MELAWAN RUTINITAS UNTUK FOKUS KE MEA

Tantangan seorang entrepreneur adalah bagaimana mereka tetap bisa menjaga fokus kepada apa yang terjadi di lingkungan bisnis, khhususnya y...

Tantangan seorang entrepreneur adalah bagaimana mereka tetap bisa menjaga fokus kepada apa yang terjadi di lingkungan bisnis, khhususnya yang akan berdampak besar kepada bisnis. Dampak yang berifat peluang ataupun ancaman sehingga akan mempengaruhi tujuan bisnis itu sendiri yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah dan besar.
Akan tetapi, fokus tersebut dipengaruhi oleh apa yang dilakukan dalam kegiatan sehari-harinya atau yang seringkali disebut dengan rutinitas. Apalagi yang berhubungan dengan kegiatan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta yang relevan dengan lingkungan ekonomi yang saat ini dalam keadaan yang tidak stabil.
Kondisi makro ekonomi yang terdiri dari nilai tukar rupiah yang masih melemah meskipun sejak dikeluarkan paket kebijakan ekonomi pertama sudah mulai membaik meskipun tidak terlalu besar. Kemudian, inflasi yang tinggi. Kondisi ni sudah berdampak kepada penurunan permintaan pasar untuk produk para pelaku usaha. Bahkan rata-rata sudah mencapai 40% penurunannya.
Yang tidak kalah penting lagi adalah sudah terjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK sebanyak 40.000 orang dinegara ini. itu baru yang tercatat. Tentu kondisi-kondisi ini membuat entrepreneur akan terganggu dalam menjalankan bisnis tersebut dan membuat fokus kepada tantangan jangka menengah semakin berkurang, dalam artian bisa jadi lupa dengan tantangan itu sendiri.
Sebagai seorang entrepreneur, tantangan jangka pendek adalah pemberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada tanggal 31 Desember 2015 dimana akan diberlakukan free flow of goods, free flow of service, free flow of people, free flow of investment dan free flow of capital. Hal ini akan menjadi sebuah peluang dan juga ancaman bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Hanya saja, tentu setiap entrepreneur perlu melihat lingkungan di Sembilan negara ASEAN lainnya yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dimana mereka sudah lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA itu sendiri. Bahkan tidak lagi bicara kualitas karena sudah sesuatu yang wajib, mereka sudah fokus kepada pemahaman budaya Indonesia sebagai target utama pasar di ASEAN.
Bagaimana dengan entrepreneur di Indonesia. Tentu ini menjadi tantangan tersendiri dan harus mempersiapkan hard skill serta soft skill dari setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan management system dalam perusahaan mereka agar bisa menghadapi persaingan. Bagaimana dnegan anda? Hmmm…….
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: MELAWAN RUTINITAS UNTUK FOKUS KE MEA
MELAWAN RUTINITAS UNTUK FOKUS KE MEA
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/09/melawan-rutinitas-untuk-fokus-ke-mea.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/09/melawan-rutinitas-untuk-fokus-ke-mea.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content