Motivasi Diri

Dalam menjalankan bisnis, entrepreneur seringkali menghadapi permasalahan, seperti keuangan yang kurang karena penjualan yang tidak menca...

Dalam menjalankan bisnis, entrepreneur seringkali menghadapi permasalahan, seperti keuangan yang kurang karena penjualan yang tidak mencapai target, lalu banyak produk cacat dan karyawan yang bermasalah. Ini adalah beberapa kondisi dan situasi yang dihadapi oleh setiap entrepeneur dalam menjalankan binsis. Kalau melihat dalam konteks bisnis, jelas apa yang dihadapi dan dirasakan oleh setiap entrepreneur itu adalah sesuatu yang wajar.


Kenapa demikian? Karena bisnis mereka berada dalam satu lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini terjadi pada lingkungan internal dan lingkungan eksternal setiap bisnis yang dijalankan oleh entrepreneur. Oleh karena itu, kesadaran akan dampak perubahan lingkungan ini menjadi penting bagi setiap entrepreneur agar bisa memiliki persepsi yang positif dan bukannya malah lari dan menghindari kondisi ini.


Self Motivation


Ingat, bisnis yang dijalankan oleh setiap entrepeneur adalah bisnis yang relevan dengan diri  mereka. Tidak tergantung kepada orang lain. Sekali menyatakan akan membangun bisnis, artinya, sudah men-declare kepada stakeholder bahwa dia memilh menjadi entrepreneur dengan segala karekter yang melekat pada diri mereka yaitu visioner, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, disiplin dan mau menanggung resiko yang sudah terukur.


Salah satu keterampilan yang mendasar  dan harus terus dikembangkan oleh setiap entrepeneur adalah self motivation. Saya selalu menyatakan bahwa soft skill yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh entrepreneur adalah kemampuan untuk memotivasi diri dan juga orang lain, seperti karyawan yang ada di perusahaan masing-masing. Akan tetapi, jelas, yang pertama adalah mereka harus mampu memotivasi diri.


Banyak entrepreneur bisa memotivasi orang lain, akan tetapi, ketika mereka yang jatuh, malah tidak bisa memotivasi diri sehingga dampaknya sangat jelek terhadap diri dan juga karyawan yang mengikut mereka. bagaimana bisa memotivasi orang lain, sementara diri sendiri tidak bisa dimotivasi ketika menghadapi masalah. Malah lari dari masalah. Ini adalah contoh kegagalan seorang entrepeneur dalam memotivasi diri.


Intinya, entrepreneur harus bisa melakukan self motivation atau memotivasi diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara dan pengalaman yang saya dapatkan adalah perjelas kembali visi bisnis yang dijalankan ini. Ingat, harus ada irisan antara visi pribadi dengan visi bisnis setiap entrepreneur karena konteksnya mereka adalah owner atau pemilik bisnis tersebut. Beda dengan status sebagai karyawan yang notabene lebih rendah dari entrepreneur itu sendiri visinya.


Yang kedua, bayangkan dampak positif bila visi tersebut dapat dicapai dan juga sebaliknya, bayangkan apa yang akan terjadi bila visi itu tidak tercapai. Hal ini akan membuat kesadaran setiap entrepreneur akan bisnis yang mereka jalankan. Bayangkan bila sukses dimana entrepeneur bisa memiliki time freedom dan financial freedom yang bisa membuat mereka jauh lebih baik dimasa mendatang. Kebahagiaan dunia dan akhirat juga terbuka.


Lain halnya kalau gagal dimana mereka akan malu dimata banyak orang dan membuat nama baiknya mereka hancur. Kepercayaan orang akan hilang. Tentu entrepeneur tidak mau mengalami hal ini sehingga entrepreneur harus termotivasi lagi untuk bekerja.


Ketiga, entrepreneur harus yaking bahwa kegagalan ini adalah bagian dari proses yang harus dilewati setiap entrepeneur. Tidak mungkin entrepeneur akan sukses langsung tanpa melewati rintangan yang memang sudah pasti ketika memilih menjadi entrepeneur. Yang keempat adalah terus belajar dari orang-orang sukses. Banyak motivasi dari mereka yang nantinya akan menimbulkan motivasi juga dalam diri sendiri.


Kelimat, terus lah berdoa dan ikhlas. Kedua hal ini menjadi penting bagi pembentukan self motivation setiap entrepeneur karena semuanya harus diserahkan kepada Allah SWT. Seringkali entrepreneur sukses menyatakan bahwa I’ve done the best and the rest is Allah’s power. So... ini menjadi motivasi diri yang luar biasa bagi setiap entrepreneur karena bisnis itu tidak gampang dan membutuhkan kerja keras dan motivasi memegang peranan penting.... salam juara....
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Motivasi Diri
Motivasi Diri
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgah2KAJCMD2lWSq_GjcajgZ4dI8Xz7WTvwsFht2iTu-FUTZNjNVm08Je4VVYlEHLYje_opb7WLFp40KMB5UG05i2cMA7mn4EjjtRwq547NOB9IpMFL8GS9kctoZhH5ClXRdIi7MBnS71k/s320/7cb21de6a3136387c71eb07ff2d7ac58.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgah2KAJCMD2lWSq_GjcajgZ4dI8Xz7WTvwsFht2iTu-FUTZNjNVm08Je4VVYlEHLYje_opb7WLFp40KMB5UG05i2cMA7mn4EjjtRwq547NOB9IpMFL8GS9kctoZhH5ClXRdIi7MBnS71k/s72-c/7cb21de6a3136387c71eb07ff2d7ac58.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/11/motivasi-diri.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/11/motivasi-diri.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content