PELATIHAN WUB 2015 DINAS UMKM DIMULAI

Minggu ini adalah minggu yang sangat special bagi para wirausaha baru Jawa Barat karena setelah mengikuti riuhnya peringatan Konferensi...


Minggu ini adalah minggu yang sangat special bagi para wirausaha baru Jawa Barat karena setelah mengikuti riuhnya peringatan Konferensi Asia Afrika yang sudah berlangsung selama kurang lebih satu minggu dan bahkan masih berjalan sampai akhir bulan April 2015, para wirausaha muda Jabar yang sudah mengikuti seleksi program yang sudah digagas oleh Gubernur Ahmad Heryawan sejak tahun 2014. Program yang menjadi salah satu satu program unggulan untuk mencetak wirausaha muda sukses berbasis pengetahuan.


Memang acara peringatan Konferensi Asia Afrika kemaren juga menjadi ajang bagi wirausaha muda untuk mengembangkan bisnis mereka dan secara teknis, terlihat betapa banyaknya wirausaha yang terlibat dalam acara ini sebagai relawan ataupun menjadi bagian dari panitia yang sudah membuat acara tersebut berjalan dengan lancara. Banyak sekali wirausaha yang terlibat dan pelajaran dan pengalaman dari acara ini menjadi sebuah social capital yang tidak bisa diabaikan untuk membangun bisnis menjadi tumbuh dan berkembang.

Sekarang, saatnya wirausaha baru Jabar, khususnya yang sudah mengikuti seleksi pencetakan 100.000 wirausaha baru Jabar tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Dinas UMKM Jabar, untuk mulia mempersiapkan diri dalam program pelatihan yang akan mereka dapatkan selama beberapa hari di Balatkop Dinas UMKM Jabar. Pelatihan yang berupakan bagian dari benefit yang didapatkan oleh setiap wirausaha baru Jabar.

Agar kegiatan ini dapat memberikan value yang optimal bagi wirausaha baru Jabar sehigga mereka mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar dalam berbisnis. Pada akhirnya, dapat membuat bisnis mereka mendapatkan profit, memberikan manfaat bagi banyak orang (people), menjaga kelestarian lingkungan alam (planet)  dan berkelanjutan dalam 10 tahun kedepan (sustainability) serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Oleh karena itu, perlu memperhatikan beberapa hal sehingga nantinya 1500 WUB yang dicetak oleh Dinas UMKM dapat mencapai tujuannya. Pertama, perlu mempersiapkan diri setiap calon WUB tersebut tentang apa yang akan mereka lakukan selama pelatihan. Hal ini penting karena mereka akan menjadi actor utama dan bahkan factor penentu untuk keberhasilan pelaksanaan program WUB itu sendiri. Kesamaan persepsi akan memudahkan pencapaian tujuan pelaksanaan WUB.

Kedua, instruktur pelatihan yang memiliki knowledge, skill, attitude serta pengalaman bisnis yang relevan dengan wirausaha. Hal ini penting karena calon WUB itu sudah memiliki komitmen, rencana dan bahkan bisnis itu sendiri. Mereka membutuhkan instruktur yang bisa memberikan sharing pengethauan, pengalaman, sikap dan bahkan tips-tips bisnis yang bisa digunakan oleh wirausaha dalam menghadapi masalah bisnis mereka.

Ketiga, materi yang diberikan juga menjadi factor kunci sukses dalam pelatihan ini. Jangan sampai materi tidak relevan dengan yang dibutuhkan oleh peserta WUB. Oleh karena itu, perlu diberikan materi yang sesuai dengan tingkat bisnis yang sudah dijalankan. Pembagian atas tiga kelompok itu penting dimana ada yang baru berencana untuk menjalankan bisnis, sudah menjalankan bisnis antara 1 – 3 tahun dan sisanya, bisnis yang sudah berjalan antara 3 – 5 tahun. Keseuaian materi menajdi penting.

Keempat, metode pelatihan dan fasilitas yang diperlukan selama pelatihan juga menjadi factor kunci yang perlu disiapkan. Karena, material tidak akan dipahami dengan baik bila tidak didukung oleh metode dan fasilitas sehingga mereka akan lebih mudah mengerti. Berikan contoh, diskusi kelompok, simulasi, pemutaran film, studi kasus adalah beberapa metode yang penting untuk digunakan. Kemudian, laptop, infocus dan lain-lain menjadi penting sebagai fasilitas pendukung.


Yang terakhir adalah bagaimana disiapkan evaluasi atas pelatihan yang diberikan,sehingga diketahui perubahan atas pengetahuan, keterampilan serta sikap mereka dalam berbisnis. Inilah yang perlu diperhatikan oleh penyelenggara pelatihan bagi WUB dan juga peserta WUB dinas UMKM itu sendiri sehingga tujuan bisa tercapai secara efektif dan efisien. Selamat mengikuti pelatihan…. 

Tulisan ada di Koran Bisnis Bandung 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: PELATIHAN WUB 2015 DINAS UMKM DIMULAI
PELATIHAN WUB 2015 DINAS UMKM DIMULAI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirkt6nNufAYeS2tIDG90HPBo6pP6r-nPju9WjB4fgtNXjiXitAsLsTMwvW-Ws1MFbvrGoenWLO9boghtO7r9XZ8Zn-sGmOo1GjO3ZD5qibqeXXIgMOysiVcYsdvmvIe_2eutVPK-98zmw/s320/koran+bisnis+bandung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirkt6nNufAYeS2tIDG90HPBo6pP6r-nPju9WjB4fgtNXjiXitAsLsTMwvW-Ws1MFbvrGoenWLO9boghtO7r9XZ8Zn-sGmOo1GjO3ZD5qibqeXXIgMOysiVcYsdvmvIe_2eutVPK-98zmw/s72-c/koran+bisnis+bandung.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/05/pelatihan-wub-2015-dinas-umkm-dimulai.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/05/pelatihan-wub-2015-dinas-umkm-dimulai.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content