ENTREPRENEUR HARUS JADI AHLI STRATEGI

Perubahan lingkungan bisnis yang terjadi saat ini begitu cepat dan apalagi kalau fokus pada perubahan lingkungan politik yang terjadi di ...

Perubahan lingkungan bisnis yang terjadi saat ini begitu cepat dan apalagi kalau fokus pada perubahan lingkungan politik yang terjadi di negeri ini. Politik sebagai salah satu lingkungan yang sangat volatile atau rentan saat ini ditengah perbedaan kepentingan dari berbagai stakeholder sehingga membuat “kisruh” politik yang pastinya berdampak kepada bisnis setiap entrepreneur dalam menghadapi tantangan kedepan.

PErbedaan kepentingan antara legislative, eksekutif dan juga yudikatif membuat permasalahan mendasar ketika setiap entrepreneur mengharapkan situasi lingkungan bisnis yang kondusif sehingga dapat menjalankan bisnis dengan baik serta tujuan bisnis yang sudah ditetapkan bisa tercapai secara efektif dan efisien. Hal inilah yang diharapkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena semakin tidak pasti atau uncertainty, maka semakin membuat ancaman bagi mereka.



Knowledge based young entrepreneur

Pada awalnya, saya hanya melihat bagaimana seorang entrepreneur menjadi seorang pebisnis yang memiliki pengetahuan yang cukup untuk bisa berbisnis. Kenapa demikian? Sebagai seorang akademisi, tentu pengetahuan yang didapatkan dari berbagai buku dan jurnal serta majalah ataupun sumber lainnya menunjukkan bagaimana setiap entrepreneur perlu memiliki pengetahuan tersebut agar bisa sukses dalam bisnis.
Akan tetapi, seiring dengan perjalanan bisnis yang saya jalankan dan juga memberikan pembinaan kepada para entrepreneur di GIMB Foundation dan juga komunitas lainnya yaitu Wirausaha baru Jawa Barat yang digagas oleh GUbernur Ahmad Heryawan, semakin terasa dan diyakinkan bahwa bisnis itu bukanlah hanya dimulai dengan sikap yang nekat, akan tetapi, memang dibutuhkan pengetahuan untuk mengembangkan bisnis.

AKan tetapi, lebih tajam dari itu, ada temuan bahwa konsep bisnis yang berada dalam lingkungan bisnis yang berubah tadi menjadi aspek kunci yang harus dipahami oleh setiap entrepreneur. tidak bisa dilepaskan dari keberlangsungan dan kemajuan bisnis setiap entrepreneur. bisnis itu tidak bisa berdiri sendiri dan pastinya lingkungan menjadi faktor penentu kedepannya. Berhasil atau gagalnya seorang entrepreneur mencapai tujuannya sangat ditentukan oleh bagaimana mereka memahami dan mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis.

Disinilah pengetahuan yang berhubungan dengan manajemen strategi yang harus dimiliki dan dijalankan oleh setiap enterpeneur untuk mencapai kesuksesan bisnis. Manajemen strategi yang memang mungkin bagi sebagian entrepreneur adalah ilmu yang belum terlalu banyak dipahami dan digunakan dalam menjalankan bisnis. Temuan di lapangan menunjukkan bagaimana konsentrasi entrepreneur masih fokus kepada manajemen secara fungsi yaitu keuangan, pemasaran, operasi atau business process dan juga sumber daya manusia.

Bagi saya, inilah knowledge yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur selain pengetahuan lainnya tadi ketika lingkungan bisnis tidak bisa diprediksi apa perubahannya. Kunci keberhasilan itu sangat ditentukan bagaimana setiap entrepreneur mampu menganalisis perubahan lingkungan internal dan lingkungan eksternalnya sehingga dapat menentukan posisi perusahaan dipasar. Tidak hanya itu, pilihan strategi juga bisa ditetapkan oleh setiap entrepreneur dalam posisi tersebut. Inilah salah satu inti dari pengetahuan yang berhubungan dengan manajemen stratejik.

Pilihan strategi ini menentukan bagaimana capaian bisnis setiap entrepreneur karena hal ini juga berhubungan dengan keunggulan bersaing atau competitive advantage yang pastinya harus dicapai oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. keunggulan bersaing ini adalah posisi dimana perusahaan lebih unggul dari pesaing sehingga tetap bisa mencapai tujuan bisnis.


Bagi saya, inilah yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur bagaimana mereka memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan manajemen stratejik. A knowledge based young entrepreneur dalam konteks perubahan lingkungan politik yang begitu cepat ini adalah bagaimana entrepreneur memiliki pengetahuan tentang manajemen stratejik dan menggunakannya dalam bisnis mereka. 

Tulisan ada di Koran Bisnis Bandung 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: ENTREPRENEUR HARUS JADI AHLI STRATEGI
ENTREPRENEUR HARUS JADI AHLI STRATEGI
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyqJ5XVCyOlnKYTE3NS_bdvUbsv5rEEBtDG4PKNH8NHGKVDXHViUzVkurkTK-2fHf26ACSm_xxPITkR4_nMYqDQqLYnE5cmQSO3-VDV2QoqIrlpp3Aj2fa66amKfmBj4m_AbPcj1sAyWs/s1600/koran+bisnis+bandung.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyqJ5XVCyOlnKYTE3NS_bdvUbsv5rEEBtDG4PKNH8NHGKVDXHViUzVkurkTK-2fHf26ACSm_xxPITkR4_nMYqDQqLYnE5cmQSO3-VDV2QoqIrlpp3Aj2fa66amKfmBj4m_AbPcj1sAyWs/s72-c/koran+bisnis+bandung.jpg
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/entrepreneur-harus-jadi-ahli-strategi.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2015/01/entrepreneur-harus-jadi-ahli-strategi.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content