JUARA ITU ADA DI MINDSET

“kalau kamu ingin menjadi juara dalam setiap bisnis, kamu harus memiliki mindset dulu sebagai orang yang juara” itulah konsep dasar yang ...

“kalau kamu ingin menjadi juara dalam setiap bisnis, kamu harus memiliki mindset dulu sebagai orang yang juara” itulah konsep dasar yang saya temukan dalam diri setiap wirausaha sukses dalam bisnis. Apapun bisnisnya, mereka memiliki mindset yang kuat sebagai seorang juara sejati. Hmmmmm…. Apa hubungannya dengan bahasan kita kali ini? Saya tertarik untuk menuliskan juara itu ada di mindset bagi entrepreneur muda yang sedang berjuang untuk mencapai keunggulan bersaing dalam bisnis.

Banyak sekali orang bertekat untuk menjadi pengusaha sukses kali ini seiring dengan semakin tingginya ajakan untuk menjadi entrepreneur sehingga semakin banyak orang berkeinginan untuk sukses dengan memilih sebagai entrepreneur daripada bekerja dengan orang lain. Sah-sah saja hal ini terjadi karena tidak bisa dipungkiri bahwa fakta ini menjadi sebuah hal yang nyata dan tidak hanya di Indonesia saja, tetapi di seluruh dunia bergerak untuk mendorong masyarakatnya untuk menjadi entrepreneur.


Juara itu ada di Mindset
Dalam konteks bisnis dan entrepeneurship, saya selalu menekankan untuk menjadi ahli strategi agar bisnsi yang dikembangkan itu bisa unggul dan melebihi bisnsi yang diciptakan oleh banyak orang. Secara sederhana, memang disebutkan sebagai bisnis yang juara, akan tetapi, bila dihubungkan dengan konsep bisnis dan manajemen strategi, bisnis itu harus mencapai competitive advantage atau keunggulan bersaing dibandingkan dengan bisnis orang lain.

Saya tidak dalam konteks mendorong entrepreneur untuk sekedar menjalankan bisnis apa adanya. Artinya, bisnis yang mereka  jalankan dan kembangkan sejatinya mampu untuk menjadi unggul dibandingkan pesaing. Kenapa demikian? Karena saat ini kondisi bisnis atau business landscape jelas sekali terlihat sangat tinggi tingkat persaingannya dan dalam hal ini, hanya entrepreneur yang sukses saja yang mampu bertahan dengan memanfaatkan competitive advantage yang dihasilkan dari strategi bisnis yang dipilih oleh setiap entrepreneur.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu menyadari bahwa mindset atau sikap mental yang mereka miliki harus bisa berkontribusi kepada pencapaian keunggulan bersaing. Dalam hal ini, pertama, memahami bahwa bisnis itu berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, mengalami turbulensi dan tidak bisa dikontrol. Ini adalah tahap pertama dalam diri setiap enterpeneur ketika semakin tinggi bisnis berjalan, semakin tinggi pula tingkat persaingan yang akan dihadapi.

Kedua, selalu menganalisis lingkungan internal diri sendiri, lingkungan internal bisnis dan juga lingkungan eksternal setiap bisnis wirausaha. Kenapa saya menggunakan kata selalu? Perubahan selalu terjadi dalam ketiga lingkungan tersebut dan disinilah seorang entrepreneur harus bisa menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman terhadap bisnis mereka. tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini akan bedampak kepada keputusan strategis yang akan mereka buat.

Ketiga, seorang entrepreneur harus memiliki sikap mental berani mengambil strategi dengan berbagai resiko yang melekat pada setiap pilihan strategi tersebut. Banyak hal yang harus dianalisis terlebih dahulu. Hal ini penting karena menuntut entrepreneur untuk bisa fokus dalam pemilihan strategi yang tepat bagi entrepreneur.


Inilah beberapa hal yang utama untuk dimiliki sebagai mindset seorang entrepreneur dalam berbisnis untuk mencapai keunggulan bersaing atau juara dalam konteks bisnis masing-masing. 

Tulisan ada di www.juaranews.com
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: JUARA ITU ADA DI MINDSET
JUARA ITU ADA DI MINDSET
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjH-pAXOijPjtKCwKWfaZA0AvDbj4zXGgOotAqcrHqwwWthyphenhyphenZZcxDZO19CWAD5n-pe2Rg7t2LxS-vUG7FIAxq5hYbQnp2hgxYUYot2GinwomYIHGCvjkD9RUFc3laL1Caxl-FArEIJR3qo/s1600/logo+juaranews.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjH-pAXOijPjtKCwKWfaZA0AvDbj4zXGgOotAqcrHqwwWthyphenhyphenZZcxDZO19CWAD5n-pe2Rg7t2LxS-vUG7FIAxq5hYbQnp2hgxYUYot2GinwomYIHGCvjkD9RUFc3laL1Caxl-FArEIJR3qo/s72-c/logo+juaranews.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/juara-itu-ada-di-mindset_19.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/juara-itu-ada-di-mindset_19.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content