MEMAHAMI KONSEP DENGAN BAIK.

Tadi pagi, dalam perjalanan dari kantor ke rumah, terdengar talkshow dari salah satu radio yang disiarkan dan ditangkap oleh radio di mobil...

Tadi pagi, dalam perjalanan dari kantor ke rumah, terdengar talkshow dari salah satu radio yang disiarkan dan ditangkap oleh radio di mobil. Tertarik juga talkshownya karena berhubungan dengan isu-isu pemasaran yang memang sangat relevan dengan para pebisnis.

talkshow nya sangat menarik. Akan tetapi, ada satu hal yang menggelitik dalam talkshow tersebut karena dengan latar belakang dan tugas sebagai akademisi, tentu setiap materi yang disampaikan menjadi hal yang sangat mendasar untuk dipahami.

Dalam talkshow tersebut, nara sumber menjelaskan materi yang dibahas. Akan tetapi, yang menjadi kritisi adalah kemampuan nara sumber menjelaskan setiap konsep yang disampaikan dengan baik. jelas sekali bagiamana beliau hanya memahami marketing dengan berdasarkan pada pengalaman. Bukan pada konsep yang seharusnya.

Bahkan beliau terkesan tidak percaya dengna konsep pemasaran yang ada. Konsep matkering mix saja tidak paham. Padahal mengakunya sebagai konsultan pemasaran. Yang diangkat beliau hanya belajar marketing dulu waktu kuliah yang memang tidak konsentrasi pada marketing.

kenapa bisa seperti ini? kok bisanya membahas pemasaran tetapi tidak memahami konsep dengan baik. padahal radio kan ranah publik yang didengar oleh banyak orang. Apalagi radionya itu besar dan terkenal.

inilah yang menggelitik pikiran ketika mendengarnya. Pelajaran beharga buat saya. Menjadi pembicara bukanlah mudah karena akan bertanggung jawab atas setiap materi yang kita sampaikan. Tidak bisa menjadi pembicara kalau tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, pahamilah konsep yang akan disampaikan dengan baik. semua itu ada ilmunya. Pengembanganpun harus jelas dan mengikuti kaidah metode ilmiah atau scentific research. Tidak boleh mengambil kesimpulan bila tidak memahami metode dengan baik. tentu kesimpulannya juga akan salah.

Bagaimana mempertanggung jawabkannya? Padahal banyak pendengar. Harus jelas konsepnya. Selanjutnya adalah pahami juga konteksnya. Konteks dalam bisnis harus jelas. Jangan hanya menggunakan pengalaman karena kan belum teruji secara umum. Ini akah menjadi masalah.

Selanjutnya adalah jangan terkesan memprovokasi dengan mempermudah pemahaman akan satu konsep dengan tidak perlu membaca atau memahami dalam konteks akademis. Ini akan menjadi masalah besar karena membuat orang menyderhanakan konsep yang harusnya dipahami secara umum.

Boleh saja memahami satu konsep berdasarkan pengalaman orang, akan tetapi jelas sekali akan bahaya. Seperti disampaikan tadi, itu kan belum teruji, ini akan menjadi masalah. Bahkan seharusnya, didorong untuk memahami konsep dengan baik dari ahlinya.

pelajaran tadi pagi menyadarkan bagaimana dampaknya terhadap kualitas materi yang disampaikan kepada pendengar yang bisa jadi mereka akan menggunakan secara utuh. Boleh saja menyederhakan konsep dengan bahasa sendiri, akan tetapi, jangan mengeluarkan konsep yang bahkan merendahkan konsep yang sudah dirumuskan oleh ahlinya. Sukses buat kita semua.
Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,120,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,218,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,107,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1627,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,25,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,569,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: MEMAHAMI KONSEP DENGAN BAIK.
MEMAHAMI KONSEP DENGAN BAIK.
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2013/11/memahami-konsep-dengan-baik.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2013/11/memahami-konsep-dengan-baik.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content