NOMOR SATU ATAU NOMOR DUA ATAU TIDAK SAMA SEKALI

                       Beberapa waktu lalu, saya sempat menghadiri pelatihan entrepreneurship kepada anak muda, para pengusaha yang b...

                      

Beberapa waktu lalu, saya sempat menghadiri pelatihan entrepreneurship kepada anak muda, para pengusaha yang berasal dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat dalam program Wirausaha Baru Jawa Barat. Memang waktu yang diberikan kepada saya hanya dua sesi, dan membahas tentang konsep entrepreneurship dan bagaimana mereka mengembangkan bisnis.

Akan tetapi, meskipun mereka sudah menjalankan bisnis dan mengikuti program Wirausaha baru Jawa Barat adalah bagian dari pengembangan bisnis mereka, saya menemukan bahwa mereka sangat lemah dalam mental untuk menjadi juara dalam bisnis yang mereka jalankan. Hmmmmmm… saya sangat kaget dengan fakta yang saya temukan tersebut. Tidak hanya dari ucapan saja, akan tetapi, dari aspek gambaran aktivitas bisnis nya juga.


Temuan yang luar biasa “mengejutkan” karena sungguh menyedihkan karena akhir tahun ini, Indonesia akan memberlakukan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tepatnya tanggal 31 Desember 2015. Berdasarkan pengamatan saya, entrepreneur muda di negara-negara ASEAN sudah mempersiapkan berbagai hal untuk menggapai kesuksesan bisnis. Mereka sudah belajar bahasa Indonesia, mempersiapkan produk berkualitas, mengenal lebih dalam perilaku konsumen dan lain-lain.

Tentu bertolak belakang dengan apa yang dimiliki oleh teman-teman entrepreneur di  Jabar. Saya langsung memberikan ilustrasi kepada teman-teman entrepreneur yang mengikuti pelatihan. Pernyataan dari Jack Welch, mantan CEO General Electric, pernah menyatakan konsep dirinya dalam berbisnis yaitu Menjadi nomor satu, atau nomor dua atau tidak sama sekali….

Inilah pernyataan yang sangat mengagumkan dari seorang CEO yang mampu memimpin perusahaan selama 20 tahun dan berhasil menempatkan GE menjadi perusahaan global yang sukses. Inilah yang menjadi dasar saya memberikan sharing kepada teman-teman entrepreneur muda, yang sejatinya seorang entrepreneur harus mampu menjadi juara atau dalam konteks menjadi competitive advantage dalam lingkungan bisnis yang sudah mengalami hypercompetition.

Kalau dicermati, memang iya, bahwa seorang juara sejati itu dia akan menempati posisi pertama atau yang kedua dan saya juga merasakan bahwa ketiak entrepreneur memiliki mindset seperti itu, seluruh sumber daya dalam diri entrepreneur dan juga sumber daya dalam perusahaan serta bahkan sumber daya dari ekternal perusahaan juga diarahkan untuk mencapai posisi juara ini.

Mindet ini perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis dalam kerangka mereka ingin memiliki competitive advantage. Yang kedua adalah bagaimana setiap entrepreneur harus fokus dalam bisnis untuk mencapai sukses. Jangan pernah melakukan dua hal yang berbeda karena itu membuat tidak fokus. Hasilnya? Tentu tidak akan optimal.

Ketiga adalah bagaimana entrepreneur fokus meningkatkan kapabilitas organisasi mereka, khususnya yang berhubungan dengan keuangan, pemasaran, operasi dan sumber day amanusia. Kapabilitas ini berhubungan dengan knowledge dan skill yang memang menjadi faktor penentu dlaam pengelolaan sumber daya dalam perusahaan tersebut.

Harapannya, dengan fokus tadi juga akan memiliki distinctive capabilitiy yang berbeda dengan pesaing sehingga mampu memberikan kualitas perusahaan yang lebih unggul. Oleh karena itu, entrepreneur harus terus belajar tentang manajemen untuk perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan entrepreneur itu akan membutuhkan manajemen ketika ingin tumbuh besar. Jadi, relevan sekali dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diikuti oleh wirausaha dalam bisnis mereka di program WUB tersebut.


So, saatnya kembali ke fokus inti, dengan membuat bisnis menjadi nomor satu, atau nomor dua, atau tidak sama sekali… SALAM JUARA…

Tulisan ada di www.juaranews.com
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: NOMOR SATU ATAU NOMOR DUA ATAU TIDAK SAMA SEKALI
NOMOR SATU ATAU NOMOR DUA ATAU TIDAK SAMA SEKALI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgX0Zxk54ultnq4ZNsbmONGMo_FBICVjQOcVt3KWtFeZabBxmqo3tInnImqHhILiGuwtnCfH2aiibgd8fPtsdXnBIHWUJhi9gAGhYy2fjx3_7L3JudxU06K5Qj8c8-y5blQQafrN2wgKXI/s200/logo+juaranews.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgX0Zxk54ultnq4ZNsbmONGMo_FBICVjQOcVt3KWtFeZabBxmqo3tInnImqHhILiGuwtnCfH2aiibgd8fPtsdXnBIHWUJhi9gAGhYy2fjx3_7L3JudxU06K5Qj8c8-y5blQQafrN2wgKXI/s72-c/logo+juaranews.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/07/nomor-satu-atau-nomor-dua-atau-tidak.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/07/nomor-satu-atau-nomor-dua-atau-tidak.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content