BERANGKAT DARI VISI YANG KUAT

Kang Sofyan sebagai salah seorang owner Klinik Istana Sehat synergy yang menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Nubiz, yang muda...

Kang Sofyan sebagai salah seorang owner Klinik Istana Sehat synergy yang menjadi salah seorang narasumber dalam kegiatan Nubiz, yang muda yang berbisnis pada hari Kamis ini,  memberikan sebuah inspirasi dan pelajaran yang luar biasa dalam rangka sharing kepada wirausaha muda yang sudah menjadi loyal dengan acara ini.

Aktivitas yang dilakukan oleh Kang Sofyan dan teman-teman di klinik tersebut sangat berhubungan dengan dunia kesehatan yang pastinya sangat mahal saat ini. Banyak hal yang ditemui tentang kesehatan dan ketika berkunjung ke rumah sakit, tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan agar mendapatkan layanan yang baik.

Fenomena inilah yang menjadi dasar bagi sofyan untuk mulai kegiatan klinik. “hal ini harus dirubah” katanya. Perubahan yang dimaksud adalah harus ada gerakan untuk memberikan layanan yang tepat dan bisa membantu seluruh lapisan masyarakat untuk bisa berobat dan pastinya bisa kembali sehat dalam kehidupan sehari-hari.


Diskusi dengan Sofyan benar-benar memberikan inspirasi yang luar biasa dan sebagai seorang wirausaha, inspirasi ini menjadi kekuatan yang luar biasa untuk bisa membuat bisnis yang semakin kuat. Kekuatan yang akan mampu menjadi perusahaan besar, memiliki daya saing dan juga tumbuh serta berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

Pada akhirnya, ada satu konsep dasar yang bisa disimpulkan dari kondisi ini  yaitu bagaimana wirausaha itu perlu memiliki visi yang kuat terhadap bisnis mereka. Visi  yang merupakan impian dari setiap wirausaah untuk bisa membawa bisnis mereka untuk 10 tahun yang akan datang. Mau dibawa kemana bisnis tersebut nanti?

Semuanya menjadi dasar yang kuat untuk bisa berkembang dan tidak ada tawar menawar lagi untuk wirausaha agar bisa sukses. Visi inilah yang harus mendapatkan perhatian wirausaha saat ini ditengah banyaknya wirausaha yang tidak mampu membuat bisnis mereka bisa bertahan dalam jangka panjang.

Untuk itu, sudah saatnya wirausaha mulai membuat visi yang tepat dan bila sudah punya, mulai menganalisis visi tersebut kembali dan memperbaiki agar sesuai dengan yang seharusnya. Ini tugas yang tidak ringan, tetapi harus dilakukan oleh wirausaha agar bisa memberikan value yang lebih optimal bagi bisnis mereka.

Visi ini perlu memperhatikan beberapa hal yang penting, pertama, harus jangka panjang. Visi itu mencerminkan impian untuk 10 tahun yang akan datang sebagai sesuatu yang akan dicapai dengan baik. Dengan waktu panjang, wirausaha memiliki guidance  yang jelas dan tegas untuk dicapai dengan baik. Bila ada masalah, maka, akan kembali ke visi tersebut.

Selanjutnya adalah bagaiman wirausaha mulai berfikir untuk focus kepada kompetensi inti. Visi itu focus kepada kompetensi inti yang dimiliki oleh wirausaha agar bisa benar-benar memperkuat setiap bisnis mereka. Tidak perlu ragu lagi dengan bisnis tersebut dan bahkan akan menjadi dasar untuk bersaing dengan pebisnis lainnya.

Ketiga, perlu memimpikan untuk menjadi yang terbaik, terbesar, momor satu, terpercaya dan lain-lain yang mirip dengan ini. Kenapa demikian? Karena inilah posisi yang akan dicapai oleh wirausaha dalam lingkungan bisnis tersebut. Posisi yang akan menentukan bagaimana mereka harus mencapainya dan dimana harus dicapai. Hal ini relevan dengan konsep strategic management dimana posisi akan menjadi dasar untuk strategi selanjutnya.

Yang keempat adalah perlunya  batasan geografi yang jelas bagi wirausaha untuk membuat bisnisnya dimana. Sebagai contoh, wirausaha untuk menjadi terbaik di Kota Bandung, Jawa barat, Indonesia, ASEAN dan lain-lain. Hal ini menjadi salah satu indicator yang jelas bagi wirausaha nantinya.

Yang terakhir, visi ini harus bisa menjadi dasar untuk program-program bisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Setiap program harus mendukung pencapaian visi dimana mereka akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hal yang sangat teknis.


Program-program juga akan menentukan anggaran serta SOP bagi bisnis .so… semakin jelas bahwa visi yang kuat menjadi dasar untuk bisnis wirausaha dan contohnya sudah diberikan oleh Kang Sofyan…

Tulisan ada di www.nubizontv.com
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: BERANGKAT DARI VISI YANG KUAT
BERANGKAT DARI VISI YANG KUAT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoNyK1kz6X6N54WUGRI8soQ9ryapLcxYF7D9VC1r3RYIbxNFEXg2Ee0r2inl4cK3t9JgVnWEg-rxi9hnxGISOs9YK-_qwhQ4B6JjMLu5lVEPw01JQ0tn6LqTn1UJh0emVGY7Eb-1CQhyphenhyphen8/s1600/nubiz.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoNyK1kz6X6N54WUGRI8soQ9ryapLcxYF7D9VC1r3RYIbxNFEXg2Ee0r2inl4cK3t9JgVnWEg-rxi9hnxGISOs9YK-_qwhQ4B6JjMLu5lVEPw01JQ0tn6LqTn1UJh0emVGY7Eb-1CQhyphenhyphen8/s72-c/nubiz.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/berangkat-dari-visi-yang-kuat.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/04/berangkat-dari-visi-yang-kuat.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content