PEMAHAMAN TERHADAP KEUANGAN

Kelas Entrepreneurship yang saya ajar kemaren cukup berbeda dengan kelas yang biasanya karena berhubungan dengan manajemen keuangan yang ...

Kelas Entrepreneurship yang saya ajar kemaren cukup berbeda dengan kelas yang biasanya karena berhubungan dengan manajemen keuangan yang memang seharusnya dimiliki oleh setiap entrepreneur. Banyak entrepreneur yang sudah memiliki bisnis dan menjalankannya dalam waktu yang cukup lama, masih kurang memiliki pemahaman yang baik terhaap manajemen keuangan.

Hal ini terlihat pada kuliah yang diberikan hari ini. Beberapa teman-teman yang masuk di kelas sudah memiliki bisnis yang dijalankan selama belasan tahun, belum memiliki pemahaman yang baik terhadap manajemen keuangan yang seharusnya sudah dimiliki oleh bisnis mereka. Konsep-konsep dasar tentang manajemen keuangan belum dikuasai dengan baik.



Apa akibatnya? saya sendiri cukup miris mengetahui kondisi ini karena seharusnya inilah yang harus mereka ketahui, pahami, hayati dan jalankan dalam setiap aktivitas bisnis mereka agar bisa mencapai tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang dalam skala bisnis yang mikro, kecil, menengah dan besar. inilah yang harus dicapai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis.

Akibatnya adalah bagaimana entrepreneur tidak bisa memiliki kualitas bisnis sesuai dengan tujuan mereka. Tidak akan tercapai competitive advantage dalam setiap bisnis entrepreneur. Hal ini harus dimulai dengan pemahaman akan keuangan bisnis mereka, karena jelas Total Profit itu dihasilkan dari total revenue dikurangi dengan total cost dalam setiap bisnis entrepreneur.

Untuk membuat pemahaman yang baik dari setiap entrepreneur, bisa dimulai dari memetakan setiap aktivitas bisnis yang ada dalam bisnis mereka. Hal ini penting agar entrepreneur menyadari dan memahami bahwa bisnis mereka itu sangat tergantung kepada keuangan perusahaan. Tidak ada pengecualian untuk keuangan bisnis.

Kemudian, memberikan pengetahuan akan anggaran yang ada dalam perusahaan mereka. Pengetahuan tentang revenue dan biaya yang dikeluarkan dalam bisnis akan membuat bisnis mereka lebih baik. karena setiap keputusan itu berasal dari kondisi keuangan perusahaan. oleh karena itu, membuat anggaran akan membuka mata setiap entrepreneur.

Selanjutnya adalah membuat pencatatan dari setiap transaksi bisnis yang ada dalam bisnis mereka. akuntansi memegang peranan penting bagi setiap entrepreneur dan inilah yang harus dilakukan yaitu bagaimana membuat catatan transaksi dan pada akhirnya bisa membuat laporan keuangan berupa neraca, laporan laba rugi, perubahan modal sampai perubahan modal.

Inilah yang harus dipahami secara baik oleh setiap entrepreneur dalam menjalakan bisnis yang sudah dipilih. Harapannya adalah bisnis mereka akan jauh lebih baik dan lebih terukur dalam pencapaian target yang sudah ditetapkan oleh manajemen. tidak ada alasan bagi entrepreneur untuk tidak memahami keuangan karena keuangan adalah jantungnya perusahaan. ingat, bisnis itu adalah create money berupa profit yang harus didapatkan oleh setiap entrepreneur.

Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: PEMAHAMAN TERHADAP KEUANGAN
PEMAHAMAN TERHADAP KEUANGAN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl9KnLrSC1Msb_qyUZdV-yAfMIItG4T5RknCDUu2DzObcGLRmX-6GJ1BM6587xNzNvktFXSZwgbaidjOvi9fP8j2LO5dKtcFM1260rYFuccCGnkbetBCv1r37vB_hP5rzRp5pKR1b4IfI/s400/logo+strategi+dan+bisnis.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgl9KnLrSC1Msb_qyUZdV-yAfMIItG4T5RknCDUu2DzObcGLRmX-6GJ1BM6587xNzNvktFXSZwgbaidjOvi9fP8j2LO5dKtcFM1260rYFuccCGnkbetBCv1r37vB_hP5rzRp5pKR1b4IfI/s72-c/logo+strategi+dan+bisnis.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/06/pemahaman-terhadap-keuangan.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/06/pemahaman-terhadap-keuangan.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content