FOKUS MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING

Inilah yang terjadi beberapa hari ini ketika banyak entrepreneur sedang mempersiapkan diri untuk berbisnis setelah menjalani Libur Lebaran,...

Inilah yang terjadi beberapa hari ini ketika banyak entrepreneur sedang mempersiapkan diri untuk berbisnis setelah menjalani Libur Lebaran, saya tidak bisa lepas dari kerangka berfikir bagaimana setiap entrepreneur itu bisa mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage.

Konsep ini mungkin bagi sebagian orang sangat sederhana dan tidak perlu diperhatikan dalam kerangka aktivitas menjalankan bisnis yang memang sudah sejatinya dijalankan secara rutin. Akan tetapi, bagi saya, seorang entrepreneur harus bisa mencapai competitive advantage ini dalam menjalankan bisnis.

Selalu saya sampaikan bahwa tidak ada alasan untuk entrepreneur untuk tidak peduli dengan lingkungan bisnis saat ini karena bisnis itu sangat kental hubungannya dengan lingkungan bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Hal ini tidak bisa dihindari oleh para entrepeneur dalam berbisnis saat ini dan yang akan datang.

Konteks ini penting disadari dan harus diantisipasi untuk mencapai bisnis yang kinerjanya sesuai dengan yang diharapkan. Tentu, kinerja nya berhubungan dengan profit yang dicapai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan, kemudian revenue yang terus meningkat seiring dengan penurunan biaya , manfaat yang semakin banyak dirasakan oleh masyarakat dan juga menjaga kelestarian lingkungan alam.

Tentu kinerja ini tidak gampang untuk diraih. Inilah peran competitive advantage yang bisa dicapai oleh entrepreneur menjadi kunci keberhasilannya. Bagaimana konsep ini bisa menjadi lekat dalam bisnis para entrepeneur?

Dalam  berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli manajemen stratejik, diketahui bahwa bisnis enterpeneur itu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal mereka dan akan menentukan bagaimana keunggulan bersaing bisnis para entrepeneur. jadi, yang pertama yang harus diperhatikan oleh entrepreneur adalah bagaimana kedua faktor ini akan selalu melekat dalam bisnis mereka.

bahkan menurut pengamatan dan analisis saya, faktor ketiga juga tidak bisa dilepaskan dari entrepreneur mencapai keunggulan bersaing yaitu diri setiap entrepreneur itu sendiri. jelas, entrepreneur itu berperan sebagai owner dan bahkan sebagai manajer ketika mereka ikut terjun menjalankan bisnis.

Ketiga faktor ini harus diperhatikan dan dianalisis untuk mendapatkan bagaimana seharusnya entrepreneur bisa mencapai keunggulan bersaing. Saat ini, concern entrepreneur sebaiknya mulai fokus bagaimana mencapai keunggulan bersaing dimana bisnis mereka itu lebih baik atau lebih unggul dari pesaing yang notabene ingin mendapatkan kinerja bisnis yang sama dengan entrepreneur dan bahkan lebih.

Mindset untuk menjadi entreperneur yang bisa mencapai competitive advantage harus ditanamkan dalam benak setiap entrepreneur dalam berbisnis. Ketika sudah dipahami dan dijalankan dalam setiap aktivitas bisnis mereka, maka akan bisa mengelola ketiga faktor tadi yaitu faktor diri setiap entrepreneur, faktor internal bisnis mereka serta yang paling penting adalah faktor eksternal, baik makro maupun mikro.

Saya yakin bahwa ketika entrepreneur sudah bisa fokus dalam mencapai keunggulan bersaing, kinerja bisnsi merkea akan bisa lebih baik daripada pesaing, atau minimal bisa mencapai target yang sudah ditetapkan.

 
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,114,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,218,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,104,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1625,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,25,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,557,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: FOKUS MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING
FOKUS MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2014/08/fokus-mencapai-keunggulan-bersaing.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2014/08/fokus-mencapai-keunggulan-bersaing.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content