PROSES MANAJEMEN STRATEJIK

Setiap entrepreneur harus benar-benar menjadi ahli strategi dalam menjalankan bisnis agar bisa menjadikan bisnis mereka sampai pada posisi ...

Setiap entrepreneur harus benar-benar menjadi ahli strategi dalam menjalankan bisnis agar bisa menjadikan bisnis mereka sampai pada posisi mencapai keunggulan bersaing atau competitive advantage. Inilah yang harus dicapai dengan knowledge, skill dan attitude seorang entrepeneur sebagai seorang ahli strategi.

Sebagai seorang ahli strategi yang tentunya harus mendapatkan pendidikan dan pengalaman yang sangat mendalam, tentu harus memahami yang namanya proses manajemen stratejik. Ada proses yang harus dilewati dan dijalankan agar tidak saling bertabrakan dan malah menjadikan hasil akhirnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.



Proses manajemen stratejik ini menggunakan model proses manajemen juga yaitu planning, organizing, actuating dan controlling yang proses nya saling berhubungan satu dengan yang lain. Tentu hal ini menjadi kegiatan yang tidak boleh saling tidak berurutan dari awal sampai akhir.

Banyak model yang bisa digunakan dalam proses manajemen stratejik ini. Salah satunya adalah yang disampaikan oleh Hunger Wheelen. dimana ada empat tahap dalam proses manajemen stratejik tersebut. inilah yang dimaksud dengan proses yang saling berhubungan tadi sehingga semakin paham bagaimana entrepeneur itu harus fokus dan konsisten dengan proses ini.

Tahap pertama adalah environmental scanning yaitu bagaimana entrepreneur harus melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal preusahaan mereka. Langkah ini menjadi sangat penting ketika entrepreneur harus memposisikan perusahaan mereka di pasar atau industri. Pengetahuan ini penting ketika entrepreneur harus membandingkan antara internal dengan eksternal dimana mereka berada.

Ada kalanya posisi entrepreneur itu adalah strength dan opportunity, atau strength –average atau strength – threat. Selain itu, ada average – opportunty, average – average dan average – threat. Terakhir, weakness – opportunity, weakness – average dan weakness – threat. Posisi ini akan menentukan strategi yang harus diambil.
Dalam konteks manajemen, tahap ini termasuk ke dalam tahap planning sehingga 

Tool yang digunakan dalam melakukan environmental scanning ini adalah SWOT analysis, TOWS analysis yang bisa menggambarkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang dihadapi oleh setiap perusahaan. tentu masih ada alat lain juga yang bisa digunakan.

Setelah itu, barulah dilakukan tahap kedua yaitu melakukan strategic formulation. Seorang entrepreneur harus bisa merumuskan strategi perusahaan masing-masing. Konteks yang digunakan dalam strategic formulation ini adalah bagaimana membuat visi perusahaan, misi perusahaan, tujuan dan sasaran, corporate values, strategi dan juga policy.

Rumusan dari strategi akan menentukan strategi perusahaan jangkan pendek, menengah dan jangka panjang. jadi, dengan rumusan strategi inilah yang menjadi acuan setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. jangan sampai salah lagi dan tidak kemana-mana. Tahap ini disamakan dengan organizing dalam proses manajemen.

Tahap ketiga dalam proses manajemen stratejik adalah strategic implementation. Dalam tahap ini, entrepreneur diharapkan bisa menjalankan strategi yang sudah disusun dengan membuat program kerja dan diikuti oleh anggaran untuk menjalankan program tersebut. Jelas, program ini berhubungan dengan program keuangan, pemasaran, operasi. Inilah fungsi-fungsi manajemen yang sudah dibahas dalam materi sebelumnya.

Untuk membuat implementasi bisa berjalan dengan efektif dan efisien, entrepreneur harus bisa membuat SOP atau standard Operation Procedure yang akan dijadikan sebagai acuan dan pegangan dalam menjalankan setiap program tersebut. Hati-hati dala membuat SOP.

Tahap terakhir adalah berhubungan dengan strategic evaluation and control. Dalam hal ini, entrepreneur harus mengevaluasi capaian dari setiap program yang sudah dijalankan. Kondisi yang dihadapi adalah apakah capaian sama dengan yang direncanakan, lebih baik atau kurang. Ini perlu dianalisis dan dicari faktor penyebabnya untuk mendapatkan perbaikan nantinya.

Analisis ini akan menemukan faktor penyebab yang bisa terjadi di environmental scanning, strategic formulation, serta strategic implementation.


Inilah yang perlu mendapat perhatian dari setiap entrepreneur dalam upayanya menjadi seorang entrepreneur berbasis pengetahuan danmenjadi ahli strategi. Sukses buat kita semua...
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,125,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,220,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,511,Management Tools,3,Manajemen,1097,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1629,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,13,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,571,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
PROSES MANAJEMEN STRATEJIK
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2014/07/proses-manajemen-stratejik.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2014/07/proses-manajemen-stratejik.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content