MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN AKADEMISI

Tadi malam, saya berkesempatan bertemu dengan salah seorang wirausaha di salah satu Rumah Makan Sunda yang terkenal di Bandung. Memang ...

Tadi malam, saya berkesempatan bertemu dengan salah seorang wirausaha di salah satu Rumah Makan Sunda yang terkenal di Bandung. Memang saya agendakan pertemuan di Rumah Makan Sunda karena bisnis yang dijalankan oleh anak muda ini merupakan bisnis yang berhubungan dengan kuliner dan memiliki satu rumah makan, akan tetapi fokus ke rumah makan dengan konsep menu Cirebon. Luar biasa, karena meskipun baru, tetapi sudah berkembang.

Ditengah diskusi, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan menambah keyakinan saya bahwa seorang wirausaha itu harus memiliki mindset yang benar untuk berbisnis khususnya yang berhubungan dengan sikap mental untuk menjalankan bisnis dengan pengetahuan. Pengetahuan yang berhubungan dengan entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen yang digunakan dalam menumbuhkembangkan bisnis mereka.

Bekerjasama dengan akademisi

Dalam program Belbiz minggu lalu, memang sengaja saya membahas tentang konsep ABG atau academician yang dalam hal ini adalah para dosen atau pengajar bisnis yang harus di”manfaatkan” oleh setiap wirausaha ketika akan menumbuhkembangkan bisnis tersebut. Pemanfaatkan akademisi yang memiliki keunggulan dalam bentuk knowledge yang didasari oleh penelitian dan juga bahkan pengalaman pribadi mereka dalam berbisnis.



Akademisi ini memiliki konsep yang kuat dalam bisnis dan juga terbaru. Hal inilah yang dibutuhkan oleh wirausaha untuk membangun bisnis yang kuat seiring dengan tingkat persaingan bisnis yang semakin tinggi dan juga perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa ditahan dan bahkan mengalami turbulensi.

Namun demikian, perlu dipahami beberapa hal agar bisa mendapatkan benefit yang optimal dari seorang akademisi bagi setiap wirausaha. Pertama, carilah akademisi yang sesuai dengan konsep bisnis kita. Dalam hal ini, usahakan akademisi yang memiliki pengetahuan tentang entrepreneurship, bisnis dan lingkungan bisnis serta manajemen. barulah setelah itu mereka memiliki pengetahuan khusus tentang bidang bisnis seperti kuliner, fashion dan lain-lain.

Kedua, buatlah komitmen dengan mereka untuk menjadi anak mentor. Hal ini penting karena tanpa adanya komitmen, tentu pembelajaran yang sejatinya didapatkan dari mereka tidak akan optimal. Komitmen ini dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan untuk saling member bantuan dalam hal pembelajaran untuk menjadi wirausaha berbasis knowledge, atau pengetahuan.

Ketiga, perlu adanya keterbukaan kepada akademisi agar mereka bisa melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi oleh setiap wirausaha dengan baik. Analisis ini penting karena inila kekuatan seorang akademisi yang menggabungkan antara kerangka berfikir seorang dosen dengan apliasi dilapangan. Metode ilmiah menjadi penting dan alat yang paling utama bagi setiap akademisi dalam melakukan analisis terhadap fenomena yang dihadapi oleh wirausaha.

Keempat, bangun komunikasi yang intensif dengan akademisi dalam rangka membangun kesepahaman dengan mereka agar bisa memberikan value yang optimal bagi masing-masing pihak. 

Demikianlah beberapa halyang perlu diperhatikan ketika seorang wirausaha bermaksud untuk meningkatkan bisnisnya dengan memanfaatkan akademisi yang memiliki konsep dalam bisnis. Hal inilah yang dilakukan oleh wirausaha tadi malam dengan “memanfaatkan” saya dalam bisnisnya agar bisa tumbuh dan berkembang.

Tulisan ada di www.belbizonradio.com 



Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN AKADEMISI
MENGEMBANGKAN BISNIS DENGAN AKADEMISI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj05xMKbyVQDmChcSh9i9nBpRGeEOi_YTCSQdSAyHa6REEfCGY3E_gMGX2xAR2CuI6RSV0s01QssalxA42HBANGffaEi0yBWrKHejyJqh8tWsQ5h4k4fDv60MNn2YsAG6NFBcEdBtvECQY/s1600/logo+belbiz.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj05xMKbyVQDmChcSh9i9nBpRGeEOi_YTCSQdSAyHa6REEfCGY3E_gMGX2xAR2CuI6RSV0s01QssalxA42HBANGffaEi0yBWrKHejyJqh8tWsQ5h4k4fDv60MNn2YsAG6NFBcEdBtvECQY/s72-c/logo+belbiz.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/mengembangkan-bisnis-dengan-akademisi.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/mengembangkan-bisnis-dengan-akademisi.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content