Bisnis Butuh Komitmen Seorang Entrepreneur

Komitmen, apa sih itu? Sering didengar akan tetapi apakah sudah paham apa yang dimaksud dengan konsep ini? Menurut Meyer dan Allen...

Komitmen, apa sih itu? Sering didengar akan tetapi apakah sudah paham apa yang dimaksud dengan konsep ini? Menurut Meyer dan Allen (1991, dalam Soekidjan, 2009), komitmen dapat juga berarti penerimaan yang kuat individu terhadap tujuan dan nilai-nilai organisasi, dan individu berupaya serta berkarya dan memiliki hasrat yang kuat untuk tetap bertahan di organisasi tersebut.


Bila dilihat dalam konteks bisnis, komitmen entrepreneur terhadap stakeholder merupakan intangible asset atau aset yang tidak tampak yang dimiliki oleh entrepreneur. Aset ini akan menentukan bagaimana tingkat trust stakeholder, baik pelanggan, supplier, distributor dan juga bahkan pesaing selain pemerintah, perbankan, dan lain-lain.


Bicara tentang aset, tentu harus ada retun on asset dari setiap komitmen yang kita miliki dan sangat tergantung pada bagaimana setiap entrepreneur memanfaatkan komitmen tersebut dalam bisnis dan membangun value dari bisnis mereka. Hal ini penting agar komitmen yang sudah dimiliki tidak sia-sia dan tidak memberikan dampak kepada bisnis.


Oleh karena itu, saatnya entrepreneur kembali ke konsep dasar komitmen ini dan terus meningkatkan komitmen pada bisnis yang sudah dimulai. Orang akan melihat bagaimana komitmen kita pada bisnis kita sendiri. Bagaimana cara meningkatkan komitmen tersebut?


Pertama, komitmen berasa dari dalam diri setiap entrepreneur. Hal ini harus disadari agar jelas bagaimana setiap entrepreneur menyadari apa yang ada dalam diri mereka dan apa yang bisa dicapai dari komitmen ini. Tidak bisa dipaksakan dari orang lain karena memang mulainya dari dalam diri setiap entrepreneur.


Kedua, menetapkan tujuan yang hendak dicapai dalam membuat dan menjalankan komitmen tersebut. Tujuan menjadi arahan dalam menjalankan setiap komitmen agar bisa berjalan. Tujuanlah yang harus dicapai. Jika gagal dalam membuat tujuan akan membuat tujuan tersebut tidak akan tercapai dan akan tidak jelas bagi entrepreneur. Jadi, apa yang dikerjakan menjadi sia-sia.


Ketiga, komitmen itu berasal dari bagaimana setiap entrepreneur bisa menyelaraskan kepentingan pribadi dengan kepentingan perusahaan atau bisnis yang mereka bangun. Mulailah dari diri sendiri terlebih dahulu karena ini akan menjadi kunci untuk membuat komitmen itu bisa terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan oleh para entrepreneur. keselarasan akan membuat entrepreneur bisa bekerja optimal dalam mempertahankan komitmen tersebut.


Keempat, teruslah belajar untuk mendapatkan pengetahuan, pengalaman serta sikap yang benar dalam menjalankan bisnis. Komitmen juga akan semakin meningkat dari proses belajar ini karena banyak hal yang bisa dijaidikan contoh oleh para entrepreneur dalam berbisnis. Apalagi bahan ajar tersebut berasal dari orang-orang yang sudah sukses dan pasti mempertahankan komitmen mereka dalam berbisnis.


Kelima, terus melakukan evaluasi atas komitmen yang sudah dijalankan oleh entrepreneur. Evaluasi ini penting agar bisa dilakukan perbaikan atas setiap rencana mereka. Jangan terjebak untuk tidak melakukan evaluasi karena akan berdampak kepada kualitas komitmen itu sendiri. Oleh karena itu, rasanya, sudah seharusnya entrepreneur fokus pada peningkatan komitmen mereka dalam berbisnis agar stakeholder semakin percaya dan terus meningkatkan kerjasama dengan entrepreneur.
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,111,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,212,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,99,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1618,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,24,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,551,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Bisnis Butuh Komitmen Seorang Entrepreneur
Bisnis Butuh Komitmen Seorang Entrepreneur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpYeRsJL-cJyk-sYWahOGNNEnCOHoPIH4Tvzf60duOgZDhl5UBE2w-ocKwICUkYgdiEelHV0nlJpfzRWxy6CGxn8sMK-TBU659_VKznbH6_hafP2N768jRH8tD7e0wYzlpZqImgujLlqo/s320/31.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpYeRsJL-cJyk-sYWahOGNNEnCOHoPIH4Tvzf60duOgZDhl5UBE2w-ocKwICUkYgdiEelHV0nlJpfzRWxy6CGxn8sMK-TBU659_VKznbH6_hafP2N768jRH8tD7e0wYzlpZqImgujLlqo/s72-c/31.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2017/01/bisnis-butuh-komitmen-seorang.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2017/01/bisnis-butuh-komitmen-seorang.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content