Business Process Usaha Entrepreneur

“Pak....kenapa profit saya masih kurang ya, padahal penjualan sudah mencapai target yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan?... i...

“Pak....kenapa profit saya masih kurang ya, padahal penjualan sudah mencapai target yang sudah ditetapkan oleh manajemen perusahaan?... itulah pertanyaan ditanyakan kepada saya ketika memberikan materi tentang operation management kepada para entrepreneur muda dari beberapa kampus. Pertanyaan yang sangat sederhana tetapi memiliki makna yang luar biasa ketika seorang entrepreneur ingin mencapai tujuan bisnis mereka. 


Perlu dipahami oleh para entrepreneur bahwa mereka tidak akan bisa menjadi entrepreneur sukses bila tidak memahami konsep bisnis dan lingkungan bisnis. Dalam hal ini, bisnis itu pada dasarnya adalah “Create Money” atau menghasilkan uang berupa profit. Konsep nya adalah TP = TR – TC dimana, total profit itu dihasilkan dari selisih antara total Revenue dengan Total Cost yang dikeluarkan untuk menjalankan proses bisnis, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia. 


Inilah yang pertama kali yang seharusnya dipahami oleh setiap entrepreneur dalam membangun bisnis agar bisa sukses dalam mencapai tujuan bisnis yaitu laba yang didapatkan oleh entrepreneur (profit), memberikan manfaat kepada masyarakat (people), menjaga kelestarian lingkungan alam (planet), berkelanjutan (sustainability) untuk minimal 10 tahun dan juga bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. 


Untuk mencapai tujuan tersebut, jelas, yang menjadi point utama adalah bagaimana setiap entrepreneur bisa mencapai tujuan berupa profit karena dengan profit inilah yang akan menjadi dasar untuk mencapai tujuan bisnis lainnya dimana dengan profit tersebut, dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, menjaga kelestarian alam, jangka panjang dan juga bisnis yang tumbuh dan berkembang tersebut. 


Oleh karena itu, setiap entrepreneur harus fokus kepada pencapaian profit. Hal yang harus diperhatikan oleh setiap entrepreneur untuk mencapai hal tersebut adalah pertama, profitabilitas itu sendiri. Dalam hal ini, manajemen keuangan memegang peranan penting. Kedua adalah total revenue yang berhubungan dengan pemasaran. Tujuannya adalah bagaimana revenue itu meningkat untukmencapai target. 


Akan tetapi, tidak cukup seorang entrepreneur hanya fokus kepada TP dan TR saja. Harus ada satu variable lagi yang harus diperhitungkan yaitu Total Cost (TC). Faktor TC ini dipengaruhi oleh proses bisnis dan juga human resources. Kedua hal inilah yang harus menjadi perhatian pada entrepreneur. 


Menjawab pertanyaan di atas, bagaimana entrepreneur fokus pada proses bisnis atau business process. Hal ini berhubungan dengan proses yang ada di perusahaan mereka yang seringkali disingkat dengan singkatan SIPOC yaitu Supplier, Input, Process, Output dan juga Cosumer. 


Proses inilah yang harus menjadi perhatian dimana setiap aktivitas yang ada dalam perusahaan. Bagaimana meminimalisirkan biaya dan sembari meningkatkan kualitas produk dan layanan. Pada aktivitas yang berhubungan dengan supplier, entepreneur harus mencari supplier yang bisa memberikan barang yang berkualitas dengan harga yang relatif bersaing serta pola pembayaran yang bisa ditahan. 


Pada aktivitas input, bagaimana mengelola transportasi barang dari supplier ke perusahaan yang biayanya minimalis bagi para entrepreneur. Demikian juga dengan proses yang ada dalam perusahaan mereka. Mulai dari bahan baku, produksi dan juga hasil produk yang disimpan di gudang. 


Adapun konsep yang melekat pada output adalah bagaimana setiap entreprenuer “menghantarkan” produk kepada konsumen. distiribusi atas produk yang dihasilkan menjadi kata kunci yang harus diperhatikan agar tidak menambah cost. Oleh karena itu, dikontrol agar tidak ada kesalahan. 


Yang terakhir adalah konsumen dimana barang harus bisa dikonsumsi oleh para konsumen dan membuat mereka puas dan loyal dengan produk, baik berupa barang atau jasa yang diberikan. Bagi entrepreneur muda, proses bisnis ini harus menjadi perhatian (fokus) untuk sukses dalam bisnis. 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Business Process Usaha Entrepreneur
Business Process Usaha Entrepreneur
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipqOnASbA57VIhKnjPlPh-QgGrcGiIx0QcJmuQW_Ru0xSsMcyuAyYq7EXmOJu4VSssMYRaW-5W1F5FjIAplcrp9pa9SbxL9m_J4ne_T1V2MfNWb-D945pkgJDyC06WENhGjqjk8InWwlI/s320/c8cc36fa8f65490ae8ced9ffe28da4f3.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipqOnASbA57VIhKnjPlPh-QgGrcGiIx0QcJmuQW_Ru0xSsMcyuAyYq7EXmOJu4VSssMYRaW-5W1F5FjIAplcrp9pa9SbxL9m_J4ne_T1V2MfNWb-D945pkgJDyC06WENhGjqjk8InWwlI/s72-c/c8cc36fa8f65490ae8ced9ffe28da4f3.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/11/business-process-usaha-entrepreneur.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/11/business-process-usaha-entrepreneur.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content