SINERGI MEMBANGUN WUB JABAR

Meriza Hendri   Ada satu yang menarik ketika dilaksanakan rapat persiapan kegiatan Gelar 1000 Produk Wirausaha Baru Jawa Barat pada minggu ...


Meriza Hendri
 
Ada satu yang menarik ketika dilaksanakan rapat persiapan kegiatan Gelar 1000 Produk Wirausaha Baru Jawa Barat pada minggu ini di Kantor Dinas KUMKM Jawa Barat yang dipimpin oleh Bapak Dudi, Kepala Dinas KUMKM Jawa Barat dan diikuti oleh perwakilian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Jawa Barat, Perguruan tinggi yaitu ada Unpad, ITB, Unpar, Univ. Widyatama, HIPMI Jabar, KADIN Jabar, GIMB Foundation, Perusahaan yaitu ada PT Telkom, PT Len Industri serta media yaitu Bandung TV serta Bank BJB.
 
Rapat yang sejatinya membahas tentang persiapan kegiatan Gelar produk seribu wirausaha baru Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada hari Minggu, 20 Maret 2016 tersebut memang melibatkan stakeholders dari berbagai bidang dan pastinya diharapkan mampu menampilkan bagaimana perkembangan bisnis yang dijalankan oleh para wirausaha baru Jawa Barat yang sebagian besar adalah bagian dari program pencetakan seratus ribu wirausaha baru Jawa Barat yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan sejak tahun 2014.
 
Kekuatan yang dimiliki oleh masing-masing stakeholders dalam konteks pengembangan wirausaha ini perlu menjadi perhatian khusus karena ini adalah sebuah aktivitas besar yang dilakukan oleh banyak pihak untuk mencetak wirausaha muda sukses dan diharapkan mampu memberikan value kepada masyarakat Jawa Barat pada khususnya dan anak muda Indoonesia pada umumnya dimana mereka juga sudah mulai tertarik dan berminat untuk menjadi wirausaha.
 
Ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian yaitu pertama, Dinas KUMKM perlu membentuk sebuah forum yang bersifat informal untuk menjadi wadah dalam mengkomunikasikan berbagai hal yang berhubungan dengan bagaimana mencetak wirausaha baru Jawa barat tersebut. Tentu hal ini adalah bagian dari tujuan jangka pendek dalam pembangunan wirausaha di Jawa Barat, akan tetapi bisa menjadi tujuan jangka panjang karena akan berhubungan dengan bagaimana pencetakan wirausaha yang tidak berbatas pada program saja.
 
Terlihat bagaimana akademisi, perusahaan, komunitas, media dan perbankan yang concern dalam pengembangan wirausaha untuk bisa menjadi bagian dari program pembangunan bangsa ini. keberadaan forum komunikasi ini menjadi wadah yang dapat mengkomunikasikan program yang dijalankan oleh masing-masing stakeholders serta kendala yang dihadapi. Belum lagi peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan secara bersama sehingga wirausaha yang dibina akan dapat merasakan benefit dari program yang dijalankan. Dinas KUMKM bisa menjadi leader dalam forum komunikasi ini karena memang ditunjuk sebagai coordinator dalam program pencetakan 100.000 wirausaha baru Jawa barat.
 
Yang kedua adalah bagaimana memanfaatkan teknologi informasi yang selama ini dikembangkan oleh Dinas KUMKM Jawa Barat. Teknologi informasi menjadi alat yang dapat menjembatani seluruh stakeholders dalam  pengembangan wirausaha yaitu akademisi, perusahaan, pemerintah, komunitas, perbankan dan media.
 
Yang ketiga adalah perlunya menggali potensi yang dimiliki oleh stiap stakeholders dalam konteks pengembangan wirausaha. Potensi yang bersifat tangible maupun yang intangible perlu menjadi hal yang strategis karena akan berhubungan dengan bagaimana semuanya diakumulasikan untuk kemajuan pencetakan wirausaha baru yang sukses dalam berbisnis.
 
Lihat saja bagaimana potensi pemerintah dengan peluang pameran serta bagaimana mempermudah hal-hal yang berhubungan dengan kebijakan untuk para wirausaha. Demikian juga peluang dari program CSR dan PKBL perusahaan, kegiatan yang diselenggarakan komunitas bisnis sampai dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh akademisi. Semuanya adalah potensi dan harus disinergikan untuk menjadi sebuah kekuatan besar dalam kerangka mencetak wirausaha baru sukses.
 
Oleh karena itu, sudah waktunya dalam konteks tahun ketiga program Pencetakan Wirausaha Baru Jawa Barat yang digagas oleh Gubernur Ahmad Heryawan untuk fokus meningkatkan dan mengoptimasi potensi dari akademisi, perusahaan, pemerintah, komunitas, perbankan dan media dalam peningkatkan kualitas wirausaha di Jawa Barat. Sinergisitas stakeholders tersebut adalah sebuah kebutuhan. …..
 
 
Meriza Hendri, founder STRABIZ Management Consulting, GIMB Foundation ,
 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SINERGI MEMBANGUN WUB JABAR
SINERGI MEMBANGUN WUB JABAR
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2016/03/sinergi-membangun-wub-jabar.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2016/03/sinergi-membangun-wub-jabar.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content