7 Tips Menghadapi Ketidak Pastian Dalam Ekonomi

Minggu ini, entrepreneur sangat diuji oleh perubahan yang berasal dari lingkungan bisnis yang namanya ekonomi, khususnya mata uang. Curre...

Minggu ini, entrepreneur sangat diuji oleh perubahan yang berasal dari lingkungan bisnis yang namanya ekonomi, khususnya mata uang. Currency war atau perang mata uang yang terjadi di lingkungan ekonomi global, pastinya berdampak kepada entrepreneur, cepat atau lambat karena terjadinya saling ketergangungan atau interdependensi dalam ekonomi dunia.

Oleh karena itu, beberapa tips yang bisa diambil oleh para entrepreneur ketika menghadapi ketidakpastian dalam ekonomi ini adalah:

1. Tidak panik dan pahami bahwa ini adalah sebuah fakta yang pasti akan dihadapi oleh setiap entrepreneur.

Entrepreneur tidak boleh panik ketika menghadapi hal ini karena panik itu hanya membuat otak setiap entrepreneur akan “tertutup” dan tidak bisa berpikir dalam setiap baik. Bersikaplah tenang karena ketidakpastian ini adalah sebuah fakta yang pasti akan dihadapi oleh setiap entrepreneur.

2. Pahami dengan baik dampak dari setiap perubahan lingkungan ini.

Seringkali banyak orang tidak memahami apa yang terjadi dan dampak dari kejadian tesebut dengan baik sehingga persepsi mereka juga menjadi salah. Oleh karena itu, dalami lagi apa yang terjadi dan dampaknya kepada para entrepreneur itu sendiri. Dampak ini bisa bersifat jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

3. Sadar bahwa akan ada antiklimaksnya.

Setiap perubahan itu pasti akan mengalami antiklimaks sehingga entrepreneur perlu menyadari bahwa ekonomi itu sangat berhubungan dengan perilaku manuisa dan saat ini, perilaku mereka adalah mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Hal ini akan ada titik balik.

4. Sadar bahwa entrepreneur harus kreatif dan inovatif.

Ingat, bahwa entrepreneur itu adalah pilihan sadar dari setiap entrepreneur dan salah satu karakter bisnisnya adalah kreatif dan inovatif. Kreatif berhubungan dengan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan peluang dari ketidak pastian atau masalah tersebut. Sedangkan inovatif berhubungan dengan bagaimana ide bisa diterima pasar. Entrepreneur terus mencari ide untuk membuat bisnis mereka bertahan, bisa dari produk, business process, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran.

5. Kembali ke visi bisnis.

Entrepreneur itu berbeda dengan karyawan dimana mereka memiliki visi atau impian. Kembali kepada impian yang hendak dicapai sehingga entrepreneur tetap fokus pada bisnis mereka masing-masing.

6. Lakukan kreativitas pada proses bisnis.

Ini penting karena business process itu berhubungan dengan supplier, input, process, output dan consumer sehingga kreativitas pada business process menjadi backbone bisnis setiap entrepreneur. Fokus pada kreativitas pada bidang ini.

7. Kerjasama dengan berbagai stakeholder.

Perlunya kerjasama dengan berbagai stakeholder dalam menghadapi currency war dan ketidakpastian lingkungan bisnis ini. Kerjasama dengan para akedemisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas bisnis, perbankan dan media.

Demikian tips entrepreneur dalam menghadapi ketidakpastian lingkungan bisnis, khususnya lingkungan ekonomi yang tidak pasti saat ini sehingga entrepreneur tetap bisa mencapai tujuan bisnis mereka.
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: 7 Tips Menghadapi Ketidak Pastian Dalam Ekonomi
7 Tips Menghadapi Ketidak Pastian Dalam Ekonomi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaHoyEKQnONq1X1W8Y1nKUsRLjRG9oPncBf1axOt7WibEIqev7HSMtqHfe4qC1cDPuZwWeSSWiWr-9zxmJaNoqaCGwIZm6dzTkPP5odxNzf7jvwkGOyd789qDKF3Ll6jn7Y03vXlv0Xdc/s320/efre.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhaHoyEKQnONq1X1W8Y1nKUsRLjRG9oPncBf1axOt7WibEIqev7HSMtqHfe4qC1cDPuZwWeSSWiWr-9zxmJaNoqaCGwIZm6dzTkPP5odxNzf7jvwkGOyd789qDKF3Ll6jn7Y03vXlv0Xdc/s72-c/efre.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/12/7-tips-menghadapi-ketidak-pastian-dalam.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/12/7-tips-menghadapi-ketidak-pastian-dalam.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content