SOLAR ENERGY FOR UMKM

Salah satu kelompok bisnis yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah saat ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkontr...

Salah satu kelompok bisnis yang perlu mendapatkan perhatian pemerintah saat ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkontribusi kepada pembangungan ekonomi bangsa. Tidak bisa dipungkiri bahwa perekonomian nasional saat ini sudah ditopang oleh pelaku UMKM yang sudah terbukti bisa melewati krisis ekonomi sejak tahun 1997 dan bahkan tahun 2008.


Perkembangan UMKM berlangsung seiring dengan meningkatkan animo anak muda menjadi entrepreneur yang sudah diberikan oleh kampus. Sebagai seorang dosen, saya juga mengajarkan entrepreneurship di kampus dan juga di yayasan yang saya kelola saat ini yaitu GIMB Foundation. Ada 137 siswa dan alumni yang sekarang sudah memilih untuk menjadi entrepreneur berbasis pengetahuan.   

Selain itu, perusahaan besar juga mulai aktif mendukung pengembangan entrepreneurship dengan program Corporate Social Responsibility (CSR). Bahkan BUMN termasuk PT PLN tentu juga memiliki program Kemitraan dan BIna Lingkungan (PKBL) yang berorientasi pada pengembangan entrepeneurship melalui pembinaan dan kemitraan dengan pelaku UMKM di sekitar perusahaan termasuk di Provinsi Jawa Barat.

Adapun di Jawa barat, perkembangan entrepeneurship di seluruh kota kabupaten begitu cepat. Perjalanan ke berbagai 27 kota/kabupaten di provinsi ini menunjukkan bagaimana anak muda semakin berminat untuk menjadi entrepreneur. Menurut Kepala Dinas KUMKM Jawa barat, sudah ada 9,1 Juta pelaku UMKM di Jawa Barat (Sumber: wawancara dengan Bapak Gustoni, Kepala Dinas KUMKM Jabar).

Apalagi pemerintah Jawa Barat melalui Gubernur Ahmad Heryawan berkomitmen untuk mencetak 100.000 wirausaha baru Jawa Barat sampai dengan tahun 2018. Tentu hal ini menjadi tantangan yang luar biasa untuk menyukseskan program ini karena berhubungan dengan energy listrik yang dibutuhkan oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Rata-rata bisnis yang berkembang adalah kuliner, fashion, industri kreatif dan lain-lain.

Hal ini menggambarkan bagaimana nantinya kebutuhan listrik semakin meningkat kepada PLN sebagai BUMN yang bertanggungjawab untuk menyediakan energi listrik.

Namun demikian, tidak bisa dipungkiri bahwa kebijakan pemerintah cenderung terus untuk menaikkan harga listrik yang disebabkan oleh semakin tingginya biaya produksi energy listrik itu sendiri seingga dibutuhkan energi alternatif yang sudah sewajarnya disediakan oleh PLN

Ide dasar yang ingin saya sampaikan untuk pemenuhan kebutuhan listrik bagi entrepreneur melalui blogdetik ini adalah bagaimana PLN membuat program Solar Energy for UMKM. Kekayaan negeri ini yang dilimpahi oleh sinar matahari yang terus bersinar harus dimanfaatkan untuk menghasilkan energy untuk memenuhi kebutuhan entrepreneur.

Mereka bisa difasilitasi dengan perlengkapan yang mendukung untuk solar energy yang bisa dijual dan dikelola oleh PLN. Pemasangannya bisa dilakukan di setiap rumah dan tempat usaha entrepreneur, PLN bisa bekerjasama dengan BUMN lain seperti PT LEN yang juga memproduksi peralatan solar energy. Dalam konteks ini, PLN berperan sebagai pihak yang menjual perlengkapan solar energy dan juga mengelola solar energy kepada entrepreneur.

Entrepreneur membutuhkan layanan dari PLN untuk menggunakan peralatan untuk solar energy sehingga memberikan energy bagi kebutuhan operasional perusahaan setiap entrepreneur. Apalagi di Jawa Barat yang sangat membutuhkan energi bagi bisnis mereka. Kendala selama ini adalah mereka belum terbiasa dengan solar energy dalam menjalankan bisnis.  

Energy terbarukan ini bisa memberikan manfaat bagi entrepreneur khususnya yang ada di Jawa Barat. Sebagai founder di GIMB Foundation, yang membina entrepreneur di Kota Bandung dan Jawa Barat serta pengurus HIPMI BPD Jawa barat, saya melihat potensi solar energy for UMKM ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan kepada pasokan listrik PLN selama ini.

Selain itu, PLN juga sudah mulai berkontribusi kepada pengembangan entrepreneurship di Jawa Barat pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam rangka peningkatkan ekonomi para pelaku entrepreneur, ekonomi daerah dan juga ekonomi nasional dalam rangka mempersiapkan entrepreneur menghadapi pemberlakuan pasar Bebas ASEAN 2015.

Yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana PLN mulai melakukan perubahan habit atau kebiasaan entrepreneur untuk memanfaatkan energy terbarukan bagi bisnis mereka. Optimasi energy terbarukan melalui solar energy perlu dilakukan dan dimulai oleh para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka.

Manfaat yang dirasakan oleh entrepreneur juga semakin terasa karena mereka bisa mendapatkan energi listrik yang lebih mudah dan diharapkan lebih murah bila di berikan oleh PLN. Tingginya harga listrik itu bisa diredam oleh entrepreneur dengan memanfaatkan solar energy yang diberikan oleh PLN. pada akhirnya, entrepreneur bisa mencapai competitve advantage dalam bisnis mereka agar bisa mencapai tujuan bisnis profit, people, planet, sustainability untuk minimal 10 tahun yang akan datang serta bisnis yang tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar. Jadi, mereka tidak akan selamanya menjadi UMKM bersama PLN

Oleh Meriza Hendri
  
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,114,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,218,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,104,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1625,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,25,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,557,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: SOLAR ENERGY FOR UMKM
SOLAR ENERGY FOR UMKM
http://akudanpln.blogdetik.com/files/2014/09/0a546d82bbf148c4189bf107a9ac1be0_lomba-blog-300_250.gif
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2014/10/solar-energy-for-umkm.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2014/10/solar-energy-for-umkm.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content