GES PAGI; DESAIN BUSINES MODEL

Kemaren pagi, siswa GIMB Entrepreneur School fokus belajar tentang bagaimana mendesain bisnis mereka dengan menggunakan model bisnis canva...

Kemaren pagi, siswa GIMB Entrepreneur School fokus belajar tentang bagaimana mendesain bisnis mereka dengan menggunakan model bisnis canvassing. Ini adalah bagian dari aktivitas bisnis yang cukup berat karena seringkali para entrepreneur kurang aware dengan apa yang mereka jalankan dan kembangkan dalam bisnis. Akibatnya, tentu membuat bisnis mereka seolah-olah menjadi terbengkalai dan tidak memiliki arahan yang jelas.

"saya pernah belajar business modeling, kang Meriza" kata Dian, salah seorang siswa GIMB Entrepreneur School (GES) ketika menjelaskan model ini. Saya sudah menerapkan dalam bisnis saya akan tetapi, perlu ditajamkan lagi karena belum terasa dampaknya secara siginifikan dalam bentuk kenaikan bisnisnya.

Lain lagi dengan Sofie yang memilih bisnis lembaga pendidikan bahasa asing, baik bahasa Inggris maupun bahasa Jerman yang memang disukainya. Model bisnis canvas ini dikembangkan sendiri setelah mendapatkan materi dari guru di GIMB. "saya kembangkan sendiri untuk bisnis saya dan rasanya, sudah mulai kebayang bisnis yang saya miliki" katanya.

Memang business canvas model mulai dikembangkan oleh teman-teman GIMB entrepreneur School untuk para siswa dengan tujuan untuk menyederhanakan kerangka berfikir mereka dan membuat mereka mampu untuk berfikir strategic atau strategic thinking dalam mencapai tujuan perusahaan. model ini disesuaikan dengan bisnis masing-masing dan karakternya akan terlihat dari proses bisnis yang mereka miliki.

Akan tetapi, perlu adanya pendampingan bagi para entrepreneur dalam berbisnis untuk membuat model ini. Kegagalan para entrepreneur dalam memahami setiap bagian dalam model tersebut akan berdampak kepada kualitas bisnis yang mereka jalankan. Tidak bisa dipungkiri bahwa itu bisa saja terjadi dalam bisnis mereka. Inilah yang harus diselesaikan oleh para entrepreneur.

"saya fokus dalam mengembangkan model ini dan kemudian saya tambahkan dengan kerangka berfikir strategic agar mereka memiliki pemahaman yang lebih mendalam" kata Meriza yang merupakan salah satu founder GIMB Foundation. Strategic thinking memang menjadi materi pokok bagi para entrepreneur dalam berbisnis saat ini dan diajarkan oleh GIMB sebagai sekolah entrepreneur.

"Lanjutan dari Canvass business model ini adalah balanced scorecard" kata Meriza sehingga entrepreneur mampu membuat kerangka berfikir bisnis yang lebih detail untuk bisnis masing-masing dan dapat dijadikan sebagai dasar untuk membuat keputusan bisnis setiap entrepreneur karena sejatinya, tugas entrepreneur itu dalam menjalankan bisnis adalah membuat keputusan bisnis yang profitable, planet, people, sustainable serta tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.  

Oleh Meriza Hendri
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: GES PAGI; DESAIN BUSINES MODEL
GES PAGI; DESAIN BUSINES MODEL
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/ges-pagi-desain-busines-model.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/08/ges-pagi-desain-busines-model.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content