko dan manajemen inovasi. 

Manajemen dan karyawan perusahaan didorong untuk memiliki kompetensi ini dalam menjalankan aktivitas bisnis 


4. Karakteristik kewirausahaan yang belum kuat dimiliki oleh para start up    

Nah, ini yang paling penting, karena entrepreneur harus bisa mengembangkan karakteristik kewirausahaan dalam diri dan setiap manajemen dan karyawan. Beberapa karakteristik yang harus dikembangkan yaitu integritas, jujur, komitmen, disiplin, konsisten, Tugas entrepreneur untuk mendorong manajemen dan karyawan untuk berkarakter.


5. Konsep bisnis belum sepenuhnya dipahami sebagai wadah menjalankan entrepreneurship 

Ini yang menjadi titik kritis juga bagi setiap entrepreneur dan manajemen serta karyawan perusahaan karena mereka pada hakekatnya kudu memahami konsep bisnis dengan baik. Bisnis sebagai create money dan create value adalah konsep dasar yang dituangkan dalam kerangka bisnis adalah organisasi yang menjalankan serangkaian aktivitas berupa finance, marketing, operation, HR, digitalisasi, manajemen resiko serta inovasi dalam mengelola sumber daya berupa man, money, machine, method, material, minute, market,  information untuk menghasilkan produk berupa barang atau jasa sert untuk mencapai tujuan berupa profit, people, planet, sustain and growth,

Manajemen dan karyawan diperlukan untuk memiliki pemahaman ini dengan baik tentang bisnis karena start from the end, berfikir dari akhir bahwa bisnis itu tujuan nya profit, people, planet, sustain and growth melalui serangkaian aktivitas mengelola sumber daya menghasilkan produk. 


6. Kosep lingkungan bisnis belum dipahami serta dampaknya bagi bisnis 

Lingkungan bisnis seringkali diabaikan oleh entrepreneur (start up entrepreneur) karena belum fokus kesana karena merasa bisnisnya berdiri sendiri tanpa ada variabel lain di luarnya. Padahal, ini membuat cara pandang start up entrepreneur menjadi buta dan berdampak terlambat mengantisipasi perubahan tersebut dengan tidak menerapkan strategi. 

Lingkungan bisnis adalah segaga sesuatu yang berada didalam ataupun luar perusahaan yang berdampak pada peluang atau ancaman, kekuatan atau kelemahan yang terdiri dari lingkungan internal berupa budaya perusahaan, finance, marketing,  operation, human resource, inovasi, manajemen resiko, serta digitalisasi. 

Adapun lingkungan eksternal berhubugnan dengan lingkungan eksternal mikro yaitu konsumen, pesaing, distributor dan supplier. Selain itu, lingkungan eksternal makro yaitu Politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi, lingkungan geografi dan hukum. 

Yang paling penting dipahami entrepreneur adalah bagaimana lingkugan bisnis itu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi serta berdampak kepada usaha berupa peluang atau ancaman serta kekuatan atau kelemahan. 

7. Terbatasanya pemahaman akan manajemen 

Entrepreneur perlu memahami konsep manajemen sebagai konsep bagaimana bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Ada fungsi manajemen berupa finance, marketing, operation dan human resources serta manajemen sebagai proses planning, organizing, actuating sampai dengan controlling. 

Tentu ini menjadi pekerjaan rumah yang sangat besar bagi setiap start up dalam menumbuhkembangkan bisnis saat ini. Padahal, inilah yang harus dimiliki oleh seluruh tim yang ada di perusahaan, mulai manajamen tingkat atas sampai dengan staff. Tidak mudah memang untuk merubahnya, tetapi inilah yang harus dilakukan untuk membuat bisnis bisa profit, people, planet, sustain dan growth. 

Yuk, entrepreneur perlu dituntut untuk melakukan shifting dari start up entrepreneurship menjadi corporate entrepreneurship


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,83,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,205,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,70,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1590,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,24,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,532,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: CHANGE MINDSET MANAJEMEN DAN KARYAWAN
SHIFTING FROM START UP TO CORPORATE ENTREPRENEURSHIP: CHANGE MINDSET MANAJEMEN DAN KARYAWAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9OHEnYNUYxhMQ0z4GauGR8xifeehF03iG_08xp759BtUNry4_Ap-_m7SboiGbKSt00AdFsqtOXP4vVqbg8Trt6cLt0S4KV0asepjxgyHkb64RvOaHn0HhtNdyIGywvyMd6SEvi57dywcM7KLqxNEgbadApWoH1PDFLcl3BioQylazhOIWY7vZKkLMolg/s320/e3c2eb5c-b776-4f7b-8c63-0c7fdeb4827f.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9OHEnYNUYxhMQ0z4GauGR8xifeehF03iG_08xp759BtUNry4_Ap-_m7SboiGbKSt00AdFsqtOXP4vVqbg8Trt6cLt0S4KV0asepjxgyHkb64RvOaHn0HhtNdyIGywvyMd6SEvi57dywcM7KLqxNEgbadApWoH1PDFLcl3BioQylazhOIWY7vZKkLMolg/s72-c/e3c2eb5c-b776-4f7b-8c63-0c7fdeb4827f.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2023/10/shifting-from-start-up-to-corporate.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content