Mengikuti Pameran PKBL

Salah satu kegiatan yang ditawarkan dan disediakan oleh pengelola program PKBL BUMN adalah pameran produk-produk entrepeneur yang dibina....

Salah satu kegiatan yang ditawarkan dan disediakan oleh pengelola program PKBL BUMN adalah pameran produk-produk entrepeneur yang dibina. Pameran ini biasanya dilakukan secara berkala dan diberikan kesempatan kepada entrepeneur agar bisa mempromosikan produk-produk serta menjalin networking dengan sesama entrepreneur di saat pameran tersebut.

Tujuan lainnya juga berupa pembuktian kepada BUMN yang memberikan dana PKBL akan kinerja mereka selam ini dengan mendapatkan pembinaan dari PKBL. Hal ini relevan dengan tujuan yang hendak dicapai dalam setiap program PKBL yaitu bagaimana bisa meningkatkan skala bisnis mereka. Tidak bisa  hanya membuat skala bisnis segitu saja atau sama dengan bisnis diawal dan apalagi malah berkurang. Salah besar. Jadi, hal ini menjadi ajang evaluasi juga bagi para entrepeneur selama menjadi binaan BUMN tersebut. Evaluasi akan menggambarkan bagaimana manfaatyang mereka dapatkan dari program PKBL.

Tujuan juga ada pada pengelola program PKBL yaitu bagaimana kinerja pembinaan mereka dalam program ini. Pengelolaan program PKBL juga memiliki Key Performance Indicator atau KPI sehingga jelas harus diukur kinerja mereka. Inilah yang hendak dicapai oleh pengelola PKBL. Hal ini memperlihatkan bagaiman kedua belah pihak memiliki kepentingan pada program PKBL yang diberikan kepada setiap entepeneur selama menerima dana PKBL tersebut.

Hal ini juga dirasakan oleh teman yang menerima dana PKBL dan juga teman lainnya yang bertugas di bidang PKBL. Beliau harus menyalurkan dana PKBL karena mereka diamanatkan oleh negara agar bisa menyalurkan dan membian entrepeneur dalam skala bisnis mikro, kecil dan menengah agar bisa tumbuh dan berkembang. Setelah tiga tahun, mereka akan harus lebih besar dan kalaupun membutuhkan dana, bisa diarahkan kepada perbankan.

Pameran yang diikuti oleh para entrepeneur dan diselenggarakan oleh berbagai pihak yang berkepentingan dengan PKBL ini biasanya setiap tahun ada. Pesertanya adalah para binaan dari berbagai BUMN dan memiliki variasi dalam bisnis yang mereka jalankan. Binaan yang berprestasi dalam bisnis dengan indikator bisnis yang tumbuh dan berkembang selama menerima dana PKBL dari BUMN akan dioptimalkan untuk ikut pameran itu.

Selama pameran, akan banyak pihak berdatangan dengan tujuan untuk melihat-lihat dan bahkan membeli serta mengorder dalam skala besar produk-produk entrepeneur. ada juga yang mendapatkan kontrak kerjasama selama pameran tersbut. Oleh karena itu, dapat dibayangkan bagaiman potensi dari pameran bagi etnerpeneur yang merupakan binaan BUMN. Ada konsumen, baik consumer market, business market, government market dah juga global market yang datang dan bisa menjadi prospek yang akan membeli produk-produk binaan.

Lainnya adalah pemerintah yang memang memiliki kepentingan dalam pembinaan entrepeneur ini karena menjadi program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Pemerintah ini bisa berasal dari berbagai departemen dan lembaga negara yang relevan dengan bisnis para entrepreneur. Pemerintah ditingkat provinsi dan kota/kabupaten juga hadir dalam pemaeran ini. Yang paling tidak bisa dipisahkan adalah para wartawan dari berbagai jenis media, baik elektronik maupun cetak. Mereka adalah pencari berita yang ingin mendapatkan informasi seputar entrepeneurship dan juga perkembangan dana PKBL yang tidak sedikit.

Entrepreneur yang mendapatkan kesempatan dalam pameran ini harus mempersiapkan diri, baik produk maupun bisnis mereka agar bisa mendapatkan value dari pameran tersebut. Jelaskan tujuan yang hendak dicapai, apakah attention, interest, desire ataupun action dimana konsumen membeli produk-produk mereka.

Penampilan stand dan produk-produk yang akan ditampilkan menjadi kunci dalam keberhasilan pameran. Tentu penampilan diri juga akan sangat berpengaruh. Buatkan stand atau booth yang berbeda dengan yang lain sehingga dapat dilihat oleh para pengunjung. Diferensiasi harus jelas dan ditekankan oleh para entrepeneur.

Demikian juga dnegna pesan apa yang akan disampaikan kepada pengunjung karena pesan inilah yang akan ditangkap oleh setiap pengunjung, pesan harus jelas dan tegas yang nantinya diturunkan kepada program-program yang ditawarkan. Ada diskon, mengajak partisipasi langsung pengunjung di booth yang tersedia, adanya tester dan lain-lain adalah bentuk program yang bisa ditawarkan kepada pengunjung selama pameran berlangsung.


Yang paling penting adalah petugas yang berjaga selama pameran. Harus memilki knowledge yang baik untuk bisnis dan produk yang dijalankan, memiliki skill dalam berkomunikasi dan melayani serta sikap yang benar dalam melayani setiap pengunjung, apalagi yang mau membeli produk-produk tersebut. Harus jelas siapa yang melayani dan menjaga booth selama pameran. Inilah yang harus dimanfaatkan oleh entrepeneur selaku binaan PBKL dalam mengikuti pameran. Sukses buat kita semua. 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Mengikuti Pameran PKBL
Mengikuti Pameran PKBL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh02f7gFT20W587p44kqFbafxoFC7XAUwrETVFZhbC8696uNhvUCkJZv0eZzO3CALMRZj8nx03gpTZiDTa3wfb6-bhr8EyE_8ccmQxFJrYqw1Fl_spQMsNhqH8wsdKbvQJWtgX4cHpMulI/s320/c865c663d26fd2dc9ba0f976807e0476.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh02f7gFT20W587p44kqFbafxoFC7XAUwrETVFZhbC8696uNhvUCkJZv0eZzO3CALMRZj8nx03gpTZiDTa3wfb6-bhr8EyE_8ccmQxFJrYqw1Fl_spQMsNhqH8wsdKbvQJWtgX4cHpMulI/s72-c/c865c663d26fd2dc9ba0f976807e0476.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/12/mengikuti-pameran-pkbl.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/12/mengikuti-pameran-pkbl.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content