Bagaimana Menetapkan Harga Produk

Assalamualaikum wr. Wb.   Terima kasih atas kesempatan memberikan pertanyaan dalam rubrik yang Kang Meriza kelola ini. rubrik ini sanga...

Assalamualaikum wr. Wb. 
Terima kasih atas kesempatan memberikan pertanyaan dalam rubrik yang Kang Meriza kelola ini. rubrik ini sangat penting dalam memberikan peningkatan knowledge kami sebagai entrepreneur yang berkeinginan untuk menumbuhkembangkan bisnis saat ini dan yang akan datang.

Ada satu masalah yang saya hadapi berhubungan dengan penetapan harga dari jasa yang saya tawarkan kepada konsumen. Selain menjalankan bisnis rutin berupa digital printing, saya juga menjalankan bisnis berupa jasa pembuatan software yang dibutuhkan oleh banyak orang dan perusahaan.


Selama ini, saya seringkali ditanya ketika membuat satu program, berapa harga yang saya tetapkan untuk program tersebut. Menurut saya, harga yang saya tawarkan sudah bagus dan sesuai dengan kualitas produk yang saya hasilkan. Akan tetapi, seringkali saya mendapatkan tanggapan bahwa produk yang saya tawarkan mahal.

Hal ini membuat saya merasa kok harga produk saya ditanggapi kurang baik oleh para konsumen? Saya kecewa dengan tanggapan konsumen tersebut dan membuat saya berfikir, apa yang salah dengan penawaran saya ini? Harapan saya adalah produk saya tersebut bisa diterima dengan  harga yang sesuai dengan kualitas produk yang sudah saya buat.

Oleh karena itu, saya mohon saran dari akang tentang permasalahan yang saya hadapi ini. dimana letak salah saya? Terima kasih atas tanggapan yang akang berikan.
Hormat saya,
Viky, Cimahi.

Waalaikum salam
Pa kabar Viky? Semoga kabarnya sehat dan terus sukses dalam bisnisnya. Komitmen viki untuk maju sangat luar biasa dan teruslah belajar, belajar dan belajar dari kondisi yang dihadapi karena itulah faktor yang utama dalam membangun a knowledge based young entrepreneur dalam setiap bisnis kita. Belajar itu tidak harus selalu hanya membaca tulisan, teori dan lain-lain. Akan tetapi, lebih kepada bagaimana belajar dari pengalaman sehingga dapat diambil pelajaran dan melakukan perbaikan terus menerus.

Permasalahan penetapan harga dalam setiap produk yang ditawarkan oleh entrepreneur adalah masalah klasik. Jadi, wajar Viky menghadapi masalah tersebut. Ada dua hal yang perlu diperhatikan ketika kita menetapkan harga. Yang pertama adalah kita harus mengetahui siapa pasar kita. Market adalah tujuan dari produk kita karena market lah yang memiliki uang setiap entrepreneur.

Konsep segmentasi dan targetting harus jelas untuk setiap entrepreneur. Apakah pasar kita itu dalam skala menengah bawah atau menengah atas. Ini penting agar jelas kesesuaian antara yang disyaratkan oleh pasar dengan apa yang kita tawarkan.

Yang kedua adalah bagaimana menentukan harga. Saya melihat yang paling utama diperhatikan adalah struktur biaya (cost structure) dalam produk tersebut. Ini penting agar kita mengetahui faktor mana yang bisa kita kelola dalam biaya tersebut. struktur biaya ini bisa juga dilihat dari pasar atau pesaing lainnya.

Kemudian, dilihat strategi penetapan harga yang diantaranya adalah apakah market price dimana penetapan harga berdasarkan harga pasar. Disini, entrepreneur bisa menetapkan harga dibawah pasar, sama denganpasar atau di atas harga pasar. Lain lagi kalau strategi mark up dimana harga ditetapkan dengan menambah 10 atau 20 persen dari total biaya untuk memproduksi. Strategi lainnya adalah psychology price.

Itulah dua hal yang perlu diperhatikan untuk menetapkan harga sehingga didapatkan harga yang tepat bagi produk yang kita jual.   

Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Bagaimana Menetapkan Harga Produk
Bagaimana Menetapkan Harga Produk
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOj4JHxSagC5EXRBafEkw-qufd5BOiRNzxJXjDd-L8CsymgNGQZAfhsklfVrh7fkPNDnyXLfGSD2pKmBzL9kY8JcjzmJmTILew51uCUYfIuQfUexC_dif-ier9G-cx2tvY8FSwXslDD-A/s1600/SMC.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOj4JHxSagC5EXRBafEkw-qufd5BOiRNzxJXjDd-L8CsymgNGQZAfhsklfVrh7fkPNDnyXLfGSD2pKmBzL9kY8JcjzmJmTILew51uCUYfIuQfUexC_dif-ier9G-cx2tvY8FSwXslDD-A/s72-c/SMC.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/10/bagaimana-menetapkan-harga-produk.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/10/bagaimana-menetapkan-harga-produk.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content