TINGGINYA PERSAINGAN SAAT INI

Salah satu aspek yang harus menjadi perhatian entrepreneur adalah bagaimana tingkat persaingan yang ada dalam industry dimana bisnis mereka...

Salah satu aspek yang harus menjadi perhatian entrepreneur adalah bagaimana tingkat persaingan yang ada dalam industry dimana bisnis mereka berada. Ini menjadi penting untuk bisa menentukan posisi bisnis para entrepreneur terhadap pasar tersebut. Ketika sudah diketahui, maka akan lebih memudahkan mereka untuk menentukan strategi yang akan dipilih.

Inilah yang menjadi salah satu hasil diskusi saya dengan beberapa teman entrepreneur kemaren. Bagaimana mereka memahami posisi bisnsi di pasar. Ketika hal ini sudah diketahui, banyak hal yang bisa dilakukan, khususnya strategi yang tepat yang akan menentukan bagaimana perusahaan bisa mencapai competitive advantage.

Keunggulan bersaing adalah kunci untuk mencapai kinerja bisnis yang jauh lebih baik agar bisa memberikan value bagi perusahaan. Bentuknya jelas bagaimana entrepreneur bisa mencapai tujuan perusahaan. Tidak bisa dielakkan ketika entrepreneur selalu berupaya untuk mencapai tujuan perusahaan bersama-sama.

Tingkat persaingan itu ditentukan oleh pasar tersebut. Pertama, tentu perlu dipahami pasar monopoli. Dalam hal ini, entrepreneur berada dalam satu pasar dimana hanya ada satu pemain dalam pasar tersebut. Dampaknya, tentu mereka bisa menentukan harga dan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Konsumen tidak memiliki pilihan kepada produk dan perusahaan yang ada. Oleh karena itu, entrepreneur memiliki kendali yang besar terhadap produk dan bisnis mereka dimata konsumen.

Pasar kedua adalah oligopoly dimana terdapat beberapa perusahaan. Jumlahnya relative 10 perusahaan. Dampaknya kepada konsumen adalah mereka memiliki beberapa alterhatif produk dan perusahaan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Pasar ketiga adalah monopolistic dimana banyak perusahaan dan lebih dari 10 perusahaan. Tingkat persaingan sudah semakin tinggi karena semakin banyaknya perusahaan yang ada dalam pasar tersebut. Pilihan semakin banyak dan membuat konsumen punya pilihan yang semakin membuat mereka bisa menentukan perusahaan mana yang memberikan produk yang paling unggul.

Apalagi mereka bisa mencapai superior value dari perusahaan-perusahaan yang ada. Inilah yang menjadi tantangan setiap entrepreneur dalam pasar monopolistic. Value dari masing-masing perusahaan harus benar-benar sesuai dengan need, want dan demand setiap konsumen.

Konsep pemasaranyang selama ini berkembang di setiap bisnis harus bisa menjawab tingkat persaingan. Pasar yang terakhir adalah pasar bebas dimana sudah banyak sekalipesaing dan tidak ada campur tangan pemerintah.


Ini adalah pasar yang paling berat bagi entrepreneur untuk bisa untung dan mencapai tujuan bisnis. Tingkat persaingan tercermin dari setiap perusahaan yang terus menghadapi persaingan yang luar biasa……
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,128,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1631,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,576,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: TINGGINYA PERSAINGAN SAAT INI
TINGGINYA PERSAINGAN SAAT INI
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2014/10/tingginya-persaingan-saat-ini.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2014/10/tingginya-persaingan-saat-ini.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content