SUDAH MEMBUAT ANGGARAN PERUSAHAAN 2016?

Bulan ini sudah memasuki November 2016 dan sebagai seorang entrepreneur, tentu harus menyadari arti penting bulan ini untuk keberlangs...

Bulan ini sudah memasuki November 2016 dan sebagai seorang entrepreneur, tentu harus menyadari arti penting bulan ini untuk keberlangsungan bisnis mereka. Seringkali ditemui bahwa tidak semua entrepreneur menyadari makna bulan yang sudah memasuki akhir tahun 2015. Apa itu? Bagaimana entrepreneur menyiapkan anggaran perusahaan tahun 2016 yang pastinya akan menghadapi lebih besar tantangan dalam mencapai keberhasilan bisnis yaitu competitive advantage sehingga kinerja perusahaan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis  yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Hal mendasar yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur adalah jalannya perusahaan itu harus berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang sejatinya dibuat diakhir tahun agar bisa dijalankan pada tanggal 1 Januari 2016. RKAP ini membutuhkan perhatian khusus dari setiap entrepreneur agar bisa mendesain kinerja perusahaan berbasis kepada keuangan yang diterjemahkan kepada aktivitas pemasaran, proses bisnis dan juga sumber daya manusia.


Waktu yang tepat untuk mempersiapkan pembuatan RKAP ini adalah pada bulan November 2015 dimana masih ada satu bulan lagi yaitu Desember untuk menganalisis anggaran yang akan dijalankan tahun depan. Oleh karena itu, seorang entrepreneur perlu melakukan beberapa hal yang akan dijadikan sebagai fondasi untuk membuat anggaran perusahaan.

Pertama, entrepreneur kembali lagi menganalisis visi dan misi perusahaan yang mereka jalankan. Hal ini adalah gambaran besar dari perusahaan dengan analisis mau kemana entrepreneur membawa perusahaan tersebut. Kejelasan visi dan misi adalah fondasi dalam menjalankan perusahaan untuk 5 – 10 tahun yang akan datang bagi setiap entrepeneur. Tidak bisa dipungkiri bahwa visi dan misi adalah arahan jangka panjang bagi setiap perusahaan.

Kedua, entrepreneur perlu melakukan analisis terhadap diri sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal bisnis sehingga akan diketahui posisi diri dan perusahaan di pasar. lingkungan diri sangat berpengaruh kepada bisnis para entrepreneur karena itu sebagian besar perusahaan yang dijalankan entrepeneur sangat tergantung pada diri mereka. Variabel yang mempengaruhi adalah persepsi, learning, motivasi, personality serta sikap selain lingkungan keluarga dan sosial – budaya. Hal ini akan menjadi kekuatan dan kelemahan diri setiap entrepreneur.

Lingkungan internal yang terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, fasilitas serta budaya perusahaan. hal ini juga berhubungan dengan kekuatan dan kelemahan perusahaan milik entrepreneur dan secara objektif harus dianalisis oleh setiap entrepreneur. kemudian, lingkungan eksternal yang terdiri dari lingkungan mikro yaitu konsumen, pesaing, distributor dan supplier. Adapun lingkungan eksternal adalah politik, ekonomi, sosial, budaya, teknologi, geografi dan lingkungan global. Lingkungan eksternal ini harus dianalisis secara detail agar bisa menentukan peluang dan ancaman.

Ketiga, barulah entrepreneur menetapkan tujuan, sasaran dan target penerimaan perusahaan untuk setiap bulan sehingga didapatkan total penerimaan perusahaan selama satu tahun. Target penjualan ini akan dibuat secara detail.
Keempat, membuat anggaran pengeluaran berdasarkan biaya yang berhubungan dengan biaya keuangan itu sendiri berupa biaya modal, biaya pemasaran seperti promosi, biaya operasi mulai dari supplier, input, process, output sampai consumer. Yang terakhir adalah biaya sumber daya manusia selama satu tahun, mulai dari rekrutmen, seleksi, pelatihan dan pengembangan, kompensasi.

Kelima, membuat target profit dari perusahaan untuk satu tahun. Inilah yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dibulan November ini agar RKAP dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat keputusan. Lebih dari itu, anggaran dapat digunakan untuk mengelola biaya perusahaan agar tidak keluar dari anggaran yang sudah ditetapkan oleh entrepreneur itu sendiri.

Terakhir, sebagai seorang entrepreneur, marilah fokus memanfaatkan dua bulan ini untuk membuat RKAP sebab, RKAP adalah bentuk dari perencanaan. Bila entrepreneur gagal membuat perencanaan, maka mereka merencanakan kegagalan dan itu akan juga berlaku bila tidak membuat RKAP, maka perusahaan entrepreneur akan menghadapi kesulitan dalam pengelolaan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia.
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SUDAH MEMBUAT ANGGARAN PERUSAHAAN 2016?
SUDAH MEMBUAT ANGGARAN PERUSAHAAN 2016?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUGHj2JiTyUFguJwcChPZH-0KZUgfuQE2hIKBU-ctcjdxQlEkReUrVarV0GQmJn4MXXNtk6OojgclKMFWnYt0i2J4qZBFeg2FPCHekFP2hggRLstlApfITJD0CTZW1er7MIlU1SDd0OQs/s1600/SNB.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUGHj2JiTyUFguJwcChPZH-0KZUgfuQE2hIKBU-ctcjdxQlEkReUrVarV0GQmJn4MXXNtk6OojgclKMFWnYt0i2J4qZBFeg2FPCHekFP2hggRLstlApfITJD0CTZW1er7MIlU1SDd0OQs/s72-c/SNB.png
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/11/sudah-membuat-anggaran-perusahaan-2016.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/11/sudah-membuat-anggaran-perusahaan-2016.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content