Membangun bisnis berdasar peluang

Dalam diskusi selama dengan salah seorang pengusaha, saya sangat terkesan dengan beliau. Meskipun masih sangat muda, akan tetapi, beliau me...

Dalam diskusi selama dengan salah seorang pengusaha, saya sangat terkesan dengan beliau. Meskipun masih sangat muda, akan tetapi, beliau menjalankan bisnis dengan konsep. Apa itu? kok sampai membuat saya terkesan sekali?

Konsep yang saya maksud dalam pembangungan bisnis mereka adalah bagaimana memulai bisnis dimulai dari peluang. Peluang akan adanya pembeli atas produk yang mereka hasilkan. Peluang dari pasar yang nantinya akan memberikan uang kepada pengusaha, berupa membeli produk tersebut. 

Mengingat kembali pada konsep entrepreneurship yang selalu saya pahami, yaitu kemampuan seseorang untuk melihat dan atau menciptakan peluang dan merubah peluang tersebut menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, adalah dasar buat seseorang menjadi entrepreneur sukses. Peluang adalah dasar mereka menjadi entrepreneur. Itulah yang dimaksud dengan motif menjadi seorang entepreneur. 

Kembali kepada cerita teman saya tersebut, beliau melihat peluang bisnis akan kebutuhan setiap orang Bandung akan air bersih dan jernih sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan mereka. sementara, air di sekitar Kota Bandung sudah tidak memenuhi syarat bersih lagi. waduh, kok bisa?

Inilah masalahnya, terjadinya gap antara yang menjadi harapan dari setiap masyarakat dengan apa yang ada di lapangan, Hal ini menjadi peluang bagi setiap entrepreneur. lalu, apa yang harus dilakukan?

Pertama, peluang yang ada di pasar tersebut harus benar-benar dipahami oleh setiap entrepreneur. Pemahaman ini penting bagi setiap entrepreneur sebagai dasar dalam menjalankan bisnis tersebut. Pemahaman akan peluang yang bisa setiap saat berubah. 

Kedua, Melihat need, want dan demand atas pasar yang ada. Need adalah kebutuhan dari setiap pasar yang  sangat mendasar. Akan tetapi, tidak cukup lagi memahami need saja, karena manusia memiliki keingingan yang tidak ada batasnya. Keinginan dari manusia akan membuat manusia terus berkembang. Akan tetapi, sebagai pebisnis, kita juga harus memahami demand, yaitu daya beli pasar kita. Tidak semua pembeli memiliki daya beli yang sama. 

Ketiga, melihat pesaing kita. Pesaing penting bagi setiap entrepreneur karena pesaing adalah bagian daripada pasar itu sendiri. pesaing adalah pihak yang menawarkan produk yang sama, kepada pasar yang sama. Mereka juga berperan membentuk need, want dan demand dari pasar itu sendiri. 

Keempat, Melihat supplier atau penyedia dari produk yang akan kita tawarkan kepada pasar. Supplier adalah pihak yang memberikan bahan baku kepada perusahaan kita. Semalam sempat terjadi diskusi dengan  teman pengusaha dimana beliau  membutuhkan bahan baku. 

Kelima, teman-teman entrepreneur menyediakan produk yang sesuai dengan need, want dan demand pasar. Produk ini adalah segala sesuatu yang bisa ditawarkan kepada konsumen dan bisa memenuhi harapan konsumen dan membuat mereka puas. Produk ini adalah yang akan membuat konsumen puas. 

Keenam, para entrepreneur harus terus mengembangkan produk untuk ditawarkan kepada konsumen. Pengembangan produk harus terus dilakukan agar terus bisa memenuhi kebutuhan pasar tersebut. disinilah bagaimana peluang tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis kita. 

Ketujuh, selaku pendidik dan pelaku usaha, saya menyarankan bagaimana teman-teman terus belajar, belajar dan belajar. Ada konsep knowledge based entrepreneur yang menjadi dasar mereka dalam melihat dan memanfaatkan peluang bisnis. Disinilah perlunya seorang entrepreneur harus belajar, belajar dan belajar. 

Oke,,,, jelas sekali bagaimana menjadi seorang entrepreneur harus benar-benar mendasarkan diri kepada peluang yang ada. Bisnis harus terus tumbuh dan berkembang. Peluang adalah dasarnya....selamat menjalankan aktivitas di sabtu ini. 

Nama

+,3,abcgm,1,Ahli strategi bisnis/strategic young entrepreneur/Entrepreneur harus jadi ahli strategi,688,Article Corporate Entrepreneurship,3,Artikel,23,Balanced scorecard,45,Bandung TV,11,BELBIZ ON RADIO K-LITE,99,Berita,44,BINESIA.COM,2,Bisnis,117,Blogdetik,1,BPOM,2,business today,3,Communication,5,CORPORATE CULTURE,2,Corporate Entrepreneurship,114,CSR,92,Decision making,6,Entrepreneur,7,Entrepreneurship,342,Foto,218,GES,16,GIMB Foundation Gallery,213,GIMBERS,22,ICRI,6,Information & Technology,3,ISLAM,15,JUARANEWS.COM,1,Knowledge Manage,1,Knowledge Management,57,Koperasi,1,Koperasi karyawan,7,KORAN BISNIS BANDUNG,21,KULINER,5,Leadership dan Followership,20,Liputan Media,512,Management Tools,3,Manajemen,1098,Manajemen keuangan dan Akuntansi,112,Manajemen Operasi,128,Manajemen Pemasaran,148,Manajemen Stratejik,189,Manajemen Sumber daya manusia,122,Materi Kuliah,104,Meriza Gallery,424,MIND MANAGEMENT,6,Motivation,1,MY PHOTO ALBUM,303,MY TRAINING GALLERY,44,On Air Radio Bobotoh 96,63,On portal,10,On Radio,191,On TV,124,On TV.,6,Pensiunpreneur,30,Pensiunpreneurship,1625,PEOPLE,2,Prisma prima,1,Program Pelatihan,25,SMC,83,STRABIZ,150,Strabiz TV,2,Team work,1,Tulisan di Majalah WK,7,Video,557,www.strategidanbisnis.com,225,
ltr
item
Dr. Meriza Hendri: Membangun bisnis berdasar peluang
Membangun bisnis berdasar peluang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggCxZWKp5RYjyL0Y3VlakFWo0L9MEge0mTRs-rdRKN7HjBseImXF-f3DL6suE-JTIKJX7_aR_CaVRgU3OXTnKguYWWaFcNhWwW4-cJuIYh-MB3qU90xRvkzufL9mnTOgyRNwVQtguCDbg/s1600/100_5439.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggCxZWKp5RYjyL0Y3VlakFWo0L9MEge0mTRs-rdRKN7HjBseImXF-f3DL6suE-JTIKJX7_aR_CaVRgU3OXTnKguYWWaFcNhWwW4-cJuIYh-MB3qU90xRvkzufL9mnTOgyRNwVQtguCDbg/s72-c/100_5439.JPG
Dr. Meriza Hendri
https://www.drmerizahendri.com/2013/04/membangun-bisnis-berdasar-peluang.html
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/
https://www.drmerizahendri.com/2013/04/membangun-bisnis-berdasar-peluang.html
true
2320783002042144598
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content