SUPERIOR VALUE

NIlai yang memang benar-benar harus dipegang oleh setiap wirausaha dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka menjadi seorang ahli ...

NIlai yang memang benar-benar harus dipegang oleh setiap wirausaha dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mereka menjadi seorang ahli strategi untuk bisnsi tersebut dan mampu mencapai keunggulan bersaing ditengah tingginya tingkat persaingan dengan pelaku usaha lainnya di dunia saat ini. Inilah tantangan bagi setiap wirausaha

Konsep dasar yang harus mereka miliki adalah bagimana bisnis tersebut memiliki superior value untuk setiap konsumen yang sudah disuguhi oleh berbagai nilai dari pesaing yang pastinya bisa lebih baik daripada wirausaha itu sendiri. Nilai yang merupakan tujuan setiap konsumen saat ini dan selalu mencari nilai yang lebih baik atau superior.


Dalam konteks bisnis, tingkat persaingan saat ini benar-benar memanjakan konsumen dengan nilai-nilai yang pastinya sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli. Persaingan akan memberikan value yang paling baik dan disinilah tantangan untuk setiap wirausaha mulai memikirkan bagaimana mereka mampu memberikan superior value kepada konsumen.

Superior value berhubungan dengan bagaimana wirausaha untuk mulai focus kepada penciptaan nilai kepada  konsumen. Inilah yang pertama yang perlu menjadi perhatian wirausaha. Nilai itu berhubungan dengan produk yang mereka beli dan pada hakekatnya, bukan lagi sebuah produk biasa.

Dalam nilai, terkandung benefit dengan cost dan disini, benefit harus menjadi manfaat yang optimal yang didapatkan dari wirausaha oleh konsumen. Benefit tersebut terdiri dari beberapa hal yang pastinya perlu disesuaikan dengan target market setiap wirausaha. Tidak bisa disama ratakan.

Ada produk itu sendiri yang pastinya dilihat dari standar kualitas yang dimiliki dan hal ini mengacu kepada kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Kualitas itu dilihat oleh konsumen dan basisnya juga dari konsumen. Inilah yang harus dipenuhi oleh wirausaha. Banyak produk yang gagal ketika mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen meskipun kelihatannya, produk tersebut memang bagus.

Setelah itu, dilihat dari layanan yang diberikan, keramah tamahan serta imaget atau citra yang melekat pada produk tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan oleh konsumen dan akan selalu dibandingkan dengan apa yang ditawarkan oleh pesaing. Tidak semuanya bisa bertahan lama karena pesaing akan memberikan yang terbaik berdasarkan konsep ATM, amati, tiru dan modifikasi.

Selain benefit, wirausaha juga harus memperhatikan cost atau pengorbanan yang harus dikeluarkan oleh konsumen untuk mendapatkan produk tersebut. Pengorbanan ini harus menjadi hal bersifat penting karena berhubungan dengan jumlah yang harus dikeluarkan tersebut diharapkan bisa lebih kecil dari pada benefit.

Ada empat cost yang harus diperhatikan yaitu monetary cost berupa uang yang mereka keluarkan untuk mendapatkan produk tersebut. Biaya dalam bentuk rupiah akan sangat terlihat oleh konsumen. Selain itu, ada biaya yang berhubungan dengan waktu,  energy dan juga psikis yang akan berdampak kepada total nilai yang didapatkan oleh konsumen.

Inilah value yang harus mendapatkan perhatian setiap wirausaha ketika menawarkan produk kepada konsumen. Hanya saja, nilai ini harus dibandingkan dengan pesaing juga. Pesaing akan selalu menawarkan yang terbaik dan oleh karena itu, superior value menjadi kunci sukses dalam mendapatkan dan mempertahankan pesaing.

Yang kedua yang perlu diperhatikan oleh wirausaha adalah bagiamana focus  pada superior value bagi setiap konsumen. Hal ini relevan dengan tingkat persaingan tadi. Sudah saatnya perhatian diberikan pada apa yang dibutuhkan oleh konsumen sembari memperhatikan apa yang ditawarkan oleh pesaing.


Ketika ini sudah dilakukan, tentu konsep competitive advantage dapat dicapai oleh setiap wirausaha dalam berbisnis dan kinerja usaha mereka akan lebih baik. Bagaimana dengan anda?

Tulisan ada di www.strabiz.com
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SUPERIOR VALUE
SUPERIOR VALUE
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif44rNYzcd96awwnl7UEFVAk7dMfoYt8cuKXRNW_V0fYqZT_uo4Aqo5YfRgmFGwJKkLHW2kIcK9DOlyXkXK86wValQV7XS4CmNA_dMWKowLkXq2yRZ2i2yVIQrrAhDisxYuCjo4XqcZUs/s1600/logo+smc.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEif44rNYzcd96awwnl7UEFVAk7dMfoYt8cuKXRNW_V0fYqZT_uo4Aqo5YfRgmFGwJKkLHW2kIcK9DOlyXkXK86wValQV7XS4CmNA_dMWKowLkXq2yRZ2i2yVIQrrAhDisxYuCjo4XqcZUs/s72-c/logo+smc.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/superior-value.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/superior-value.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content