SEJAUH MANA HUMAS MEMAHAMI KONSEP CSR?

Gambar: ariaayu.blogspot.com Salah satu departemen yang diharapkan bisa berperan secara efektif dan efisien dalam membuat nilai at...


Gambar: ariaayu.blogspot.com
Salah satu departemen yang diharapkan bisa berperan secara efektif dan efisien dalam membuat nilai atau value program CSR yang dijalankan oleh manajemen bagi perusahaan adalah bidang humas. Kenapa demikian? Kok humas harus berperan penting dalam program CSR tersebut? kan cukup dijalankan oleh departemen yang bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ats program tersebut.

Tidak demikian halnya kalau dilihat secara lebih mendalam program CSR yang seharusnya dijalankan oleh setiap entrepreneur. beberapa waktu yang lalu, bertemu dengan beberapa teman-teman entrepreneur yang memang menjalankan program CSR bagi masyarakat dan juga lingkungan alam dimana perusahaan para entrepreneur beroperasi. Program ini memang diarahkan untuk stakeholder perusahaan.

Akan tetapi, program-program tersebut masih terkesan sebagai program filantropi yang lebih menekankan kepada aspek “bagi-“bagi rejeki” dan bukannya sebagai bagian dari program stratejik perusahaan. Program CSR harusnya memberikan value bagi entrepreneur yang mengadakan program tersebut. Hal ini perlu menjadi pertimbangan dan bagian dari strategi perusahaan baik saat ini maupun jangka panjang.


Komunikasikan program CSR sebagai bagian dari program CSR itu sendiri adalah hal yang perlu dilakukan oleh setiap entrepreneur. akan tetapi, jelas itu bukanlah tugas utama seorang entrepreneur karena ada tanggungjawa lainnya yaitu bagiamana meningkatkan profit,people, planet, sustainability serta menumbuhkembangkan bisnis. Oleh karena itu, diperlukan keterlibatan divisi atau departemen Hubungan Masyarakat (Humas) untuk menjalankan program ini.

Divisi humas memang bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan program-program yang ada diperusahaan kepada stakeholder internal dan juga eksternal dari perusahaan itu sendiri. Termasuk juga program CSR ini karena penting untuk diketahui oleh karyawan perusahaan yang memang menjadi internal stakeholder perusahaan.

Divisi humas akan memanfaatkan program CSR sebagai salah satu message yang digunakan dalam komunikasi. Tentu setiap entrepreneur paham akan beberapa hal yang menjadi key success factor mereka dalam menjalankan komunikasi kepada stakeholder yang merupakan receiver dalam komunikasi tersebut.

Ada mean, message, media, man dan money yang harus diperhatikan oleh setiap divisi humas dalam perusahaan. Konsep message ini penting untuk dipahami karena akan berhubungan dengan apa yang disampaikan atau dikomunikasikan. News value menjadi pertimbangan dalam setiap program komunikasi yang harus diperhatikan oleh humas.

CSR memiliki news value yang tinggi kalau bisa dikemas dengan baik kepada stakeholder. berdasarkan pengamatan di beberapa perusahaan, seringkali humas kurang memanfaatkan program CSR sebagai message mereka. Padahal, stakeholder sangat concern dengan news tentang program CSR itu sendiri.

Oleh karena itu, memang diperlukan pengetahuan, keterampilan dan attitude yang tepat bagi setiap entrepreneur tentang program CSR yang dijalankan oleh setiap entrepreneur. Humas lebih bisa mengemas informasi tentang CSR dengan efektif dan efisien serta sampai kepada stakeholder dengan baik. bagi entrepreneur, perlu bertanya kepada tim humasnya, sejauh mana mereka mengetahui, memahami dan menghayati program CSR perusahaan itu sendiri?   
           
Tulisan ada di www.strategidanbisnis.com 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SEJAUH MANA HUMAS MEMAHAMI KONSEP CSR?
SEJAUH MANA HUMAS MEMAHAMI KONSEP CSR?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEje-cmN8E7d4B7UayYZwZGgBdILaR3atruPnoBLgauGU7fuBhYFXdY6Yw6f1v3XKcut_qtUCUl1Z0d54k-D7grbLnh20zU_Cqm6pD0S5T1XAfl_Voda59iYH91IXfHh3QyQ-iBwfYXxp_A/s1600/20+APRIL.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEje-cmN8E7d4B7UayYZwZGgBdILaR3atruPnoBLgauGU7fuBhYFXdY6Yw6f1v3XKcut_qtUCUl1Z0d54k-D7grbLnh20zU_Cqm6pD0S5T1XAfl_Voda59iYH91IXfHh3QyQ-iBwfYXxp_A/s72-c/20+APRIL.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/sejauh-mana-humas-memahami-konsep-csr.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/sejauh-mana-humas-memahami-konsep-csr.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content