TUTUP BUKU BULANAN

Hari ini adalah hari Senin dan bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2015 yang pastinya bagi setiap entrepreneur memiliki arti tersendiri d...

Hari ini adalah hari Senin dan bertepatan dengan tanggal 31 Agustus 2015 yang pastinya bagi setiap entrepreneur memiliki arti tersendiri dimana setiap akhir bulan, entrepreneur harus membuat laporan bulanan sebagai bentuk pertanggungjawaban bisnis mereka kepada manajemen dan juga owner. Saya sadar sekali mereka juga menjadi owner dan manajer pada waktu bersamaan, akan tetapi, dalam konteks enterepeneurship, mereka harus bisa berperan ganda.

Salah satunya adalah keputusan yang berhubungan dengan keuangan yang dicerminkan oleh laporan keuangan setiap akhir bulan. Mereka harus tutup buku untuk setiap kegiatan selama sebulan, khususnya kegiatan keuangan dalam perusahaan. tidak bisa dipungkiri ini akan berdampak kepada kinerja perusahaanitu sendiri.

Seringkali orang kurang menyadari bagaimana dampak setiap laporan keuangan yang dimiliki oleh para entrepreneur kalau bisa dikelola dengan baik dan menghasilkan laporan keuangan yang valid dan reliable. Artinya, perusahaan itu akan sangat baik dalam hal pengelolaan dan berdampak luar biasa bagi para entrepreneur, baik untuk saat ini ataupun dalam jangka panjang.

Tutup buku bulanan ini akan berdampak signifikan kepada keputusan bisnis yang akan dibuat oleh entrepreneur. keputusan yang tidak boleh lepas dari TP = TR – TC dimana keputusan yang harus berkontribusi pada peningkatan total profit melalui peningkatan total revenue dan pengurangan total cost perusahaan.

Dengan memiliki konsep bisnis yang jelas untuk mencapai profit, laporan keuangan setiap bulan itu akan membantu entrepreneur menggapai sukses dengan lebih mudah. Kondisi perusahaan dalam hal tingkat profitabilitas seperti Return on Investment, Return on Asset, Return on Equity dan indikator lainnya juga bisa diketahui. Jelas ini sangat penting bagi entrepreneur dan tinggal dibandingkan antara bulan sebelum dan sesudahnya.

Dalam aspek pemasaran, juga akan tercermin bagaimana tingkat penjualan produk yang dipasarkan oleh para entrepreneur. jumlah penjualan, harga penjualan akan tercermin pada revenue perusahaan yang ditampilan dalam laporan keuangan. Tidak bisa dipungkiri bahwa ini akan sangat penting bagi entrepreneur untuk sukses.

Demikian juga dengan pengeluaran atas biaya operasional perusahaan, baik yang berhubungan dengan operasi dan juga sumber daya manusia. Ini akan menjadi penting bagi entrepreneur karena setiap keputusan harus didukung oleh informasi yang valid dan reliable bagi entrepreneur sehingga akan didapatkan keputusan yang optimal dan berkontribusi pada peningkatan TP = TR – TC. So, sudah saatnya entrepreneur fokus pada laporan keuangan perusahaa dan akhir bulan itu kudu tutup buku.
 
 
Oleh Meriza Hendri
Tulisan ada di www.gimbers.com 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: TUTUP BUKU BULANAN
TUTUP BUKU BULANAN
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/tutup-buku-bulanan.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/tutup-buku-bulanan.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content