FOKUS PADA MODAL EKSTERNAL

Rasanya, tulisan ini menjadi tulisan yang kedua membahas tentang potensi bisnis yang harus dioptimasi oleh setiap wirausaha dalam mengh...


Rasanya, tulisan ini menjadi tulisan yang kedua membahas tentang potensi bisnis yang harus dioptimasi oleh setiap wirausaha dalam menghadapi tantangan yang luar biasa dari lingkungan bisnis yang di tahun 2015 ini semakin berubah, tidak pasti dan mengalami turbulensi. Tulisan minggu lalu membahas bagaimana tantangan di tahun 2015 berupa kenaikan Bahan Bakar Minyak, meskipun di awal tahun dinyatakan turun dan bahkan direncanakan bulan ini atau bulan depan turun lagi. 

Padahal, minyak itu akan mengikuti harga pasar…..Tantangan lainnya, kenaikan Gas Elpiji yang banyak sekali dimanfaatkan oleh pelaku usaha, kenaikan tarif dasar listrik yang pastinya akan berpengaruh kepada sebagian besar wirausaha di Jabar karena listri menjadi sumber energi utama, kenaikan bahan baku, kenaikan biaya transportasi, kenaikan biaya tol, inflasi yang semakin meningkat serta nilai dolar terhadap rupiah yang semakin meningkat dan bahkan tantangan pembukaan pasar yang luar biasa oleh pemerintah ke negeri ini dimana pelaku usaha dari berbagai negera akan semakin mudah masuk ke Indonesia.



FOkus pada modal sosial eksternal
Tantangan tersebut tidak boleh dianggap mudah dan harus benar-benar dipersiapkan diri menghadapinya dan bahkan harus diambil peluang agar bisa memberikan kontribusi optimal kepada bisnis masing-masing. Modal sosial eksternal ini seringkali kurang diperhatikan oleh banyak wirausaha untuk mengoptimasi bisnis yang pastinya diharapkan dapat meningkatkan pencapaian tujuan bisnis itu sendiri.

Modal sosial eksternal yang dimaksud adalah bagaimana wirausaha memanfaatkan networking atau jaringan bisnis yang ada disekitar diri mereka masing-masing. Dalam konteks ini, saya membaginya menjadi konsep ABG. Wirausaha perlu memanfaatkan modal sosial pertama yaitu akademisi. Wirausaha membutuhkan konsep-konsep bisnis yang terbaru agar bisa menjalankan bisnis dengan baik. Akademisi ini adalah kelompok di masyarakat yang mengabdikan diri mereka untuk pengembangan pengetahuan, dan bagi bisnis, mereka adalah guru dan dosen yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen.

Perlu dipahami juga bahwa disisi lain, akademisi juga membutuhkan wirausaha untuk pengembangan konsep bisnis dan manajemen yang mereka kembangkan di sekolah ataupun di kampus. Penelitian dan pengadian masyarakat menjadi salah satu alasan kenapa akademisi juga membutuhkan wirausaha untuk dikembangkan. Kalau secara mendalam, dapat dilihat bahwa terjadi mutual benefit antara wirausaha dan akademisi. Modal inilah yang harus dimanfaatkan secara stratejik oleh wirausaha. Perubahan lingkungan bisnis dapat diantisipasi dengan konsep dan model bisnis yang dimiliki para  akademisi.

Modal eksternal kedua adalah para pelaku bisnis. Mereka bisa saja entrepreneur yang juga sudah sukses dan juga perbankan yang juga memiliki kepentingan kepada wirausaha. Entrepreneur yang sudah berpengalaman membutuhkan wirausaha baru untuk dikembangkan, apalagi yang berhubungan dengan program CSR dan juga yang bersifat stratejik bagi perbankan dengan pemberian kredit kepada wirausaha. Adanya kepentingan bisnis dalam hubungan antara entrepreneur dan perbankan dengan pelaku bisnis.

Sebaliknya, wirausaha baru membutuhkan perbankan dan pelaku bisnis yang sukses untuk pendanaan usaha dan juga sharing pengetahuan dan pengalaman selain peluang bisnis yang bisa disinergikan diantara kedua belah pihak. Meskipun terjadi perubahan lingkungan bisnis, akan tetapi, wirausaha masih bisa mengantisipasinya dengan memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman serta pembinaan dari pelaku bisnis dan perbankan.

Yang ketiga adalah pemerintah yang memiliki kepentingan bagaimana wirausaha berkembang dalam bisnis mereka karena nantinya akan berkontribusi kepada pemerintah juga dalam bentuk pembukaan lapangan pekerjaan, peningkatkan pendapatan asli daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lain-lain. Hal ini perlu disadari oleh setiap wirausaha untuk bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menghadapi perubahan lingkungan bisnis.


Pemerintah adalah pihak yang berperan sebagai regulator dan dapat mempengaruhi secara signifikan kebijakan yang ada di negeri ini yang menyebabkan perubahan lingkungan bisnis di atas. Oleh karena itu, wirausaha perlu menyadari bahwa perubahan lingkungan bisnis tidak bisa dirubah dan dibutuhkan optimasi modal sosial eksternal…. 
Tulisan ada di Koran Bisnis Bandung, 15 Januari 2015
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,120,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,218,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1627,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,25,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,569,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: FOKUS PADA MODAL EKSTERNAL
FOKUS PADA MODAL EKSTERNAL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyqJ5XVCyOlnKYTE3NS_bdvUbsv5rEEBtDG4PKNH8NHGKVDXHViUzVkurkTK-2fHf26ACSm_xxPITkR4_nMYqDQqLYnE5cmQSO3-VDV2QoqIrlpp3Aj2fa66amKfmBj4m_AbPcj1sAyWs/s1600/koran+bisnis+bandung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyqJ5XVCyOlnKYTE3NS_bdvUbsv5rEEBtDG4PKNH8NHGKVDXHViUzVkurkTK-2fHf26ACSm_xxPITkR4_nMYqDQqLYnE5cmQSO3-VDV2QoqIrlpp3Aj2fa66amKfmBj4m_AbPcj1sAyWs/s72-c/koran+bisnis+bandung.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/fokus-pada-modal-eksternal.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/fokus-pada-modal-eksternal.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content