MENJADI JUARA ITU BUTUH PROSES….NIKMATILAH

Ada satu yang berbeda ketika saya bertemu dengan beberapa teman-teman di Radio Pro 2 RRI Bandung kemaren dimana pertemuan ini merupakan...


Ada satu yang berbeda ketika saya bertemu dengan beberapa teman-teman di Radio Pro 2 RRI Bandung kemaren dimana pertemuan ini merupakan pertemuan yang terjadi setelah bulan Desember 2014 yang lalu. Pertemuan terakhir yang membahas tentang penyelesaian buku kewirausahaan yang akan digunakan dalam program pencetakan 100.000 wirausaha baru Jawa barat, khususnya untuk Dinas UMKM Jawa Barat.

Dalam pertemuan terakhir, disepakati bagaimana membuat buku yang sangat penting dan bermanfaat bagi pembaca yang pastinya diharapkan mampu memberikan value, baik knowledge, skill dan attitude yang benar kepada setiap wirausaha sehingga bisnis yang mereka jalankan dan kembangkan bisa mencapai tujuan yaitu profit, people, planet serta sustainability serta tumbuh dan berkembang.


Kemaren adalah waktu bertemu kembali dan membahas isi buku dalam program bedah buku yang diselenggarakan oleh Radio Pro 2 RRI Bandung. Pertemuan yang membahas bagaimana proses pembuatan buku dan bagaimana isi buku tersebut dengan detail. Hal ini bertujuan untuk memberikan value kepada pendengar radio ini tentang bagaimana sebaiknya berbisnis dengan arahan dan guidelines yang jelas.

Nikmat prosesnya….
Bicara tentang pembuatan buku tersebut, ada satu cerita yang tidak bisa dilupakan dan menjadi pelajaran yang sangat berharga. Apa itu? Proses pembuatan yang tidak mudah dan sangat berbeda dengan membuat buku sebelumnya. Perbedaannya adalah tidak mudah membuat sebuah buku secara bersama-sama dengan tim yang memiliki latar belakang pendidikan, pengalaman serta kerangka berfikir yang berbeda-beda.

Butuh proses untuk mensinergikan dan menyamakan antara konsep dasar dan apa yang diharapkan dari seluruh tahap pembuatan buku tersebut. Belum tentu orang-orang akan bisa bertahan dan menyelesaikan setiap saat sampai menghasilkan berbagai konsep dasar yang pastinya sangat menentukan kualitas buku yang ditulis tersebut. Sudah seharusnya bisa memenuhi setiap tahap dengan baik.

Oleh karena itu, diperlukan pemahaman yang baik tentang konsep buku yang dibuat. Hal ini adalah variable yang pertama yang perlu diperhatikan oleh wirausaha. Kalau kita bandingkan dengan aktivitas bisnis yang lain, jelas, mereka perlu memahami setiap bisnis dengan baik. Dalam hal ini berhubungan dengan “knowing your business” sehingga dapat melihat what, why, where, who, whom dan how….

Yang kedua adalah mengetahui proses yang terjadi dalam setiap bisnis. Begitu juga dengan buku yang ditulis ini. Proses yang pastinya tidaklah sederhana sehingga dibutuhkan pemahaman yang terbaik. Bahkan perlu curiga apabila terasa proses yang terjadi dalam sebuah aktivitas bisnis terjadi dalam model yang sangat sederhana. Hati-hati karena seringkali hal ini membuat salah paham.

Proses ini pasti melibatkan banyak pihak dan masing-masing pihak akan memberikan kontribusi yang tidak sedikit. Perlu dilihat bagaimana peran yang mereka miliki masing-masing dan perlu dipotimasi kontribusi mereka dan juga diminimalisir tingkat kesalahan yang terjadi dan dihasilkan oleh pihak-pihak terkait. Ini penting diperhatikan karena akan berdampak kepada tujuan akhir dari proses yang terjadi.

Yang terakhir adalah bagaimana setiap wirausaha perlu menikmati setiap proses dalam bisnis tersebut…. Enjoy the process…. Inilah yang seringkali disampaikan oleh banyak orang karena proses itu harus dinikmati dengan baik. Sangat dalam makna didalamnya sehingga perlu benar-benar dipahami dan dijalankan. Dampaknya, ketika terjadi masalah dalam proses, tidak akan menjadi masalah bagi mereka. Maka akan senang saja dan tidak akan mengeluh.. hasilnya?... luar biasa… inilah yang akan dirasakan oleh setiap orang yang komit untuk menjadi juara… SALAM JUARA….

TUlisan ada di www.juaranews.com


Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: MENJADI JUARA ITU BUTUH PROSES….NIKMATILAH
MENJADI JUARA ITU BUTUH PROSES….NIKMATILAH
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjH-pAXOijPjtKCwKWfaZA0AvDbj4zXGgOotAqcrHqwwWthyphenhyphenZZcxDZO19CWAD5n-pe2Rg7t2LxS-vUG7FIAxq5hYbQnp2hgxYUYot2GinwomYIHGCvjkD9RUFc3laL1Caxl-FArEIJR3qo/s1600/logo+juaranews.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjH-pAXOijPjtKCwKWfaZA0AvDbj4zXGgOotAqcrHqwwWthyphenhyphenZZcxDZO19CWAD5n-pe2Rg7t2LxS-vUG7FIAxq5hYbQnp2hgxYUYot2GinwomYIHGCvjkD9RUFc3laL1Caxl-FArEIJR3qo/s72-c/logo+juaranews.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/menjadi-juara-itu-butuh-prosesnikmatilah.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/menjadi-juara-itu-butuh-prosesnikmatilah.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content