Optimasi Sumber daya dalam Membangun Bisnis

“Bisnis itu adalah mengelola sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk mencapai tujuan...” itulah yang harus menjadi perhatian para en...

“Bisnis itu adalah mengelola sumber daya yang ada dalam perusahaan untuk mencapai tujuan...” itulah yang harus menjadi perhatian para entrepreneur ketika sudah memilih untuk menjadi seorang entrepreneur dalam hidup ini. Ada konsep sumber daya yang harus dikelola secara efektif dan efisien.

Akibatnya adalah menjadi entrepreneur itu tidak boleh main-main karena untuk seorang entrepreneur harus mengetahui dan memahami dan menerapkan konsep bisnis dan ingkungan bisnis pada apa yang mereka jalankan. Konsep bisnis dimana create money dan juga lingkungan bisnis yang terdiri dari lingkungan internal dan juga lingkungan eksternal yang selalu mengalami perubahan, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan juga mengalami turbulensi yang berdampak kepada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. 


Ketika bisnis itu sudah dijalankan, ada lagi tantangan yang harus dilewati yaitu bagaimana bisnis tersebut bisa tumbuh dan berkembang dan juga sustainable dimana bisnis bisa bertahan untuk jangka panjang, minimal 10 tahun. Inilah yang membuat dasar ketika seorang entrepreneur harus mengetahui, memahami, menghayati dan juga menerapkan manajemen dalam bisnis mereka.
           
Sumberdaya Seorang Entrepreneur
Ada yang seringkali dinyatakan oleh para calon entrepreneur yaitu bagaimana mereka selalu mempertanyakan kalau mau berbisnis itu membutuhkan uang sebagai modal untuk memulai dan bahkan mengembangkan bisnis itu sendiri. Kalau tidak ada modal, maka bisnis itu tidak bisa dijalankan. Akan tetapi, perlu bagi entrepreneur untuk memahami bahwa modal itu bukanlah satu-satunya sumber daya yang bisa digunakan untuk memulai dan menumbuhkembangkan bisnis mereka.

Entrepreneur tentu mengenal konsep 5M sebagai sumber daya dalam bisnis mereka. apa saja itu? Man, money, machine, method dan material. Seiring dengan perubahan lingkungan bisnis itu sendiri, sumber daya perusahaan tersebut terus bertambah.

Man... sumber daya ini berhubungan dengan manusia yang dimiliki oleh karyawan. Man ini sangat penting karena saat ini, berperan sebagai “capital” bagi perusahaan yang juga memiliki value. Man ini akan sangat penting ketika dihubungkan dengan talent/bakat, knowledge/pengetahuan, skill/keterampilan dan attitude/sikap serta morale (keyakinan/disiplin/antusiasme) yang dimiliki oleh setiap karyawan. Dalam hal ini, tidak hanya berhubungan dengan jumlah saja.

Money merupakan sumber daya yang berupa uang yang memang digunakan oleh para entrepreneur untuk memulai usaha dan juga menumbuhkembangkan bisnis itu sendiri. Dalam hal ini, statement bahwa bisnis itu bisa dengan modal dengkul, kurang bisa diterima. Selalu bisnis itu membutuhkan uang, yang membedakannya adalah jumlah uang yang dibutuhkan, apakah itu dalam jumlah kecil, menengah atau besar. Hal ini relevan dengan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh para entrepreneur yaitu having adequate capital.

Machine adalah sumber daya yang ketiga bagi para entreperneur dalam menjalankan bisnis. Machine ini relevan dengan teknologi yang digunakan dalam bisnis mereka dan bahkan, saat ini, teknologi menjadi salah satu sumber competitive advantage untuk memenangkan persaingan.

Method.... berhubungan dengan “how” yang digunakan oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya method, bisnis seorang entrepeneur akan bisa “berjalan sendiri” dimana bisnis tersebut tidak lagi mendasarkan kepada diri para entrepreneur, tetapi lebih kepada sistem ada. Setiap orang akan bekerja untuk mencapai tujuan sesuai dengan method yang berbentuk SOP.

M yang terakhir adalah material yaitu bahan baku yang digunakan dalam setiap bisnis entrepreneur. Material ini relevan dengan kualitas, kuantitas dan juga harga serta pola pembayara kepaa para supplier.

Akan tetetapi, selain 5M tadi juga berkembang seiring dengan perubahan lingkungan bisnis seperti market atau pasar, minute atau waktu yang dimiliki oleh setiap entreperneur serta informasi. Inilah yang harus dikelola secara optimal oleh para entrepeneur Bandung agar bisa terus mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainable serta tumbuh dan berkembang. Sukses buat kita semua.... 


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,158,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Financial Literacy,15,Foto,221,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1679,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,14,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,611,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Optimasi Sumber daya dalam Membangun Bisnis
Optimasi Sumber daya dalam Membangun Bisnis
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5-KoIb_SVg3cnC_UtH5LHC5KKFhh1-9vcrRBVMchFzndn_OKA-Ajmev9kpJjp84yVOavWjw_gSCxrAHumrD8I4qnyR4SE1UncuwX9YebEe90Ic9uYnt0PaNXVmfQPce3GZURDuPoFO3Pl/s320/bisnis+resources.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg5-KoIb_SVg3cnC_UtH5LHC5KKFhh1-9vcrRBVMchFzndn_OKA-Ajmev9kpJjp84yVOavWjw_gSCxrAHumrD8I4qnyR4SE1UncuwX9YebEe90Ic9uYnt0PaNXVmfQPce3GZURDuPoFO3Pl/s72-c/bisnis+resources.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/08/optimasi-sumber-daya-dalam-membangun.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/08/optimasi-sumber-daya-dalam-membangun.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content