FOKUS MEMBUAT SOP

Sumber gambar: www.wikihow.com Salah satu pelajaran yang paling berharga dari kelas GIMB Entrepreneur School kemaren adalah bagaimana t...

Sumber gambar: www.wikihow.com
Salah satu pelajaran yang paling berharga dari kelas GIMB Entrepreneur School kemaren adalah bagaimana tugas utama seorang wirausaha dalam membangun bisnis mereka untuk mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage dalam menghadapi tantangan saat ini.

Pengetahuan, keterampilan serta sikap yang benar yang harus dimiliki adalah berhubungan dengan pembuatan Standard Operation Procedure (SOP) dalam setiap kegiatan yang ada di perusahaan. Bahkan ada binaan yang kaget setengah mati ketika mengetahui begitu pentingnya SOP dan begitu rigidnya SOP yang harus dibuat.

Bicara tentang SOP, memang ini menjadi tantangan yang harus dilewati oleh wirausaha dalam menghadapi persaingan yang demikian tinggi dan mereka harus memiliki sebuah tool untuk bisa memenangkan pesaingan tersebut melalui proses bisnis yang harusnya bisa berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai kinerja yang optimal.



Oleh karena itu, sudah saatnya wirausaha untuk mulai diajak untuk berfikir lebih luas dan terbuka untuk bisa membuat bisnis mereka lebih teratur dan siap-siap untuk naik kelas. Perhatian wirausaha harus mulai berubah dari sekedar berjualan, kepada tingkatan yang lebih tinggi dengan membuat sebuah system manajemen bagi perusahaan mereka.

Setiap wirausaha memerlukan konsep yang kuat dalam proses bisnisnya dan itu dimulai dari kesadaran wirausaha untuk membuat desain proses bisnis yang kuat. Semua berawal dari proses bisnis yang sejatinya menjadi dasar untuk membuat SOP tersebut. Kalau disederhanakan, tentu akan diketahui konsep proses bisnis yang lebih luas.

Minimal bisa dimulai dari Konsep SIPOC yang merupakan singkatan dari Supplier, Input, Process, Output dan consumer yang masing-masing memiliki aktivitas dan saling berhubungan. Ada keterhubungan antara satu aktivitas dengan aktivitas lainnya dan pastinya akan sangat berpengaruh pada hasil akhirnya.

Pemetaan proses bisnis inilah yang akan menjadi guidance awal untuk membuat SOP bagi setiap bisnis yang dijalankan wirausaha. Proses bisnis akan dapat memperlihatkan bagaimana rincinya sebuah aktivitas bisnis dan pemetaan ini akan membuat dasar aktivitas yang lebih real.
Konsep dasar SOP adalah tulis apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis oleh setiap wirausaha. Menulis apa yang dikerjakan itu membutuhkan pengetahuan yang mendalam dan bahkan sudah menjadi habit bagi setiap wirausaha. Ini adalah awal yang baik dan perlu dipahami dengan baik. Hanya membuat kebiasaan baru saja untuk menuliskannya.

Menuliskan ini seringkali menghadapi kendala dari setiap wirausaha dan biasanya, masalahnya berhubungan dengan habit atau kebiasaan dari setiap wirausaha. Memang tidak mudah untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa, khususnya kebiasaan menulis. Memang biasanya, banyak orang hanya menjalankan saja tanpa menulis.

Hal ini terlihat pada kendala yang dihadapi oleh binaan kemaren dan pastinya berdampak kepada kualitas SOP yang mereka tulis. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini menjadi sesuatu yang biasa dan harus dilakukan perubahan mindset serta kebiasaan dari mereka untuk membuat lebih baik.

Kritisnya adalah bagaimana wirausaha memulai mindset yang baru tentang SOP dan memetakan setiap proses bisnis yang ada didalam bisnis tersebut. Tidak bisa lagi hanya berdasarkan kepada predisi dan yang dirasakan dan yang dilakukan sehari-hari. Banyak hal yang perlu dipetakan dengan baik karena saling berhubungan.

Selanjutnya adalah bagaimana wirausaha perlu mendalami proses bisnis itu dengan baik agar bisa memberikan optimasi dalam bisnis itu sendiri. Konsep TP = TR – TC akan selalu menjadi dasar untuk bisnis setiap wirausaha dan dihubungkan dengan SOP itu sendiri. Perlu mendalami dengan baik setiap proses yang ada dalam bisnis.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaiman wirausaha mulai menjalankan dengan baik dan konsisten SOP yang mereka buat. Ini bicara komitmen lagi sehingga bisa dilihat bagaimana wirausaha untuk mulai focus pada aspek implementasinya. Komitmen menjadi penting untuk mencapai hasil yang optimal.

Yang terakhir adalah perlunya melakukan continues improvement untuk setiap aktivitas bisnis yang sudah ditulis dalam SOP. Perbaikan terus menerus yang harus dilakukan untuk mendapatkan kualitas bisnis  yang lebih baik. So.. mulailah memperhatikan SOP bagi setiap wirausaha.



Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: FOKUS MEMBUAT SOP
FOKUS MEMBUAT SOP
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDBuwnA89arMG1LSgznCj-0UlJHaz9ppAA4GriZsmkG7TKiE5T621kUbiHhges68Rf7cQTRUeUVwAWGhgeovcBWCjxiWKgmbqaIt6CfmaXi3OXigVRs3YW-pqaTvAu4FW1OSrpmMysc7A/s1600/SOP.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDBuwnA89arMG1LSgznCj-0UlJHaz9ppAA4GriZsmkG7TKiE5T621kUbiHhges68Rf7cQTRUeUVwAWGhgeovcBWCjxiWKgmbqaIt6CfmaXi3OXigVRs3YW-pqaTvAu4FW1OSrpmMysc7A/s72-c/SOP.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/fokus-membuat-sop.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/fokus-membuat-sop.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content