Sudahkah Berfikir Strategic?

Seringkali orang bertanya kepada kami ketika memberikan sharing berupa pelatihan ataupun ceramah, baik di off air, radio ataupun TV, kena...

Seringkali orang bertanya kepada kami ketika memberikan sharing berupa pelatihan ataupun ceramah, baik di off air, radio ataupun TV, kenapa seorang entrepreneur itu harus berfikir stratejik, kang Meriza? Pertanyaan yang seringkali disampaikan kepada kami dan membuat kami bertanya, kenapa orang harus bertanya seperti itu?


Pertanyaannya sangat sederhana karena memang berhubungan dengan bisnis yang sudah dipilih oleh para entrepreneur. Kenapa mereka belum menyadari akan hal ini? Padahal, pemahaman akan konsep berfikir stratejik ini sangat penting untuk membuat bisnis para entepreneur bisa mencapai tujuan seperti yang direncanakan.


Kami tidak mencoba untuk berteori dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan tersebut. karena setiap orang pasti memiliki jawaban dan pandangan. Kami mencoba menjawabnya dari pengetahuan dan pengalaman selama membina entrepreneur, baik dikampus maupun di GIMB Entrepreneur dan juga di HIPMI serta berbagai daerah seperti di Jambi, samosir, Makasar, Jogyakarta dan lanin-lain.


Permasalahan ini timbul karena entrepreneur banyak yang berlatar belakang pendidikan bukan bisnis dan manajemen dan ini wajar karena tidak ada batasan yang menyatakan bahwa setiap entrepreneur harus berasal dari lulusan manajemen dan bisnis. Selain itu, konsep ini memang masih rada asing ditelinga dan aplikasikasinya bagaimana dalam konteks bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepreneur.


Namun demikian, setiap entrepreneur sudah memilih jalan yang mungkin berbeda dengan jalan pendidikan mereka. Jalan tersebut adalah bisnis dan suka tidak suka, bisnis tersebut sangat erat hubungannya dengan ilmu manajemen. Inilah yang perlu dipahami oleh setiap entrepreneur dalam membuat bisnis mereka bisa tumbuh dan berkembang untuk jangka panjang.


Dalam konteks bisnis dan mananjemen, berfikir stratejik menjadi salah satu hal yang penting dan mendasar agar entrepreneur bisa mengoptimalkan kekuatan dan meminimalisir kelemahan serta memanfaatkan peluang dan menghindari ancaman yang datang dari lingkungan eksternal, baik mikro, makro maupun global. Inilah faktor yang paling mempengaruhi bisnis setiap entrepreneur saat ini dan yang akan datang.


Berfikir stratejik adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa terus menganalisis lingkungan internal dan eksternal bisnisnya dalam membuat setiap keputusan bisnis yang akan diambil. Tidak bisa lagi lingkungan bisnis itu dianggap sebagai ceteris paribus, yang tidak berubah dan tidak berpengaruh terhadap bisnis mereka.


Pengetahuan tentang bagaimana berfikir stratejik ini menjadi penting diberikan kepada setiap entrepreneur. Jelas dengan keterbatasan pengetahuan tadi, membuat entrepreneur membutuhkan knowledge dan skill bagaimana berfikir stratejik tersebut. Oleh karena itu, pembelajaran dan sharing tentang berfikir stratejik ini perlu diberikan kepada mereka.


Hal ini bisa diawali dengan membuat analisis lingkungan internal dan eksternal dari setiap bisnis entrepreneur itu sendiri. Mereka perlu disadarkan akan lingkungan tersebut dan bagaimana pengaruh terhadap bisnis. Sensitivity entrepreneur perlu ditingkatkan agar dapat menimbulkan kesadaran dan pengetahuan serta kemampuan dalam berfikir stratejik itu sendiri. learning by doing akan bisa mempercepat pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan memanfaatkan berfikir stratejik ini dalam bisnis mereka.
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Sudahkah Berfikir Strategic?
Sudahkah Berfikir Strategic?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSC86pjWB4WQSQWLqeK_bO8XttHPetcv6MfiTiaTdvLRIdPmFH6jIyymUqzSDtiTEYVitIZ8zIQjmW_5Kk2hm5B_mRvSSIxcqnyrq5EknavTQmDSFgly7y6HZv6VLSsS0XVe55koZ3dSo/s320/31.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSC86pjWB4WQSQWLqeK_bO8XttHPetcv6MfiTiaTdvLRIdPmFH6jIyymUqzSDtiTEYVitIZ8zIQjmW_5Kk2hm5B_mRvSSIxcqnyrq5EknavTQmDSFgly7y6HZv6VLSsS0XVe55koZ3dSo/s72-c/31.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2017/01/sudahkah-berfikir-strategic.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2017/01/sudahkah-berfikir-strategic.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content