TUJUAN DAN BRAIN

Sebagai seorang entrepreneur, mengelola otak menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki agar terus bisa konsisten menjadi entrepreneur su...

Sebagai seorang entrepreneur, mengelola otak menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki agar terus bisa konsisten menjadi entrepreneur sukses dalam rangka mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil menengah dan besar. Tetap harus fokus kepada tujuan yang sudah ditetapkan.

Ketika belajar tentang brain management, saya merasakan bagaimana kekuatan tujuan yang sudah ditetapkan oleh para entrepreneur bisa menjadi bagian dari proses braing management itu sendiri. Hal ini diperkuat oleh buku Seven Habit yang menyatakan start from the end dimana sejatinya seorang entrepreneur itu harus bisa memulai dari tujuan akhir dulu agar bisa menjalankan bisnis dengan baik dan mencapainya secara optimal. Tidak bisa dipungkiri kalau entrepreneur harus benar-benar fokus kepada tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Lalu, bagaimana dengan brain atau otak itu sendiri? Otak menurut saya melakukan sebuah proses panjang dan ketika seorang entrepreneur sudah bisa membuat tujuan yang jelas, maka itu akan menjadi mindset atau sikap mental dalam diri mereka dalam aktivitas sehari-hari. Tidak boleh dipandang remeh karena berhubungan dengan bagaimana mereka sel-sel otak yang saling berhubungan.

Inilah kekuatan yang harus dimanfaatkan oleh para entrepreneur dalam berbisnis yaitu kekuatan otak. Hanya saja, seorang entrepreneur perlu sadar bahwa otak itu juga bisa tumpul karena banyak hal dan salah satunya adalah bagaimana entrepreneur tidak fokus pada satu tujuan.

Hal ini harus disadari oleh para entrepreneur dalam berbisnis karena akan menentukan kualitas pemikiran mereka. Kalau dihubungkan dengan tujuan tadi, sudah sejatinya seorang entrepreneur mampu membuat tujuan yang specific yaitu sangat detil. Semakin spesifik akan semakin berarti tujuan tersebut. Aspek kedua dalam tujuan adalah terukur atau measurable. Hal ini penting bagi entrepreneur dalam tujuan mereka karena akan menjadi bahan evaluasi dan kontrol. Banyak orang tidak mampu membuat tujuan bisnis nya secara terukur sehingga mengalami kendala di evaluasi.

Aspek ketiga berhubungan dengan attainable. Apakah tujuan tesebut bisa dicapai. Dalam hal ini, entrepreneur harus memperhatikan kemampuan mereka untuk mencapainya atau tidak. Hal ini akan mempengaruhi otak juga. Jangan dipaksakan. Aspek keempat adalah membuat tujuan yang realistic.  Tentu berhubungan dengan melihat kondisi lingkungan disekitar para entrepreneur apakah ada dukungan atau tidak.

Yang terakhir berhubungan dengan time table dimana entrepreneur dituntut untuk bisa menyelesaikan sesuai dengan jadwal yang ada sehingga menuntun para entrepreneur dalam setiap aktivitas untuk mencapai tujuan mereka.
So, saatnya entrepreneur mulai peduli dengan tujuan dari setiap aktivitas bisnis mereka.   
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: TUJUAN DAN BRAIN
TUJUAN DAN BRAIN
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/tujuan-dan-brain.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/tujuan-dan-brain.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content